Bagaimana Jika Sudah Bayar KAI Tapi Belum Dapat Tiket

Mungkin pernah mengalami situasi di mana Anda sudah membayar tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access atau website reservation.railink.co.id, tetapi belum mendapatkan bukti tiket atau kode booking.

Hal ini tentu saja membuat Anda khawatir dan bingung, apakah tiket Anda sudah terkonfirmasi atau tidak. Apa yang harus Anda lakukan jika menghadapi masalah ini?

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek status pembayaran Anda di aplikasi KAI Access atau website reservation.railink.co.id. Anda bisa melihat riwayat transaksi Anda dan memastikan apakah pembayaran Anda sudah berhasil atau masih pending.

Jika pembayaran Anda sudah berhasil, maka Anda akan mendapatkan bukti tiket atau kode booking yang bisa Anda tunjukkan ke petugas KAI saat check-in di stasiun.

Bagaimana Jika Sudah Bayar KAI Tapi Belum Dapat Tiket

Sudah Bayar KAI Tapi Belum Dapat Tiket

Jika pembayaran Anda masih pending, maka Anda harus menunggu beberapa saat sampai pembayaran Anda terkonfirmasi.

Baca Juga : Cara Pesan Tiket Kereta Api di KAI Access Komplit Pemula

Biasanya, proses konfirmasi pembayaran membutuhkan waktu sekitar 15 menit, tergantung pada metode pembayaran yang Anda gunakan.

Anda menggunakan metode pembayaran yang memerlukan verifikasi manual, seperti transfer bank atau minimarket, maka Anda harus mengirimkan bukti pembayaran Anda ke email cs@kai.id atau nomor WhatsApp 0811-811-811-8.

Jika setelah menunggu beberapa saat Anda masih belum mendapatkan bukti tiket atau kode booking, maka Anda bisa menghubungi layanan pelanggan KAI di nomor telepon 121, email cs@kai.id, atau nomor WhatsApp 0811-811-811-8.

Baca Juga : Memahami Kode Pembayaran KAI Access Pemula Harus Ngerti

Anda harus menyampaikan nomor transaksi, nama, nomor identitas, dan nomor telepon Anda, serta melampirkan bukti pembayaran Anda jika ada. Layanan pelanggan KAI akan membantu Anda untuk mengecek status tiket Anda dan mengirimkan bukti tiket atau kode booking Anda jika sudah terkonfirmasi.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan melakukan pembayaran ulang jika Anda belum mendapatkan bukti tiket atau kode booking, karena hal ini bisa menyebabkan Anda terkena biaya ganda.

Jika Anda melakukan pembayaran ulang, maka Anda harus mengajukan refund untuk pembayaran yang pertama. Proses refund bisa memakan waktu hingga 14 hari kerja, tergantung pada metode pembayaran dan bank yang Anda gunakan.

Beli Tiket Kereta Mendadak Apa Bisa?

Anda memiliki beberapa pilihan untuk membeli tiket kereta secara mendadak, yaitu:

Reservasi online melalui aplikasi KAI Access atau website reservation.railink.co.id. Anda bisa melakukan reservasi online maksimal 3 jam sebelum keberangkatan, dan harus membayar dalam waktu 60 menit (atau 15 menit jika kurang dari 3 jam sebelum keberangkatan).

Baca Juga : Batas Pemesanan Tiket Kereta Api di KAI Access

Jika pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan bukti tiket atau kode booking yang bisa Anda tunjukkan di stasiun.

Pembelian tiket melalui loket di stasiun. Anda bisa membeli tiket langsung di loket stasiun dengan menunjukkan KTP dan alat pembayaran yang lancar. Anda harus memperhatikan jam operasional loket dan ketersediaan kursi pada kereta yang Anda inginkan.

Cara Cetak Tiket di Stasiun

Untuk mencetak tiket kereta api di stasiun, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cari mesin tiket yang tersedia di area stasiun keberangkatan
  2. Check in menggunakan nomer kode booking tiket dari struk atau bukti pembelian tiket
  3. Masukkan data diri lengkap berupa nomor KTP di mesin cetak yang tersedia
  4. Setelah itu, klik scan struk bukti pembelian tiket
  5. Klik cetak tiket, kemudian tiket kereta berupa boarding pass telah tercetak

Baca Juga : Cara Membayar KAI Access yang Menunggu Pembayaran

Jika Anda membeli tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, Anda tidak perlu mencetak boarding pass. Anda cukup menunjukkan e-boarding pass yang ada di aplikasi kepada petugas di stasiun. Semoga informasi ini bermanfaat!

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top