Gunakan aplikasi di bawah untuk cek resi secara cepat

Cara Mengirim Barang Lewat Kargo Pesawat Panduan Pemula 2018

Cara Mengirim Barang Lewat Kargo Pesawat Panduan Pemula – Perkembangan bisnis pengiriman udara via jalur udara atau lebih dikenal dengan sebutan bisnis kargo semakin mengalami perkembangan yang pesat.

Proses pengiriman yang cepat menjadi alasan utama para kosumen yang menggunakan jasa ini. Bagi para pelaku bisnis online,

Advertisements

Keberadaan perusahaan jasa kargo menjadi angin segar yang dapat dijadikan sarana pengiriman barang khususnya wilayah antar pulau akan semakin cepat. Namun, tidak semua orang mengetahui cara mengirim barang lewat kargo.

Cara Mengirim Barang Lewat Kargo Pesawat Panduan Pemula

Cara Mengirim Barang Lewat Kargo Pesawat Panduan Pemula

Berikut beberapa prosedur yang wajib anda ketahui dalam proses pengiriman barang via jasa kargo atau udara.

  1. Barang yang dikirim berupa barang komoditi, bukan berupa uang, dokumen atau surat – surat penting lainnya.
  2. Barang yang sama atau tidak sesua seperti yang tertera pada Airway Bill atau surat tanda terima pengiriman ( STTP ) menjadi tanggung jawab pengirim barang atau shipper bukan tanggung jawab Pihak perusahaan kargo.
  3. Perusahaan kargo tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan atau barang kiriman hilang oleh sesuatu hal yang tidak bisa diprediksi ( Force Majeur )
  4. Apabila barang kiriman hilang, terjadi kerusakan atau kondisi barang tidak sama dengan kondisi saat pengiriman, maka pihak pengirim akan menerima kompensasi atau penggantian sebesar Rp.1.000.000 atau berdasarkan kesepakatan antara perusahaan kargo dan pengirim barang
  5. Khusus untuk barang dengan nilai yang tinggi, anda bisa menggunakan jasa kargo dengan fasilitas asuransi dengan biaya asuransi akan dibebankan langsung ke pihak pengirim ( shipper )

Cara Mengirimkan Barang Via Udara ( Kargo )

Ada beberapa proses pengiriman barang via udara yang wajib diketahui para pengirim atau shipper antara lain :

Cara menentukan berat barang.

Ada dua cara yang digunakan oleh perusahaan kargo untuk mengukur berat barang yang akan dikirim yaitu berdasarkan volume barang dan berat asli. Angka yang paling besar dari kedua metode tersebut yang akan dijadikan dasar pengiriman barang.

Pengisian Surat Tanda Terima Pengiriman ( STTP ) / Air Way Bill

Proses pengisian Surat Tanda Terima Pengiriman ( STTP ) atau Air Way Bill ( AWB ) akan dilakukan oleh kurir kargo.

Para Pengirim atau shipper wajib untuk menunjukkan kartu identitas yang masih berlaku atau memberikan data informasi pengirim secara lengkap.baca juga Biaya Pindah Rumah Antar Pulau Terbaru Murah

Barang yang akan dikirim dan Airway bill akan dibawa kurir kargo menuju pabean untuk dilakukan pemeriksaan ( checking ) untuk disetujui. Barang lolos proses checking akan langsung masuk bagasi pesawat untuk dkirim.

Ukuran barang yang akan dikirim ( Packaging )

pengukuran barang merupakan proses yang paling penting dalam proses pengiriman barang lewat jasa kargo udara. Ukuran paket barang harus disesuaikan dengan pintu masuk pesawat kargo.

Pihak jasa kargo sangat menyarankan para pengirim atau shipper menggunakan batasan yang ditetapkan oleh beberapa perusahaan kargo.

Meskipun demikian ukuran panjang 150 cm lebar 110 cm dan tinggi 80 cm merupakan batasan rata – rata yang digunakan perusahaan jasa kargo yang ada di Indonesia.

Bagi anda yang selama ini mengirimkan barang dengan menggunakan jasa kargo jalur darat, saat nya bagi anda untuk mencoba lewat jalur darat.

Selain waktu pengiriman yang lebih cepat, biaya kirim kargo udara tak jauh berbeda dengan jalur darat. Selain itu sistem keamanan dalam pengiriman barang menjadi jaminan barang anda akan sampai di tempat aman.

Inilah Cara Mengirim Barang Lewat Kargo Pesawat Panduan Pemula semoga bisa berguna,membnatu dan bisa di jadikan bahan rujukan..Tulisan terkait Jasa Pindahan Rumah Antar Pulau Menggunakan Jasa Expedisi Apa?

Advertisements

CEK RESI JNE CEPAT

CEK RESI POS OTOMATIS

CEK ONGKIR CEPAT

DISCLAIMER:Blog ini Milik Pribadi.Kami Tidak berafiliasi/kerjasama dengan Jasa pengiriman manapun,Situs resmi JNE Adalah www.jne.co.id.Tulisan Di Blog Ini Hanya Sekedar Informasi Dan Panduan Semata
Cara Mengirim Barang Lewat Kargo Pesawat Panduan Pemula 2018 | admin | 4.5
error: Tulisan di lindungan DCMA !!