Batas Waktu Cetak Boarding Pass Kereta Api

Jika Anda sering bepergian dengan kereta api, Anda pasti sudah familiar dengan boarding pass. Boarding pass adalah dokumen yang diterbitkan oleh PT KAI dan diberikan kepada penumpang sebagai dokumen pengganti tiket.

Boarding pass dapat dicetak melalui Check In Counter di stasiun mulai 7 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Namun, apakah Anda tahu kapan batas waktu cetak boarding pass kereta api? Jangan sampai Anda ketinggalan kereta atau tiket Anda hangus karena tidak mengetahui batas waktu ini. Berikut adalah informasi yang perlu Anda ketahui tentang batas waktu cetak boarding pass kereta api.

Memahami Check in dan Boarding Pass

Check in dan boarding pass adalah proses dan dokumen yang diperlukan untuk naik kereta api. Check in adalah proses untuk mengkonfirmasi pemesanan tiket online dengan memasukkan kode booking di mesin check in mandiri (CTM) atau loket stasiun.

Batas Waktu Cetak Boarding Pass Kereta Api

Baca Juga : Cara Membayar KAI Access yang Menunggu Pembayaran

Boarding pass adalah dokumen pengganti tiket yang diterbitkan oleh PT KAI dan diberikan kepada penumpang setelah melakukan check in. Boarding pass berisi informasi seperti nama dan ID penumpang, kode booking, nama dan jadwal kereta api, kelas dan nomor tempat duduk, dan relasi perjalanan.

Check in dapat dilakukan mulai 7 x 24 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api, dan boarding pass dapat dicetak melalui CTM atau loket stasiun. Penumpang juga dapat melakukan check in dengan mengunduh boarding pass elektronik (e-boarding pass) melalui aplikasi KAI Access mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Boarding pass sudah tercatat di sistem PT KAI, sehingga penumpang tidak perlu khawatir kehilangan tiket fisik. Penumpang juga bisa langsung masuk ke peron tanpa harus menukar tiket lagi. Boarding pass juga menghemat penggunaan kertas dengan menggunakan boarding pass yang lebih tipis dan ringan.

Batas waktu check in dan cetak boarding pass adalah minimal 7 hari sebelum hari keberangkatan, dan paling lambat 10 menit sebelum jam keberangkatan kereta. Jika melebihi batas waktu ini, boarding pass tidak akan bisa dicetak dan tiket akan hangus. Oleh karena itu, penumpang harus datang lebih awal ke stasiun dan segera melakukan check in dan cetak boarding pass.

Baca Juga : Bagaimana Jika Sudah Bayar KAI Tapi Belum Dapat Tiket

Batas Waktu Cetak Boarding Pass Kereta Api Sebelum Keberangkatan

Anda bisa mencetak boarding pass kereta api sebelum keberangkatan dengan dua cara, yaitu melalui mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) atau melalui loket stasiun. Cara cetak boarding pass kereta api melalui CTM adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke mesin CTM yang biasanya tersedia di stasiun atau sarana umum lainnya.
  2. Masukkan kode booking atau nomor kode pembayaran yang sudah Anda dapatkan saat melakukan pemesanan tiket online.
  3. Cari tiket yang sudah Anda pesan dengan mengklik cari di layar mesin.
  4. Jika semua data sudah sesuai, klik cetak dan ambil boarding pass yang keluar dari mesin.

Baca Juga : Kenapa Tidak Bisa Menambahkan Tiket di KAI Access

Cara Cetak Boarding Pass Melalui Loket Stasiun

  • Datang ke loket stasiun dengan membawa tiket elektronik yang sudah Anda dapatkan saat melakukan pemesanan tiket online.
  • Tunjukkan tiket elektronik Anda kepada petugas loket dan berikan nomor identitas Anda.
  • Petugas loket akan mencetak boarding pass Anda dan memberikannya kepada Anda.

Batas waktu cetak boarding pass kereta api sebelum keberangkatan adalah minimal 7 hari sebelum hari keberangkatan. Anda bisa mencetak boarding pass lebih awal untuk menghindari antrean atau kerepotan di hari keberangkatan.

Batas Waktu Cetak Boarding Pass Kereta Api Pada Hari Keberangkatan

Jika Anda lupa atau tidak sempat mencetak boarding pass kereta api sebelum keberangkatan, Anda masih bisa mencetaknya pada hari keberangkatan.

Anda harus memperhatikan batas waktu cetak boarding pass kereta api pada hari keberangkatan, yaitu paling lambat 10 menit sebelum jam keberangkatan kereta.

Baca Juga : Cara Cetak Ulang Boarding Pass Kereta Api

Jika Anda melebihi batas waktu ini, boarding pass Anda tidak akan bisa dicetak dan tiket Anda akan hangus. Oleh karena itu, Anda harus datang lebih awal ke stasiun dan segera mencetak boarding pass Anda melalui CTM atau loket stasiun.

Keuntungan Menggunakan Boarding Pass Kereta Api

Menggunakan boarding pass kereta api memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

Fleksibel dan efisien. Anda bisa melakukan pemesanan atau booking tiket online kapan saja dan mencetak boarding pass kapan saja sesuai dengan keinginan Anda.

Aman dan nyaman. Anda tidak perlu khawatir kehilangan tiket fisik karena boarding pass sudah tercatat di sistem PT KAI. Anda juga bisa langsung masuk ke peron tanpa harus menukar tiket lagi.

Baca Juga : Cara Mengunduh E-Boarding Pass KAI Via Aplikasi Mudah

Ramah lingkungan. Anda bisa menghemat penggunaan kertas dengan menggunakan boarding pass yang lebih tipis dan ringan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam bepergian dengan kereta api. Selamat bepergian dan selamat sampai tujuan.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top