Cara Kirim Barang Antar Pulau Panduan Pemula

Gunakan Aplikasi Di Bawah Ini Untuk Cek resi JNE Secara cepat Dan Otomatis.Masukan No resi JNE Pada Kolom,Selanjutnya KLIK TRACK.

Cara Kirim Barang Antar Pulau Panduan Pemula – Bagi Anda yang baru memulai bisnis dan mungkin sedang mendapat orderan antara pulau, mungkin saat ini sedang kebingungan menentukan jalur pengiriman manakah yang lebih baik: melalui darat, laut atau melalui udara? Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Jika Anda akan mengirim barang namun masih dalam lingkup satu pulau, maka yang paling ekonomis adalah melalui jalur darat.

Advertisements

Tarif pengiriman barang melalui darat lebih murah daripada melalui laut atau udara. Walau begitu, untuk pengiriman barang antar pulau, yang paling umum adalah melalui jalur laut dan udara.

Jika Anda ingin mengirim barang dalam jumlah besar antar pulau, salah satu pilihan adalah menggunakan kapal laut.

Cara ini jauh lebih hemat daripada melalui pesawat terbang. Nilai penghematan yang bisa Anda dapat bisa mencapai 75%.

Itu bukan lumayan lagi, namun penghematan yang hebat. Jika Anda ingin melakukan pengiriman barang dalam jumlah besar melalui laut, berikut adalah cara-caranya:Baca dulu Tarif Cargo Udara Port to Port Bulan ini Terbaru

Cara Kirim Barang Antar Pulau Panduan Pemula

Cara Kirim Barang Antar Pulau Panduan Pemula

  • Pastikan bahwa barang yang akan Anda kirim bukan barang-barang yang dilarang seperti bahan kimia berbahaya, uang, surat atau dokumen; namun Anda memang akan mengirim barang komoditi.
  • Setelah Anda memilih perusahaan ekspedisi, tanyakan pada petugasnya apakah barang yang akan Anda kirim bisa dihitung per ton.
  • Selanjutnya, tanyakan pula pada petugas apakah biaya pengirimannya bisa dihitung per kubik, karena Anda akan mengirim barang dalam jumlah besar.
  • Jika petugas mengiyakan pertanyaan Anda, maka Anda bisa menggunakan jasa perusahaan ekspedisi itu. Kedua cara itu bisa menekan biaya kirim hingga 70%.

Cara-cara di atas adalah untuk paket pengiriman barang dalam jumlah besar. Lantas,mungkin Anda bertanya, bagaimanakah untuk menekan biaya pengiriman paket agar biayanya murah namun begitu tetap aman?

Jika barang yang Anda kirim adalah barang pecah belah dan telah dikemas dengan kardus, maka Anda boleh meminta agar dikemas dengan plastik, lantas dipak dengan packing kayu, sebelum dikirim dengan kargo.Simak dulu Tarif Pengiriman Barang Dari China ke Indonesia Berapa

Pengiriman Barang Antar Pulau Melalui Jalur Udara

Jika Anda ingin pengiriman barang secara cepat, maka pilihan menggunakan jasa pengiriman melalui udara bisa menjadi pilihan.

  • Setelah memastikan bahwa barang Anda bukan barang berbahaya, dokumen, surat, atau uang, maka selanjutnya Anda bisa memilih perusahaan jasa pengiriman kargo udara. Dalam hal ini harus Anda pahami bahwa perusahaan kargo umumnya tidak bertanggungjawab jika ada kerusakan atau hilang karena suatu hal yang tak terduga. Oleh karena itu, jika barang yang Anda bernilai tinggi, maka lebih baik jika barang itu diasuransikan terlebih dahulu (dengan beban biaya asuransi dibebankan pada diri Anda sebagai pengirim).
  • Selanjutnya adalah penimbangan barang, umumnya berdasarkan berat barang asli dan volume barang. Dasar biaya pengiriman barang adalah hasil perbandingan penghitungan keduanya, hasil yang lebih besar akan menjadi penentu biaya pengiriman barang.
  • Selanjutnya Anda adalah proses pengisian Surat Tanda Terima Pengiriman (STTP) atau Air Way Bill yang dilakukan petugas perusahaan pengiriman barang.
  • Setelahnya barang dan STTP akan dibawa ke bandara ke bagian pemeriksaan di pabean. Setelah lolos pengecekan barang akan dikirim.

Sebagai tambahan, ada batasan ukuran kargo yang akan dikirim melalui udara, ukuran rata-rata kemasan kargo biasanya memiliki dimensi  150 cm x 110 cm x 80 cm.

Demikian adalah cara-cara melakukan pengiriman barang antar pulau dengan berbagai mode pengiriman. Semoga bermanfaat.Jangan lupa simak dulu Jasa Pengiriman Barang Antar Propinsi Murah Cek Tarif Terbarunya

Advertisements
DISCLAIMER:Blog ini Milik Pribadi.Kami Tidak berafiliasi/kerjasama dengan Jasa pengiriman manapun,Situs resmi JNE Adalah www.jne.co.id.Tulisan Di Blog Ini Hanya Sekedar Informasi Dan Panduan Semata
Cara Kirim Barang Antar Pulau Panduan Pemula | admin | 4.5
error: Tulisan di lindungan DCMA !!