Apakah Bisa Pinjam KUR BRI Online Tanpa Jaminan

Demi mendongkrak perekonomian para UMKM, pemerintah menyediakan layanan kredit usaha rakyat (KUR) bekerjasama dengan beberapa bank yang ada di Indonesia.Jenis KUR yang tersedia ada dua jenis yaitu KUR dengan jaminan dan KUR tanpa jaminan. Lantas apa perbedaan keduanya?

Perbedaan Kredit dengan Jaminan dan Tanpa Jaminan

Pinjaman dengan jaminan membutuhkan aset. Tapi bunga yang dikenakan untuk pinjamannya lebih rendah. Dana yang bisa diberikan juga lebih besar yaitu mencapai miliaran. Untuk masa tenornya bisa mencapai 25 tahun masa cicilan.

Baca juga: Ini Syarat Pinjaman Adira Jaminan BPKB Motor Mobil

Sedangkan untuk kredit tanpa jaminan, tidak menyertakan jaminan apapun saat mengajukan pinjaman dan sangat cocok untuk Anda yang tidak ingin menjaminkan aset yang  dimiliki. Biasanya dana yang dipinjamkan memiliki limit yang tidak terlalu besar yaitu maksimal Rp50 juta tapi waktu pencairannya lebih cepat.

Apakah Bisa Pinjam KUR BRI Online Tanpa Jaminan

Kredit tanpa jaminan biasanya memiliki bunga yang relatif tinggi dan jangka waktu pelunasan kredit, hanya diberikan waktu sekitar 1-3 tahun.

Salah satu bank yang menyediakan layanan KUR dengan jaminan maupun tanpa jaminan adalah BRI. Menariknya lagi pengajuannya bisa dilakukan secara online. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot keluar rumah dan bisa lebih menghemat waktu.

Bagi Anda yang saat ini sedang ingin mengajukan pinjaman KUR BRI online tanpa jaminan berikut ini beberapa informasi yang perlu Anda diketahui.

Baca juga: Teryata Ini Alasan Pengajuan KUR BRI Ditolak Terus

Ketentuan Pinjaman KUR BRI Online Tanpa Jaminan

Apakah Bisa Pinjam KUR BRI Online Tanpa Jaminan

  • Plafon atau dana yang bisa Anda pinjam maksimal Rp50 juta.
  • Jangka waktu Kredit Modal Kerja (KMK) yang diberikan 3 tahun.
  • Jangka waktu Kredit Investasi (KI) yang diberikan 5 tahun.
  • Suku bunga yang dikenakan sebesar 6% efektif per tahun.
  • Masa waktu pelunasannya 12-36 bulan.
  • KUR BRI bebas biaya administrasi dan provisi.

Pinjaman KUR BRI online tanpa jaminan ini cocok bagi Anda yang merupakan pedagang kaki lima, pedagang kecil, pemilik warung, dan pedagang pasar.

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI Online Tanpa Jaminan?

Pertama-tama Anda perlu mencari tahu dulu apa saja syarat yang perlu dipenuhi untuk mengajukan pinjaman KUR BRI online tanpa jaminan.

Syarat pengajuan pinjaman KUR BRI online tanpa jaminan cukup mudah dan hampir sama dengan jenis KUR BRI yang menggunakan jaminan. Hanya saja, pada program tanpa jaminan, tidak mensyaratkan nasabah untuk memberikan agunan selama durasi waktu peminjaman.

Baca juga: Pengalaman Saya Pinjam KUR BRI 50jt Cair 3 Hari

Beberapa syarat yang diperlukan yaitu:

  • Anda adalah seorang Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki NIK e-KTP atau bisa juga menggunakan surat keterangan pembuatan e-KTP.
  • Sudah memiliki usaha yang aktif berjalan minimal enam bulan dan bisnis tersebut terdaftar di marketplace online atau penyedia jasa transportasi online.
  • Mensubmit beberapa keperluan administratif yaitu Kartu Keluarga, e-KTP, fotokopi Surat Nikah (bagi Anda yang sudah menikah) dan Surat Izin Usaha dari e-commerce atau ride hailing tempat usaha Anda terdaftar.
  • Tidak sedang memiliki kredit di bank lain kecuali kredit konsumtif yang berupa Kartu Kredit, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit menggunakan jaminan SK Pensiun, menggunakan Kartu Kredit dan Resi Gudang dengan kolektibilitas lancar.
  • Melakukan pinjaman KUR BRI online tanpa jaminan atas nama pribadi atau individu.

Tahapan Mengajukan Pinjaman KUR BRI Online Tanpa Jaminan

Apakah Bisa Pinjam KUR BRI Online Tanpa Jaminan

  1. Untuk mendaftar pinjaman KUR BRI online tanpa jaminan, bisa dilakukan dengan membuka laman kur.bri.co.id
  2. Pilih menu “Ajukan Pinjaman KUR”
  3. Masukkan email dan password jika sudah memiliki akun. Jika belum segera daftar dengan memilih menu “Daftar” dan ikuti langkah-langkah yang ada pada halaman tersebut.
  4. Baca dengan teliti informasi pernyataan yang diberikan oleh BRI dan pilih  “Setuju”
  5. Isi formulir pengajuan dengan data yang benar dan jujur. Informasi yang harus diisi yaitu data dari Anda, profil usaha, data pengajuan, dan meng-upload dokumen.
  6. Klik tombol “Hitung angsuran” untuk mengetahui berapa jumlah angsuran yang akan dibayar.
  7. Klik “Ajukan pinjaman.”

Baca juga; Sesuai Pengalaman Agar KUR BRI Disetujui Pihak Bank

Itu dia informasi terkait pinjaman KUR BRI online tanpa jaminan yang perlu diketahui. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, Anda bisa menghubungi call center 14017 / 1500017 atau e-mail callbri@bri.co.id. Semoga informasi ini membantu ya.