Bayar QRIS Pakai Dana Apakah Harus Premium

Pada era digital saat ini, metode pembayaran semakin berkembang dengan pesat. Salah satu metode yang semakin populer adalah pembayaran menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

QRIS memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan mudah dengan memindai kode QR pada aplikasi pembayaran digital.

Salah satu aplikasi yang menggunakan QRIS adalah Dana. Namun, muncul pertanyaan apakah pengguna harus memiliki akun premium untuk dapat menggunakan fitur pembayaran QRIS menggunakan Dana. Mari kita bahas lebih lanjut.

QRIS dan Dana

QRIS Pakai Dana

QRIS adalah standar nasional untuk pembayaran menggunakan kode QR di Indonesia.

Ini berarti bahwa setiap aplikasi pembayaran digital yang menggunakan QRIS dapat digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant, toko online, atau bahkan teman-teman Anda yang memiliki kode QRIS.

Dana adalah salah satu aplikasi pembayaran digital yang populer di Indonesia dan telah mengintegrasikan fitur pembayaran QRIS ke dalam aplikasinya.

Baca juga: 20 Aplikasi Pinjol Resmi OJK Bunga Rendah

Keunggulan Penggunaan QRIS dengan Dana

Salah satu keunggulan menggunakan QRIS dengan Dana adalah kemudahan dan kenyamanan.

Dengan hanya memindai kode QR pada aplikasi Dana, Anda dapat melakukan pembayaran di berbagai tempat tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu kredit.

Fitur ini sangat memudahkan pengguna Dana dalam bertransaksi, terutama di masa pandemi di mana kontak fisik perlu dihindari.

Baca juga: Penyebab Pasti Verifikasi Instagram Ditolak Terus

Penggunaan DANA Premium

DANA Premium

Sejauh ini, DANA tidak membatasi penggunaan fitur pembayaran QRIS hanya untuk pengguna akun premium.

Artinya, baik pengguna DANA reguler maupun pengguna DANA Premium dapat melakukan pembayaran menggunakan QRIS tanpa masalah.

Jadi, tidak diperlukan status akun premium untuk dapat menggunakan fitur pembayaran QRIS dengan DANA.

Keuntungan DANA Premium

Meskipun pengguna DANA reguler dapat menggunakan fitur pembayaran QRIS tanpa harus menjadi pengguna premium, DANA Premium menawarkan beberapa keuntungan tambahan.

Pengguna DANA Premium dapat menikmati promo eksklusif, cashback, dan akses ke fitur-fitur premium lainnya. Untuk menggunakan fitur dasar seperti pembayaran QRIS, status akun premium tidak diperlukan.

Biaya QRIS DANA

DANA Premium

Hingga saat ini, penggunaan QRIS DANA tidak dikenakan biaya tambahan atau fee khusus.

Baca juga: Cara Gadai Laptop di Pegadaian Tanpa Kwitansi

Dalam transaksi pembayaran menggunakan QRIS DANA, Anda tidak akan dikenai biaya transaksi dari DANA maupun merchant tempat Anda melakukan pembayaran.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa merchant atau toko mungkin memiliki kebijakan atau aturan sendiri terkait biaya tambahan atau minimum pembelanjaan.

Hal ini dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan masing-masing merchant.

Lama proses QRIS DANA

 

Proses pembayaran menggunakan QRIS DANA relatif cepat dan instan. Setelah Anda memindai kode QRIS dengan aplikasi DANA, transaksi akan diproses dalam hitungan detik.

Baca juga: Cara Menggadaikan Barang Elektronik di Pegadaian

Umumnya, proses pembayaran QRIS DANA membutuhkan waktu yang sangat singkat, tergantung pada kecepatan koneksi internet Anda dan respons sistem pembayaran.

Pada umumnya, setelah memindai kode QRIS, Anda akan melihat rincian transaksi di aplikasi DANA dan akan diminta untuk mengonfirmasi pembayaran.

Setelah Anda mengonfirmasi, transaksi akan segera diproses dan merchant akan menerima notifikasi pembayaran yang berhasil.

Jadi, secara keseluruhan, proses pembayaran menggunakan QRIS DANA dapat dilakukan dengan cepat dan efisien, memungkinkan Anda untuk menyelesaikan transaksi secara instan tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

Cara melihat QRIS DANA

Lama proses QRIS DANA

Untuk melihat QRIS DANA, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Baca juga: Pengalaman Saya Sendiri Gadai HP di Pegadaian

  1. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi DANA di ponsel Anda. Aplikasi DANA tersedia untuk perangkat iOS dan Android.
  2. Buka aplikasi DANA dan masuk ke akun Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang disediakan dalam aplikasi.
  3. Setelah masuk ke akun DANA, cari menu atau fitur yang berkaitan dengan pembayaran atau transaksi. Biasanya, Anda dapat menemukan ikon QR Code atau fitur “Bayar dengan QRIS” di bagian bawah atau bagian atas aplikasi.
  4. Ketika Anda menemukan fitur QRIS DANA, klik atau pilih opsi tersebut. Biasanya, Anda akan melihat tampilan kamera di aplikasi yang memungkinkan Anda memindai kode QRIS.
  5. Arahkan kamera ponsel Anda ke kode QRIS yang ingin Anda bayar. Pastikan agar kode QRIS berada dalam jangkauan kamera dan terlihat dengan jelas di layar ponsel Anda.
  6. Aplikasi DANA akan secara otomatis memindai dan membaca informasi yang terkandung dalam kode QRIS. Anda akan melihat rincian transaksi, seperti jumlah pembayaran dan informasi merchant, yang akan ditampilkan di aplikasi.
  7. Setelah memastikan rincian transaksi, konfirmasikan pembayaran dengan mengikuti petunjuk yang diberikan dalam aplikasi. Biasanya, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN atau menggunakan metode otorisasi lainnya untuk menyelesaikan pembayaran.
  8. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima notifikasi atau konfirmasi pembayaran yang berhasil di aplikasi DANA.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melihat QRIS DANA dan melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan aplikasi DANA di ponsel Anda.

Baca juga: Cara Menggunakan GoPay Coin Untuk Apa Saja

Pembayaran QRIS dengan DANA merupakan cara yang mudah, cepat, dan aman untuk melakukan transaksi. Penting untuk dicatat bahwa penggunaan fitur pembayaran QRIS dengan DANA tidak memerlukan akun premium.

Baik pengguna DANA reguler maupun pengguna DANA Premium dapat dengan mudah memanfaatkan fitur ini tanpa masalah.

DANA Premium menawarkan keuntungan tambahan, tetapi itu tergantung pada preferensi pengguna.

Jadi, jika Anda menggunakan DANA reguler, tidak perlu khawatir karena tetap dapat menikmati fitur pembayaran QRIS dengan lancar.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Comment

Scroll to Top