10 Penyebab Shopee Pinjam Ditolak Terus ini Pengalamanku

Mengapa pengajuan pinjaman di Shopee Pinjam ditolak? Disini akan dibahas beberapa alasan penolakan dari Shopee Pinjam. Dengan menganalisis dan memahami alasan penolakan, Anda dapat lebih mempersiapkan aplikasi pinjaman Shopee untuk disetujui.

Belajar dari pengalaman saat membuat dokumen, berdiskusi dengan teman yang sudah terbiasa melakukan pinjaman online, berikut daftar lengkap alasan penolakan pengajuan pinjaman Shopee Pinjam atau penyebab Shopee pinjam ditolak terus :

10 Penyebab Shopee Pinjam Ditolak Terus ini Pengalamanku

1.     Tidak Download Aplikasi Shopee

Hampir semua pinjaman online memerlukan pengajuan aplikasi. Aplikasi ini tersedia di Google PlayStore dan harus diunduh di perangkat seluler. Jika Anda tidak mengunduh aplikasi, proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.

Calon peminjam juga harus memiliki smartphone untuk dapat mengunduh aplikasi. Ponsel lama tanpa internet tidak dapat mengunduh aplikasi.

2.     Kode OTP Salah

Salah proses pendaftaran dimulai dengan aplikasi mengirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor handphone yang terdaftar di aplikasi. Kemudian OTP yang dimasukkan dalam SMS akan dimasukkan ke dalam aplikasi untuk verifikasi.

OTP ini menjadi kode keamanan untuk memastikan bahwa pengirim permintaan adalah pemilik ponsel. Jika entri salah atau OTP tidak diterima, pengiriman tidak dapat dilanjutkan, Anda harus berhati-hati untuk memastikan bahwa kode diterima dan diisi dengan benar. Email juga merupakan suatu keharusan. Mendaftar untuk akun di aplikasi memerlukan email.

3.     Salah Nomor Ponsel

10 Penyebab Shopee Pinjam Ditolak Terus ini Pengalamanku

Aplikasi Shopee pinjam akan memastikan bahwa nomor ponsel milik orang yang mengajukan pinjaman. Anda tidak boleh menggunakan nomor ponsel orang lain, jika Anda menggunakan ponsel lain maka ini bisa menjadi penyebab Shopee pinjam ditolak terus.

Baca juga: Kalau Kamu Gadai BPKB Motor di Pegadaian Segini Bunganya

Jika nomor ponsel yang digunakan diketahui milik orang lain, permintaan akan ditolak. Tidak dapat melanjutkan ke proses selanjutnya. Kemajuan teknologi fintech kini memungkinkan perusahaan seperti Shopee Pinjam untuk mengetahui pemilik ponsel secara tepat.

4.     Foto KTP Salah

Kesalahan upload foto ID yang menyebabkan penolakan adalah:

  • Foto tidak diambil oleh kamera ponsel yang digunakan untuk mengajukan aplikasi
  • Foto ID buram sehingga sistem tidak dapat membaca kartu KTP
  • Di unduh dari pemindaian dan tidak diekstraksi dari ponsel dengan kamera
  • Kesalahan di atas membuat foto KTP tidak valid dan permintaan ditolak.

5.     Data KTP Salah

Aplikasi otomatis membaca data KTP menggunakan teknologi image reader. Oleh karena itu, penting untuk  memastikan  foto ID sejelas mungkin agar mudah dibaca oleh sistem. Dan jangan lupa untuk menggunakan ID yang valid. Padahal kebanyakan sekarang sudah memiliki KTP elektronik dengan lifetime value.

Pemberi pinjaman seperti Shopee Pinjam memiliki akses ke Database Kartu Tanda Penduduk dan dapat memverifikasi kartu identitas yang diserahkan. Jika ada ketidaksesuaian dalam data kartu identitas, aplikasi akan ditolak.

Baca juga: 11 Faktor Penyebab Pasti Pengajuan Kredit Pintar Ditolak Terus

6.     Selfie Buram

Selfie diperlukan untuk aplikasi pinjaman online untuk menyelesaikan proses aplikasi tanpa tatap muka. Pengambilan foto selfie harus memenuhi beberapa syarat. Kesalahan  umum saat mengambil foto selfie dan menyebabkan penolakan adalah:

  • Hasil selfie tidak jelas sehingga sistem tidak dapat membaca foto dengan benar
  • Foto yang diambil tidak lengkap, misalnya dipotong atau pada sudut yang salah
  • Foto diambil tanpa menggunakan kamera kamera ponsel yang digunakan untuk meminta pinjaman.
  • Foto tidak diambil dengan kamera ponsel, misalnya menggunakan gambar pindaian

7.     Entri Data Tidak Lengkap

Calon peminjam harus mengisi formulir. Beberapa data harus dilengkapi. Jika data tidak diisi dengan lengkap, maka formulir tidak lengkap dan tidak dapat dilanjutkan untuk proses selanjutnya.

8.     Tidak Memberikan Akses Data Pribadi Pada Aplikasi HP

Shopee Pinjam akan meminta akses data pribadi dari HP. Tujuannya adalah agar aplikasi dapat menganalisis data ponsel untuk penilaian kredit. Untuk mendapatkan akses, aplikasi  meminta izin kepada pengguna.

Baca juga: Mudah Cepat Cair Mengajukan Pinjaman di Aplikasi Dana Online

Jika pengguna tidak melakukan otorisasi, maka proses pengajuan pinjaman tidak dapat dilanjutkan ke proses selanjutnya. Peraturan OJK yang mengatur bahwa akses ke data pribadi di ponsel diperbolehkan dengan kewajiban untuk meminta persetujuan pengguna.

9.     Tidak Memberikan Akses Lainnya

Selain akses seluler, aplikasi pinjaman online, seperti Shopee Pinjam, dapat meminta akses ke akun berikut khususnya :

  • BPJS
  • Akun Gojek, Grab
  • Akun E-commerce
  • Bank akun

Akses ke data di atas mungkin merupakan prasyarat untuk pemrosesan lebih lanjut dari aplikasi pinjaman. Jika akses tidak diberikan, proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan.

10.Tidak Dapat Menghubungi Peminjam

Pinjaman Shopee akan diverifikasi dengan menghubungi peminjam. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa aplikasi pinjaman dilakukan oleh pemohon yang disebutkan pada formulir aplikasi.

Verifikasi juga dimaksudkan untuk mencegah penipuan. Ada banyak kasus di mana nomor ponsel dicuri, data identitas hilang dan kemudian digunakan untuk meminjam uang. Jika Shopee Pinjam gagal menghubungi peminjam, aplikasi akan ditolak.

Baca juga: Begini Prosedur Mengajukan Pinjaman di Home Credit

Inilah beberapa penyebab Shopee pinjam ditolak terus yang bisa Anda ketahui. Hal ini bisa jadi acuan bagi Anda supaya pengajuan Anda bisa segera diterima.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Comment

Scroll to Top