Apakah ATM BCA Bisa Tarik Tunai di ATM BRI?

ATM atau anjungan tunai mandiri adalah mesin yang berfungsi untuk melakukan transaksi perbankan, seperti tarik tunai, transfer, cek saldo, dan sebagainya.

Setiap bank memiliki mesin ATM tersendiri yang terhubung dengan rekening nasabahnya. Namun, bagaimana jika kita ingin menarik uang dari rekening bank yang berbeda? Apakah ATM BCA bisa tarik tunai di ATM BRI?

Cara Tarik Tunai di ATM Beda Bank

Salah satu cara untuk menarik uang di ATM beda bank adalah dengan memanfaatkan jaringan switching ATM Bersama.

Ini adalah jaringan koneksi antar bank yang memungkinkan untuk cek saldo, penarikan tunai, dan juga transfer antar bank yang berbeda melalui mesin ATM yang tergabung dalam anggota jaringan ATM Bersama.

Untuk mengetahui apakah bank yang kita gunakan merupakan anggota dari jaringan ATM Bersama atau bukan, nasabah bisa memeriksa bagian belakang kartu ATM.

Apakah ATM BCA Bisa Tarik Tunai di ATM BRI?

Jika terdapat logo ATM Bersama, maka bank yang digunakan sudah tergabung menjadi anggota jaringan ATM Bersama. Selanjutnya, cek pada mesin ATM yang akan digunakan, pastikan logo ATM Bersama tercantum pada mesin ATM tersebut.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menarik uang di ATM Bersama:

Baca Juga : Apakah ATM BRI Bisa Tarik Tunai di ATM BNI?

  1. Masukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM.
  2. Pilih bahasa yang akan digunakan.
  3. Masukkan pin ATM yang berjumlah 6 digit. Jika salah memasukkan pin sebanyak 3 kali, maka kartu akan diblokir.
  4. Setelah pin benar, layar akan menampilkan beragam menu. Pilih menu “Transaksi Lainnya”.
  5. Pilih menu “Tarik Tunai”.
  6. Pilih menu “Dari Rekening Tabungan” atau “Dari Rekening Giro” sesuai dengan jenis rekening yang digunakan.
  7. Masukkan nominal uang yang akan ditarik. Pastikan tidak melebihi limit penarikan harian yang ditetapkan oleh bank.
  8. Pilih “Ya” untuk mengkonfirmasi transaksi.
  9. Tunggu hingga uang dan struk keluar dari mesin ATM.
  10. Ambil uang dan struk, serta pastikan untuk menarik kartu ATM keluar.

Biaya Tarik Tunai di ATM Beda Bank

Meskipun praktis, menarik uang di ATM beda bank tidak gratis. Ada biaya administrasi yang harus dibayar oleh nasabah. Biaya ini berbeda-beda tergantung pada bank yang digunakan.

Berikut ini adalah daftar biaya tarik tunai di ATM beda bank untuk beberapa bank besar di Indonesia.

  • BCA: Rp 7.500
  • BNI: Rp 6.500
  • BRI: Rp 6.500
  • Mandiri: Rp 7.500

Biaya ini akan langsung dipotong dari saldo rekening nasabah saat melakukan transaksi. Oleh karena itu, pastikan saldo rekening mencukupi untuk menarik uang beserta biaya administrasinya.

Baca Juga : Apabila M Banking Terblokir Apakah ATM Juga Terblokir

Cara Tarik Tunai di ATM Tanpa Kartu

Bagaimana jika kita lupa membawa kartu ATM atau kehilangan kartu ATM? Apakah masih bisa menarik uang di ATM? Jawabannya adalah bisa, asalkan bank yang kita gunakan menyediakan layanan tarik tunai tanpa kartu.

Layanan ini memungkinkan nasabah untuk menarik uang di ATM hanya dengan menggunakan aplikasi mobile banking atau SMS banking.

Berikut ini adalah cara tarik tunai di ATM tanpa kartu untuk beberapa bank besar di Indonesia:

BCA: Buka aplikasi BCA Mobile di ponsel. Pilih menu m-ATM. Pilih menu Tarik Tunai. Pilih rekening sumber dana dan masukkan nominal yang akan ditarik. Masukkan PIN m-BCA.

Akan muncul kode tarik tunai berupa 6 digit angka. Kunjungi ATM BCA terdekat. Pilih menu Transaksi Tanpa Kartu. Pilih menu Tarik Tunai. Masukkan kode tarik tunai dan nominal yang akan ditarik. Tunggu hingga uang keluar dari mesin ATM.

Baca Juga : Benarkah ATM Bisa Dibobol Melalui Nomor Rekening

BNI: Buka aplikasi BNI Mobile Banking di ponsel. Pilih menu Tarik Tunai Tanpa Kartu. Pilih rekening sumber dana dan masukkan nominal yang akan ditarik. Masukkan PIN Mobile Banking.

Muncul kode tarik tunai berupa 6 digit angka. Kunjungi ATM BNI terdekat. Pilih menu Transaksi Tanpa Kartu. Pilih menu Tarik Tunai. Masukkan kode tarik tunai dan nominal yang akan ditarik. Tunggu hingga uang keluar dari mesin ATM.

BRI: Buka aplikasi BRImo di ponsel. Pilih menu Tarik Tunai. Pilih rekening sumber dana dan masukkan nominal yang akan ditarik. Masukkan PIN BRImo.

Akan muncul kode tarik tunai berupa 6 digit angka. Kunjungi ATM BRI terdekat. Pilih tombol sebelah kiri bawah di mesin ATM. Pilih menu Tarik Tunai. Masukkan kode tarik tunai dan nominal yang akan ditarik. Tunggu hingga uang keluar dari mesin ATM.

Baca Juga : Apakah ATM KIP Bisa untuk Menerima Transfer Uang dari Orang Lain?

Kesimpulan

ATM BCA bisa tarik tunai di ATM BRI asalkan menggunakan jaringan ATM Bersama. Namun, ada biaya administrasi yang harus dibayar oleh nasabah.

Selain itu, nasabah juga bisa menarik uang di ATM tanpa kartu dengan menggunakan aplikasi mobile banking atau SMS banking. Layanan ini memudahkan nasabah untuk mengakses uang tunai kapan saja dan di mana saja.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Comment

Scroll to Top