Berapa Lama Penagihan Pinjol Legal

Saat ini pinjaman online atau pinjol merupakan salah satu solusi bagi beberapa masyarakat yang sedang membutuhkan pinjaman dengan cepat dan proses yang mudah.

Kehadiran dari pinjol sendiri cukup menguntungkan karena masyarakat jadi bisa meminjam uang dengan mudah dan cepat, tanpa jaminan, serta limit yang besar dan tenor yang dapat disesuaikan.

Kali ini kami akan membahas informasi mengenai berapa lama penagihan pinjol legal? Simak lengkap infonya di artikel ini hingga akhir ya!

Ketahui Ciri-Ciri Pinjol Legal

Berapa Lama Penagihan Pinjol Legal

Sebelum mengajak kamu untuk tahu lama dari penagihan pinjol yang legal, kamu harus lebih dulu tahu apa saja ciri-ciri dari pinjol legal.

Sehingga sebelum melakukan pinjaman di pinjol, kamu bisa tahu mana pinjol yang legal atau ilegal serta dapat melakukan transaksi dengan aman. Berikut ini adalah ciri-ciri pinjol legal yang harus kamu ketahui:

  • Terdaftar dan berizin dari OJK

Syarat mutlak pertama dari pinjol legal adalah mereka tentu saja sudah terdaftar dan memiliki izin operasi dari OJK. Itu artinya semua operasi yang ada di pinjol tersebut sudah diawasi oleh OJK dan terjamin.

Jadi ada baiknya kamu lebih baik memastikan bahwa pinjol yang akan kamu gunakan itu memang sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK, dan menjadi bagian anggota AFPI.

Baca juga;10 Daftar Fintech Legal Terdaftar OJK Pinjol Legal

  • Tidak pernah memberikan penawaran lewat saluran komunikasi pribadi

Kemudian ciri dari pinjol legal yang kedua adalah mereka tidak akan pernah memberikan penawaran lewat saluran komunikasi pribadi.

Berbeda dengan pinjol ilegal yang memberikan penawaran menggiurkan mereka jalur pribadi melalui telepon atau SMS nomor pribadi.

  • Ada layanan pengaduan

Ciri ketiga dari pinjol legal adalah mereka memiliki layanan pengaduan seperti customer service dan customer care, sehingga apabila pengguna memiliki keluhan atau kendala dapat dibantu untuk menyelesaikannya.

Namun apabila pinjol yang kamu gunakan tidak memiliki layanan pengaduan, kamu patut curiga mereka adalah pinjol ilegal yang tidak memiliki izin.

Baca juga: Wajib Tau Ini Peraturan OJK Tentang Fintech Gagal Bayar

  • Bunga dan biaya pinjaman transparan

Dengan menggunakan pinjol legal, maka kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi pinjol legal pasti akan memberikan bunga dan biaya pinjaman yang transparan.

Ketika kamu mengajukan pinjaman, pasti akan ada rincian mengenai jumlah pinjaman, bunga, biaya admin dan lain-lain sehingga sebagai peminjam kita bisa mengetahui rinciannya dengan detail.

  • Mengantongi identitas pengurus

Biasanya untuk pinjaman online yang legal akan mengantongi identitas para pengurus dengan jelas, dan yang lebih penting adalah mereka memiliki lokasi atau alamat kantor yang jelas.

Apabila mereka tidak memiliki alamat atau kantor yang jelas, bahkan struktur organisasinya tidak jelas maka kamu patut curiga bahwa mereka adalah pinjol ilegal.

Berapa Lama Penagihan Pinjol Legal

Berapa Lama Penagihan Pinjol Legal

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan oleh mayarakat adalah berapa lama waktu penagihan pinjol legal? OJK sendiri sudah membuat peraturan terkait dengan penagihan yang dapat dilakukan oleh pinjol legal.

Baca juga: Apabila Saat Pengajuan KUR BRI Dipersulit Lakukan Ini

Pinjol atau fintech lending memiliki waktu penagihan maksimal selama 90 hari dan untuk denda maksimal yang boleh dikenakan adalah 100% dari total pinjaman pokok.

Pinjol legal boleh melakukan penagihan kepada para pengguna hingga 90 hari. Setelah 90 hari, maka pihak penyelenggara sudah tidak boleh menagih lagi karena pinjaman dianggap hangus.

Namun untuk debitur atau pengguna yang tidak menyelesaikan pembayaran mereka kepada pinjol legal setelah 90 hari tentu saja memiliki konsekuensinya sendiri.

Konsekuensinya adalah nama dari peminjam atau nasabah akan masuk ke blacklist dari OJK, sehingga apabila pengguna belum menyelesaikan pinjamannya maka ia tidak bisa mendapatkan pinjaman dari pinjol legal atau bank lainnya.

Sehingga pengguna harus lebih dulu menyelesaikan pinjaman di pinjol legalnya untuk dapat membersihkan namanya dan bisa melakukan pinjaman lagi di pinjol atau bank lainnya.

Sekarang kalian semua sudah mengetahui kan berapa lama penagihan pinjol legal? Semoga informasi yang kami berikan ini dapat menambah wawasan kalian terkait dengan pinjaman online.

Baca juga; Terlanjur Gagal Bayar Pinjol UangMe Saya Harus Bagaimana

Untuk menjaga kualitas nama di SLIK OJK maka jangan sampai terlambat bahkan menunggak pembayaran pinjaman di pinjol ya! Apabila sudah meminjam dana di pinjol legal, maka kamu juga harus bertanggung jawab untuk membayar tiap cicilannya!