Biaya Kuliah S2 UI Kelas Reguler Karyawan dan Internasional

Universitas Indonesia (UI) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia yang menawarkan berbagai program studi, termasuk program pascasarjana atau S2.

Banyak orang yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di UI karena kualitas dan reputasinya yang baik, baik di dalam maupun luar negeri. Namun, sebelum mendaftar, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu biaya kuliah S2 UI yang harus disiapkan.

Biaya kuliah S2 UI terdiri dari dua jenis, yaitu biaya operasional (BOP) dan uang pangkal (UP). BOP adalah biaya yang dibayarkan setiap semester, sedangkan UP adalah biaya yang dibayarkan pada saat awal kuliah yaitu pada semester 1. Biaya kuliah S2 UI bervariasi tergantung pada program studi, kelas, dan jalur masuk yang dipilih.

Skor Toefl untuk S2 UI

Skor TOEFL untuk S2 UI tergantung pada program studi, kelas, dan jalur masuk yang dipilih. Berdasarkan hasil pencarian web, berikut adalah beberapa informasi yang dapat saya berikan:

Biaya Kuliah S2 UI Kelas Reguler Karyawan dan Internasional

  1. Untuk program studi magister di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), skor TOEFL minimal setara 450 (500 bagi yang memilih Program Studi Linguistik) yang dikeluarkan oleh TOEFL Internasional atau TOEFL yang dikeluarkan Lembaga Bahasa Internasional (LBI) FIB UI.
  2. Program studi magister di Fakultas Kedokteran (FK), skor TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 6.
  3. Untuk program studi magister di Fakultas Teknik (FT), skor TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 6.5.
  4. Program studi magister di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), skor TOEFL minimal 550 atau IELTS minimal 6.5.
  5. Program studi magister di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), skor TOEFL minimal 550 atau IELTS minimal 6.5.

Ini adalah beberapa contoh saja, Anda dapat mengecek persyaratan pendaftaran program studi magister lainnya di laman Penerimaan UI (pada masa pendaftaran.

Biaya Kuliah S2 UI untuk Kelas Reguler

Kelas reguler adalah kelas yang mengikuti jadwal perkuliahan normal, yaitu pada hari Senin sampai Jumat, mulai dari pukul 07.00 sampai 17.00.

Reguler biasanya memiliki kuota mahasiswa yang lebih banyak daripada kelas karyawan. Untuk kelas reguler, biaya BOP berkisar antara Rp 11.000.000 – Rp 31.000.000 per semester. Biaya UP berkisar antara Rp 5.000.000 – Rp 15.000.000.

Biaya Kuliah S2 UI untuk Kelas Karyawan

Kelas karyawan adalah kelas yang mengakomodasi mahasiswa yang bekerja, sehingga jadwal perkuliahan dilakukan pada malam hari atau akhir pekan.

Biasanya memiliki kuota mahasiswa yang lebih sedikit daripada kelas reguler, namun memiliki persyaratan akademik yang lebih ketat.

Untuk kelas karyawan, biaya BOP berkisar antara Rp 15.000.000 – Rp 35.000.000 per semester. Biaya UP berkisar antara Rp 10.000.000 – Rp 20.000.000.

Biaya Kuliah S2 UI untuk Kelas Internasional

Kelas internasional adalah kelas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan memiliki standar akademik yang setara dengan universitas internasional.

Kelas internasional biasanya ditujukan untuk mahasiswa asing atau mahasiswa lokal yang ingin mendapatkan gelar ganda atau sertifikat internasional.

Untuk kelas internasional, biaya BOP berkisar antara Rp 25.000.000 – Rp 45.000.000 per semester1. Biaya UP berkisar antara Rp 15.000.000 – Rp 25.000.000.

Biaya Kuliah S2 UI untuk Jalur Nasional

Jalur nasional adalah jalur masuk yang menggunakan hasil tes nasional sebagai salah satu syarat seleksi, yaitu tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Memiliki kuota mahasiswa yang paling banyak dan persaingan yang paling ketat di antara jalur masuk lainnya. Untuk jalur nasional, biaya BOP dan UP sama dengan biaya kuliah S2 UI untuk kelas reguler.

Biaya Kuliah S2 UI untuk Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur masuk yang menggunakan hasil tes mandiri sebagai salah satu syarat seleksi, yaitu tes Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK) dan tes Seleksi Jalur Prestasi (SJP).

Memiliki kuota mahasiswa yang lebih sedikit daripada jalur nasional, namun memiliki persyaratan akademik yang lebih fleksibel dan beragam di antara program studi.

Untuk jalur mandiri, biaya BOP dan UP sama dengan biaya kuliah S2 UI untuk kelas reguler atau kelas karyawan, tergantung pada pilihan kelas.

Biaya Kuliah S2 UI untuk Jalur Kerjasama

Jalur kerjasama adalah jalur masuk yang menggunakan hasil tes kerjasama sebagai salah satu syarat seleksi, yaitu tes Program Pendidikan Kemitraan dan Bantuan Pendidikan (PPKB) dan tes Seleksi Jalur Profesi (SJP).

Ditujukan untuk mahasiswa yang berasal dari instansi atau lembaga tertentu yang memiliki kerjasama dengan UI, seperti pemerintah, swasta, atau organisasi non-pemerintah.

Untuk jalur kerjasama, biaya BOP dan UP sama dengan biaya kuliah S2 UI untuk kelas reguler, kelas karyawan, atau kelas internasional, tergantung pada pilihan kelas dan program studi.

Biaya Lain-lain

Selain biaya BOP dan UP, mahasiswa S2 UI juga harus membayar biaya lain-lain, seperti biaya pendaftaran, biaya tes, biaya skripsi atau tesis, biaya wisuda, dan biaya lainnya.

Biaya pendaftaran

Adalah biaya yang dibayarkan pada saat mendaftar ke UI melalui jalur masuk tertentu. Biaya pendaftaran untuk S2 UI saat ini sebesar Rp 1.300.000.

Biaya tes

Adalah biaya yang dibayarkan untuk mengikuti tes seleksi masuk UI, baik tes nasional maupun tes mandiri. Biaya tes untuk S2 UI saat ini sebesar Rp 500.000.

Biaya skripsi atau tesis

Adalah biaya yang dibayarkan untuk menyelesaikan skripsi atau tesis sebagai syarat kelulusan S2 UI. Biaya skripsi atau tesis untuk S2 UI saat ini sebesar Rp 3.000.000.

Biaya wisuda

Adalah biaya yang dibayarkan untuk mengikuti upacara wisuda sebagai tanda kelulusan S2 UI. Biaya wisuda untuk S2 UI saat ini sebesar Rp 1.500.000.

Biaya lainnya

Adalah biaya yang dibayarkan untuk keperluan lain yang berkaitan dengan perkuliahan S2 UI, seperti biaya perpustakaan, biaya laboratorium, biaya seminar, biaya studi lapangan, dan lain-lain. Biaya lainnya untuk S2 UI bervariasi tergantung pada program studi dan kegiatan akademik.

Semoga bermanfaat bagi Anda yang berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di UI. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum mendaftar. Selamat berjuang!

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Comment

Scroll to Top