10 Aplikasi Pinjol Pasti Cair Walaupun Data Busuk 2024

Data busuk adalah istilah yang digunakan untuk menyebut data pribadi yang sudah bermasalah dalam dunia per-pinjaman. Data busuk biasanya disebabkan oleh hal-hal seperti:

  • Kredit macet atau gagal bayar pinjaman
  • Telat bayar angsuran pinjaman
  • Bermasalah dengan kartu kredit
  • Memiliki banyak pinjaman di berbagai lembaga keuangan
  • Meminjam dengan menggunakan data palsu atau milik orang lain

Data busuk dapat mempengaruhi skor kredit atau credit score seseorang. Skor kredit adalah angka yang menunjukkan tingkat kelayakan kredit seseorang berdasarkan riwayat pinjaman dan pembayaran.

Semakin baik skor kredit, semakin mudah mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah, tenor panjang, dan plafon tinggi.

Sebaliknya, semakin buruk skor kredit, semakin sulit mendapatkan pinjaman atau hanya bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga tinggi, tenor pendek, dan plafon rendah.

Apa itu Pinjol?

Pinjol adalah singkatan dari pinjaman online. Pinjol adalah layanan pinjaman yang dapat diakses melalui internet, baik melalui situs web maupun aplikasi mobile.

10 Aplikasi Pinjol Pasti Cair Walaupun Data Busuk

Pinjol menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan, pencairan, dan pembayaran pinjaman. Pinjol juga tidak memerlukan jaminan atau agunan untuk meminjam.

Pinjol dibagi menjadi dua jenis, yaitu pinjol legal dan pinjol ilegal. Pinjol legal adalah pinjol yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pinjol legal harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh OJK, seperti memiliki izin usaha, menyampaikan laporan keuangan, memberikan informasi yang transparan, dan tidak melakukan praktik-praktik yang merugikan konsumen.

Baca juga : 11 Pinjol Legal Bunga Rendah Proses Cepat Tanpa Ribet

Pinjol legal juga harus mengikuti ketentuan bunga maksimal yang ditetapkan oleh OJK, yaitu 0,8% per hari atau 24% per tahun.

Pinjol ilegal adalah pinjol yang tidak terdaftar dan tidak diawasi oleh OJK. Pinjol ilegal biasanya tidak memiliki izin usaha, tidak menyampaikan laporan keuangan, tidak memberikan informasi yang transparan, dan melakukan praktik-praktik yang merugikan konsumen.

Pinjol ilegal juga sering menetapkan bunga yang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 1% per hari atau 365% per tahun.

10 pinjol Legal Paling Mudah cair

Berikut ini adalah beberapa pinjol yang sudah berizin dan terdaftar di OJK per Februari 2023:

Danamas:

Plafon pinjaman hingga Rp 500 juta dengan bunga mulai dari 0,8% per bulan atau 9,6% per tahun. Tenor pinjaman berkisar antara 3 bulan hingga 36 bulan.

Danamas juga memberikan kemudahan dalam proses pengajuan, pencairan, dan pembayaran pinjaman melalui aplikasi mobile.

Baca juga : 4 Pesan Penting Pengakuan Mantan DC Pinjol Yang Tobat

Investree:

Menawarkan plafon pinjaman hingga Rp 2 miliar dengan bunga mulai dari 0,75% per bulan atau 9% per tahun.

Lama pinjaman berkisar antara 1 bulan hingga 24 bulan. Investree juga memberikan keuntungan berupa pinjaman tanpa agunan, tanpa denda keterlambatan, dan tanpa biaya administrasi.

Amartha:

Pinjol ini menawarkan plafon pinjaman hingga Rp 10 juta dengan bunga mulai dari 0,5% per bulan atau 6% per tahun.

Tenor berkisar antara 6 bulan hingga 12 bulan. Amartha juga memberikan misi sosial berupa pemberdayaan ekonomi perempuan di pedesaan.

Dompet Kilat:

Pinjol ini menawarkan plafon pinjaman hingga Rp 4 juta dengan bunga mulai dari 1% per hari atau 365% per tahun.

Tenor pinjaman berkisar antara 10 hari hingga 30 hari. Dompet Kilat juga memberikan fasilitas berupa pencairan dana dalam waktu 5 menit setelah pengajuan disetujui.

Kimo:

Pinjaman hingga Rp 20 juta dengan bunga mulai dari 1,67% per bulan atau 20% per tahun. Tenor pinjaman berkisar antara 3 bulan hingga 24 bulan.

Kimo juga memberikan fitur berupa asuransi kredit yang melindungi peminjam dari risiko kematian atau kecelakaan.

Toko Modal:

Menawarkan plafon pinjaman hingga Rp 500 juta dengan bunga mulai dari 1,25% per bulan atau 15% per tahun. Tenor pinjaman berkisar antara 3 bulan hingga 36 bulan.

Toko Modal juga memberikan layanan khusus untuk pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang membutuhkan modal kerja.

UangTeman:

Pinjaman hingga Rp 8 juta dengan bunga mulai dari 1% per hari atau 365% per tahun.

Tenor pinjaman berkisar antara 10 hari hingga 180 hari. UangTeman juga memberikan kemudahan dalam syarat pengajuan, hanya memerlukan KTP dan selfie.

Baca juga : Mudah Sekali Mengetahui Pinjol ilegal atau legal

Modalku:

Pinjol ini menawarkan plafon pinjaman hingga Rp 2 miliar dengan bunga mulai dari 0,99% per bulan atau 11,88% per tahun.

Tenor pinjaman berkisar antara 1 bulan hingga 24 bulan. Modalku juga memberikan solusi berupa invoice financing, yaitu pembiayaan berdasarkan tagihan atau invoice yang dimiliki oleh peminjam.

KTA Kilat:

Pinjaman hingga Rp 4 juta dengan bunga mulai dari 0,8% per hari atau 292% per tahun.

Tenor berkisar antara 61 hari hingga 104 hari. KTA Kilat juga memberikan kecepatan dalam proses pengajuan, verifikasi, dan pencairan dana.

Kredit Pintar:

Menawarkan plafon pinjaman hingga Rp 20 juta dengan bunga mulai dari 0,1% per hari atau 36% per tahun.

Berkisar antara 91 hari hingga 180 hari. Kredit Pintar juga memberikan cashback hingga 50% bagi peminjam yang membayar cicilan tepat waktu.

Baca juga : Sampai Kapan DC Pinjol Berhenti Menagih?

Itulah 10 pinjol aman yang terdaftar di OJK yang bisa Anda pertimbangkan jika membutuhkan pinjaman online.

Namun, sebelum meminjam, pastikan Anda sudah membandingkan bunga, tenor, plafon, syarat, dan fasilitas yang ditawarkan oleh berbagai pinjol.

Anda juga harus menghitung simulasi cicilan dan memastikan Anda mampu membayar cicilan tepat waktu.

Apakah Pinjol Pasti Cair Walaupun Data kita Busuk?

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang yang ingin meminjam uang secara online adalah apakah pinjol pasti cair walaupun data busuk.

Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya tergantung pada jenis pinjol yang dipilih.

Baca juga : Daftar Buronan Pinjaman Online Begini Pinjol Sebar Data

Jika memilih pinjol legal, maka kemungkinan besar pinjol tidak akan cair. Hal ini karena pinjol legal harus melakukan verifikasi data peminjam sebelum menyetujui pinjaman. Verifikasi data peminjam meliputi:

  1. Data diri, seperti nama lengkap, nomor KTP, nomor NPWP, alamat email, dan nomor telepon
  2. Data pekerjaan, seperti nama perusahaan, jabatan, pendapatan, dan lama bekerja
  3. Data bank, seperti nama bank, nomor rekening, dan mutasi rekening
  4. Data kredit, seperti riwayat pinjaman dan pembayaran di lembaga keuangan lain

Verifikasi data peminjam bertujuan untuk menilai kelayakan kredit peminjam berdasarkan skor kredit.

Jika skor kredit peminjam rendah karena data busuk, maka pinjol legal akan menolak pengajuan pinjaman atau hanya memberikan pinjaman dengan syarat-syarat yang tidak menguntungkan.

Jika memilih pinjol ilegal, maka kemungkinan besar pinjol akan cair walaupun. Hal ini karena pinjol ilegal tidak melakukan verifikasi data peminjam secara ketat.

Pinjol ilegal biasanya hanya memerlukan data diri dan dokumen pendukung, seperti slip gaji atau rekening koran. Pinjol ilegal juga tidak mempedulikan skor kredit peminjam, asalkan peminjam mau membayar bunga yang sangat tinggi.

Baca juga : Cek 100 Daftar Pinjol Legal,Aman Terdaftar Ojk Bunga Rendah

Namun, memilih pinjol ilegal bukanlah solusi yang bijak. Pinjol ilegal memiliki banyak resiko, seperti:

  • Penipuan, seperti menghilang setelah menerima uang transfer, mengganti nomor rekening tujuan pembayaran, atau mengaku sebagai pihak berwenang
  • Penyalahgunaan data, seperti menjual data peminjam ke pihak ketiga, menyebarkan data peminjam ke media sosial, atau mengancam peminjam dengan data pribadi
  • Penagihan paksa, seperti menghubungi kontak darurat peminjam, mendatangi rumah atau kantor peminjam, atau menggunakan preman untuk menagih hutang

Bagaimana Cara Menghindari Data Busuk?

Data busuk adalah hal yang harus dihindari oleh siapa pun yang ingin meminjam uang secara online.

Data busuk dapat menyulitkan seseorang untuk mendapatkan pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Data busuk juga dapat merusak reputasi seseorang di mata lembaga keuangan.

Untuk menghindari data busuk, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

Membayar cicilan pinjaman tepat waktu. Jika terlambat membayar cicilan pinjaman, maka akan dikenakan denda keterlambatan yang dapat menambah beban hutang. Selain itu, keterlambatan pembayaran juga akan mencatatkan catatan buruk di riwayat kredit.

Baca juga : Aturan OJK tentang Penagihan Pinjol Jurus Ampuh Hadapi Pinjol

Mengelola keuangan dengan baik. Jika memiliki penghasilan tetap, maka harus membuat anggaran bulanan untuk membagi pengeluaran sesuai dengan prioritas.

Bila memiliki penghasilan tidak tetap, maka harus menabung sebagian penghasilan untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak. Jika memiliki hutang, maka harus mencicil hutang sesuai dengan kemampuan.

Jika membutuhkan pinjaman online, maka harus memilih pinjol yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Pinjol legal dan terpercaya akan memberikan informasi yang transparan, bunga yang wajar, dan perlindungan konsumen. Pinjol juga akan membantu meningkatkan skor kredit jika membayar cicilan tepat waktu.

Kesimpulan

Pinjol pasti cair walaupun data busuk adalah mitos yang tidak benar. Pinjol legal dan terpercaya tidak akan menyetujui pinjaman jika data peminjam bermasalah.

Pinjol ilegal dan tidak terpercaya mungkin akan menyetujui pinjaman walaupun data peminjam bermasalah, tetapi dengan resiko yang sangat besar.

Baca juga : 4 Pinjol Pasti Cair Tanpa BI Checking

Oleh karena itu, sebaiknya hindari data busuk dengan membayar cicilan tepat waktu, mengelola keuangan dengan baik, dan memilih pinjol legal dan terpercaya.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pinjaman online yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda tanpa harus khawatir tentang data busuk.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top