Biaya Kuliah S2 UGM Sarjana Maupun Pascasarjana

Program magister di UGM memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan akademik dan profesional mahasiswa dalam bidang ilmu tertentu, serta untuk menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Program magister di UGM juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan penelitian, publikasi, dan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun di luar negeri.

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi ke program magister di UGM, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah biaya kuliah.

Biaya kuliah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Biaya kuliah juga dapat menjadi beban bagi mahasiswa, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan finansial.

Lalu, berapa sebenarnya biaya kuliah S2 UGM? Apa saja program studi yang ditawarkan dan berapa biayanya? Bagaimana cara mengurus administrasi dan pembayaran biaya kuliah?

Berapa semester kuliah S2 UGM?

Jumlah semester kuliah S2 UGM tergantung pada program studi dan jalur penerimaan yang dipilih oleh mahasiswa.

Biaya Kuliah S2 UGM Sarjana Maupun Pascasarjana

Secara umum, program studi S2 UGM memiliki durasi minimal 4 semester dan maksimal 8 semester1. Namun, ada beberapa program studi yang memiliki durasi yang berbeda, misalnya:

  • Program Magister Pendidikan Profesi Akuntansi (MPPA) memiliki durasi 3 semester.
  • Magister Manajemen (MM) di Jakarta memiliki durasi 2 tahun atau 6 semester.
  • Program Magister Ilmu Hukum (MIH) di Jakarta memiliki durasi 1,5 tahun atau 4 semester.

Anda dapat melihat kalender akademik S2 UGM untuk mengetahui jadwal perkuliahan, ujian, dan kegiatan akademik lainnya pada setiap semester.

Program Studi S2 UGM dan Biaya Kuliahnya

UGM memiliki lebih dari 100 program studi S2 yang terbagi ke dalam 18 fakultas dan sekolah pascasarjana. Program studi S2 UGM memiliki dua jalur penerimaan, yaitu jalur reguler dan jalur non-reguler.

Jalur reguler adalah jalur penerimaan yang dilakukan melalui seleksi nasional pascasarjana (SNP) atau seleksi mandiri pascasarjana (SMP).

Jalur non-reguler adalah jalur penerimaan yang dilakukan melalui kerjasama dengan instansi atau lembaga tertentu.

Biaya kuliah S2 UGM untuk jalur reguler mengacu pada sistem uang kuliah tunggal (UKT), yaitu sistem pembayaran biaya pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk perguruan tinggi negeri.

UKT merupakan biaya pendidikan per semester yang harus dibayar oleh mahasiswa sesuai dengan kemampuan ekonominya. Tidak termasuk biaya lain seperti biaya pendaftaran, biaya perkuliahan tambahan (SKS melebihi batas maksimal), biaya ujian tesis, dan biaya wisuda.

Biaya kuliah S2 UGM untuk jalur non-reguler ditetapkan oleh masing-masing program studi sesuai dengan kesepakatan antara UGM dan instansi atau lembaga mitra. Biasanya lebih tinggi daripada biaya kuliah jalur reguler, namun dapat bervariasi tergantung pada jenis kerjasama, jumlah mahasiswa, fasilitas, dan lain-lain.

Berikut adalah daftar beberapa program studi S2 UGM beserta biaya kuliahnya per semester untuk jalur reguler tahun akademik 2023/2024:

Program Studi Biaya Kuliah
Biologi Rp11.000.000
Sains Akuntansi Rp11.000.000
Sains Ilmu Ekonomi Rp11.000.000
Magister Pendidikan Profesi Akuntansi Rp7.000.000
Magister Manajemen Rp11.000.000
Magister Ekonomi Pembangunan Rp14.000.000
Magister Manajemen (Yogyakarta) Rp17.000.000
Magister Manajemen (Jakarta) Rp25.000.000
Magister Akuntansi Rp10.000.000 (Reguler Beasiswa), Rp16.000.000 (Reguler Mandiri)
Magister Filsafat Rp9.000.000
Magister Ilmu Farmasi Rp15.000.000
Magister Farmasi Klinik Rp17.000.000
Magister Geografi Rp11.000.000
Magister Penginderaan Jauh Rp11.000.000
Magister Hukum Rp9.000.000
Magister Hukum Litigasi Rp9.000.000
Magister Hukum Kesehatan Rp11.000.000
Magister Ilmu Hukum (Yogyakarta) Rp9.000.000
Magister Ilmu Hukum (Jakarta) Rp18.000.000
Magister Hukum Kenotariatan Rp11.000.000
Magister Antropologi Rp9.000.000
Magister Arkeologi Rp9.000.000
Magister Linguistik Rp9.000.000
Magister Sastra Rp9.000.000
Magister Sejarah Rp9.000.000
Magister Pengkajian Amerika Rp9.000.000
Ilmu Kedokteran Gigi Rp13.000.000
Sain Veteriner Rp9.000.000
Fisika Rp11.000.000
Kimia Rp11.000.000
Ilmu Komputer Rp11.000.000
Magister Manajemen Informasi Rp13.000.000
Matematika Rp11.000.000

Apakah S2 UGM ada beasiswa?

S2 UGM ada beasiswa untuk beberapa program studi dan jalur penerimaan. Beasiswa S2 UGM diberikan dalam bentuk uang kuliah tunggal (UKT) yang besarnya bervariasi tergantung pada program studi dan jalur penerimaan yang dipilih.

Beberapa program studi yang menawarkan beasiswa S2 UGM adalah:

Magister Sains Akuntansi, Ilmu Ekonomi, dan Manajemen di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM melalui program Leader in Knowledge Development Scholarship 2022.

Magister Pendidikan Profesi Akuntansi, Magister Manajemen, Magister Ekonomi Pembangunan, Magister Akuntansi, dan Magister Filsafat di Sekolah Pascasarjana UGM melalui program Beasiswa Pendidikan Sekolah Pascasarjana UGM tahun ajaran 2021/2022.

Syarat Pendaftaran S2 UGM

Untuk melakukan pendaftaran S2 UGM, Anda harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh UGM, antara lain:

  1. Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
  2. Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S1 atau setara, dengan kriteria tertentu sesuai dengan akreditasi program studi;
  3. Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara, atau surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD bagi lulusan luar negeri;
  4. Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat) dengan skor minimal sesuai dengan jenis tes dan program studi;
  5. Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat) dengan skor minimal sesuai dengan jenis tes dan program studi.

Mengurus Administrasi dan Pembayaran Biaya Kuliah S2 UGM

Setelah Anda diterima sebagai mahasiswa S2 UGM, Anda harus mengurus administrasi dan pembayaran biaya kuliah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Mendaftar ulang secara online melalui laman https://um-pascaugm.id dengan menggunakan nomor pendaftaran dan password yang diberikan oleh UGM.
  2. Membayar biaya pendaftaran ulang sebesar Rp500.000 melalui bank mitra UGM, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, atau BTN, dengan menggunakan nomor virtual account yang diberikan oleh UGM.
  3. Mencetak bukti pembayaran biaya pendaftaran ulang dan kartu tanda mahasiswa sementara (KTM-S) dari laman https://um-pascaugm.id
  4. Mengisi formulir registrasi mahasiswa baru secara online melalui laman https://simaster.pascaugm.ac.id dengan menggunakan nomor pendaftaran dan password yang diberikan oleh UGM.
  5. Membayar biaya kuliah pertama sesuai dengan program studi dan jalur penerimaan yang dipilih melalui bank mitra UGM, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, atau BTN, dengan menggunakan nomor virtual account yang diberikan oleh UGM.
  6. Mencetak bukti pembayaran biaya kuliah pertama dari laman https://simaster.pascaugm.ac.id.
  7. Mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh UGM secara online atau offline sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  8. Mengambil KTM-S, buku panduan akademik, dan jas almamater di bagian administrasi masing-masing program studi.
  9. Melakukan registrasi akademik secara online melalui laman https://simaster.pascaugm.ac.id/ dengan memilih mata kuliah yang akan diambil pada semester pertama.
  10. Membayar biaya kuliah berikutnya sesuai dengan jumlah SKS yang diambil pada setiap semester melalui bank mitra UGM, yaitu dengan nomor virtual account yang diberikan oleh UGM. Mencetak bukti pembayaran biaya kuliah berikutnya dari laman https://simaster.pascaugm.ac.id/. Mengambil KTM permanen di bagian administrasi masing-masing program studi setelah menyelesaikan semester pertama.

Demikianlah langkah-langkah mengurus administrasi dan pembayaran biaya kuliah S2 UGM. Anda harus memperhatikan batas waktu dan ketentuan yang berlaku untuk setiap prosesnya.

Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, Anda dapat menghubungi bagian administrasi program studi yang Anda pilih atau layanan informasi UGM di nomor telepon (0274) 6491923 atau email info@ugm.ac.id.

Kesimpulan

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana di universitas ini.

Biaya kuliah S2 UGM bervariasi tergantung pada program studi dan jalur penerimaan yang dipilih. Biaya kuliah S2 UGM untuk jalur reguler mengacu pada sistem UKT, sedangkan biaya kuliah S2 UGM untuk jalur non-reguler ditetapkan oleh masing-masing program studi sesuai dengan kesepakatan dengan instansi atau lembaga mitra.

Jika Anda tertarik untuk melanjutkan studi ke program magister di UGM, Anda dapat mengunjungi situs web resmi UGM atau situs web masing-masing fakultas dan sekolah pascasarjana untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan terbaru.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top