Biaya Kuliah Kedokteran UNPRI Medan Update

Salah satu pilihan bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan di bidang kedokteran adalah Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan.

UNPRI adalah salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki fakultas kedokteran yang terakreditasi B oleh LAM-PTKes.

Memiliki fasilitas dan kurikulum yang mendukung pembelajaran dan pengembangan kompetensi mahasiswa di bidang kedokteran.

Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar di UNPRI, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berapa biaya kuliah yang harus Anda keluarkan.

Biaya Kuliah Kedokteran UNPRI Medan Update

Biaya Pendaftaran Kedokteran UNPRI Medan

Untuk mendaftar di UNPRI, Anda harus mengikuti ujian saringan masuk (USM) yang diselenggarakan oleh universitas.

Biaya pendaftaran USM adalah Rp 500.000,-. Anda juga harus menyertakan dokumen-dokumen persyaratan seperti ijazah, rapor, kartu keluarga, KTP, pas foto, dan surat keterangan sehat dan berkelakuan baik.

Biaya Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA)

Biaya SPA adalah biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa baru sebagai kontribusi untuk pengembangan akademik universitas.

Besarnya biaya SPA bergantung pada hasil USM dan penjaringan prestasi. Biaya SPA untuk prodi kedokteran di UNPRI berkisar antara Rp 60.000.000,- hingga Rp 90.000.000,-.

Biaya Kuliah Per Semester Kuliah Kedokteran UNPRI Medan

Biaya kuliah per semester adalah biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa setiap semester untuk menutupi biaya operasional universitas seperti gaji dosen, pemeliharaan fasilitas, dan lain-lain. Biaya kuliah per semester untuk prodi kedokteran di UNPRI adalah Rp 15.000.000,-.

Selain biaya-biaya di atas, ada juga biaya lain-lain yang mungkin diperlukan oleh mahasiswa seperti biaya ospek, biaya praktikum, biaya skripsi, biaya wisuda, dan lain-lain. Biaya-biaya ini bervariasi tergantung pada kebijakan universitas dan kebutuhan mahasiswa.

Estimasi Total Biaya Kuliah Kedokteran UNPRI Medan

Jika Anda ingin menghitung perkiraan total biaya kuliah di UNPRI, Anda bisa menggunakan rumus berikut:

Total biaya kuliah = (biaya pendaftaran + biaya SPA + (biaya kuliah per semester x jumlah semester)) + biaya lain-lain

Misalnya, jika Anda mendapatkan biaya SPA sebesar Rp 70.000.000,- dan mengambil waktu kuliah selama 8 semester (4 tahun), maka total biaya kuliah Anda adalah:

Total biaya kuliah = (Rp 500.000,- + Rp 70.000.000,- + (Rp 15.000.000,- x 8)) + biaya lain-lain Total biaya kuliah = Rp 190.500.000,- + biaya lain-lain

Biaya lain-lain bisa mencapai sekitar Rp 10.000.000,- hingga Rp 20.000.000,- tergantung pada kegiatan dan kebutuhan Anda selama kuliah.

Jadi, estimasi total biaya kuliah di UNPRI untuk prodi kedokteran adalah sekitar Rp 200.500.000,- hingga Rp 210.500.000,-.

Fakultas apa aja di Unpri?

Ada 10 fakultas di UNPRI, yaitu:

  1. Fakultas Kedokteran Gigi
  2. Fakultas Keperawatan dan Kebidanan
  3. Kesehatan Masyarakat
  4. Ekonomi
  5. Teknologi dan Ilmu Komputer
  6. Agro Teknologi
  7. Fakultas Psikologi
  8. Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  9. Fakultas Hukum
  10. Fakultas Kedokteran

Apakah Unpri ada kelas malam?

Kelas malam tersedia untuk program studi non kesehatan (kecuali program studi S1 Agroteknologi dan S1 Agribisnis) dan untuk fakultas hukum, ekonomi, psikologi, dan teknik dan ilmu komputer. Anda bisa melihat jadwal dan prosedur pendaftaran kelas malam di situs resmi UNPRI.

Unpri Terakreditasi apa?

UNPRI memiliki 10 fakultas dan 42 program studi. Secara institusi, UNPRI telah mendapatkan akreditasi B (Baik sekali) dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) berdasarkan surat keputusan nomor 3606/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017.

Selain itu, setiap program studi di UNPRI juga memiliki akreditasi sendiri-sendiri, yang bervariasi dari B (Baik sekali) hingga C (Cukup). Anda bisa melihat daftar lengkap akreditasi program studi di UNPRI di situs resmi universitas.

Perbedaan kelas reguler dan kelas karyawan

Kelas reguler dan kelas karyawan adalah dua pilihan pola kuliah yang ditawarkan oleh beberapa perguruan tinggi, termasuk UNPRI (Universitas Prima Indonesia). Perbedaan utama antara kelas reguler dan kelas karyawan adalah:

Jadwal perkuliahan

Kelas reguler biasanya memiliki jadwal kuliah yang padat dari hari Senin hingga Jumat antara pukul 08.00 sampai 16.00, sedangkan kelas karyawan memiliki jadwal kuliah yang fleksibel, biasanya di sore atau malam hari antara pukul 17.00 sampai 23.00. Hal ini memungkinkan para karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan tanpa mengganggu pekerjaan mereka.

Biaya kuliah

Kelas karyawan biasanya memiliki biaya kuliah yang lebih mahal daripada kelas reguler13. Hal ini dikarenakan biaya operasional yang lebih tinggi, seperti biaya listrik, air, dan gaji dosen. Selain itu, kelas karyawan juga memiliki biaya tambahan seperti biaya NIT (Network and Information Technology) untuk program studi Teknik Informatika.

Jurusan yang tersedia

Tidak semua jurusan yang ada di perguruan tinggi tersedia untuk kelas karyawan. Biasanya, hanya jurusan-jurusan non kesehatan (kecuali program studi S1 Agroteknologi dan S1 Agribisnis) dan jurusan-jurusan seperti hukum, ekonomi, psikologi, dan teknik dan ilmu komputer yang bisa dipilih oleh kelas karyawan.

Gelar akademik:

Meskipun ada perbedaan pola, jadwal, dan biaya kuliah, gelar akademik beserta hak dan kewajiban lulusan kelas reguler sama saja dengan yang didapatkan lulusan kelas karyawan. Untuk itu, potensi peluang yang bisa didapatkan setelah lulus juga nantinya sama saja.

Kesimpulan

Biaya kuliah di UNPRI untuk prodi kedokteran memang tidak murah, tetapi masih terjangkau jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain yang menawarkan prodi serupa. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang baik dan fasilitas yang lengkap di UNPRI.

Jika Anda tertarik untuk mendaftar di UNPRI, Anda bisa mengunjungi website resmi universitas atau menghubungi call center resmi UNPRI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Comment

Scroll to Top