Biaya Packing Kayu J&T : Syarat Benarkah Wajib Asuransi?

Jika Anda ingin mengirim barang yang mudah pecah atau rusak, seperti laptop, handphone, atau kerajinan kaca, Anda mungkin perlu menggunakan packing kayu untuk melindungi barang Anda.

Packing kayu adalah salah satu jenis pengemasan tambahan yang ditawarkan oleh J&T Express, salah satu jasa pengiriman paket yang populer di Indonesia. Namun, berapa biaya packing kayu J&T dan apa saja syarat dan ketentuannya? Simak ulasan berikut ini.

Apa itu Packing Kayu J&T?

Packing kayu J&T adalah layanan pengemasan paket dengan menggunakan kayu sebagai bahan utama. Bertujuan untuk memberikan perlindungan ekstra bagi barang yang rentan terhadap benturan, tekanan, atau suhu. Juga bisa digunakan untuk mengirim barang yang memiliki ukuran besar atau bentuk yang tidak standar.

Packing kayu J&T biasanya dilakukan oleh petugas J&T di kantor cabang terdekat. Anda bisa membawa barang yang ingin dikirim ke kantor cabang dan meminta petugas untuk melakukan packing kayu. Namun, sebelumnya Anda harus memastikan bahwa barang Anda memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Biaya Packing Kayu J&T : Syarat Benarkah Wajib Asuransi?

Baca Juga : Pengalaman Menggunakan Aplikasi COD j&t Gak Ribet Lho

Syarat dan Ketentuan Packing Kayu J&T

Berikut ini adalah beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda perhatikan jika ingin menggunakan packing kayu J&T:

Barang yang akan dikirim harus dikemas dengan baik menggunakan packing kayu agar bisa selamat sampai tujuan. Jika ada kerugian akibat pengemasan pribadi, maka tanggung jawab sepenuhnya ada pada pengirim.

Pihak J&T memiliki hak untuk memeriksa barang yang akan dikirimkan ke penerima. Dimensi, ukuran, atau berat barang dijadikan sebagai acuan untuk menentukan biaya pengiriman. Jika ada penambahan berat dalam kemasan, maka akan ada biaya tambahan.

Baca Juga : Solusi Cek Resi J&T Tidak Bergerak Saya Harus Bagaimana

Packing kayu tidak diperbolehkan untuk mengirim barang-barang yang melanggar peraturan, seperti senjata tajam, jenazah, logam mulia, perhiasan berharga, obat terlarang, binatang, surat berharga, amunisi, uang, bahan mudah terbakar, dan sebagainya.

Disarankan bagi pengguna untuk menggunakan asuransi pengiriman barang yang disediakan oleh J&T. Bagi yang menggunakan asuransi, akan mendapatkan ganti rugi sebesar Rp20.000.000 atau seharga barangnya. Jika dokumen, ganti ruginya maksimal Rp2.000.000 untuk yang rusak atau hilang.

Jika tidak menggunakan asuransi, ganti ruginya maksimal 10 kali ongkos kirim atau seharga nilai barang terendah. Jumlah ganti ruginya untuk dokumen adalah Rp100.000, sedangkan untuk paket adalah Rp1.000.000.

Biaya Packing Kayu J&T

Biaya packing kayu J&T tergantung pada ukuran dan jenis barang yang akan dikirim, serta jarak pengiriman yang dituju. Untuk mengetahui estimasi biaya packing kayu, Anda bisa menghubungi customer service J&T di nomor telepon 021-8066-1888 atau mengunjungi kantor cabang terdekat.

Baca Juga : Cuma Segini Ongkos Kirim HP Lewat J&T Jadi Untung Besar

Umumnya, biaya packing kayu berkisar antara Rp20.000 hingga Rp100.000. Biaya ini variatif karena model packing bisa berbeda, seperti full atau jarang-jarang. Selain itu, biaya packing kayu juga termasuk ke dalam biaya tambahan, yang berarti Anda harus menambahkan biaya pengiriman dan asuransi (jika ada) ke dalam total biaya pengiriman.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengirim laptop dari Jakarta ke Surabaya dengan menggunakan packing kayu J&T, maka biaya pengirimannya adalah sebagai berikut:

  • Berat laptop dengan baterai dan charger: 2 kg
  • Pengiriman J&T: Rp50.000
  • Packing kayu J&T: Rp100.000
  • Biaya asuransi pengiriman J&T (0,2% x Rp7.000.000) + Rp5.000: Rp19.005
  • Total biaya pengiriman: Rp169.005

Baca Juga : Apakah J&T Bisa Mengirim Paket ke Luar Negeri?

Cara Packing Kayu Menggunakan J&T

Jika Anda ingin menggunakan packing kayu J&T, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Bawa barang yang ingin dikirim ke kantor cabang J&T terdekat. Pastikan barang Anda memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
  2. Serahkan barang Anda kepada petugas J&T dan minta untuk melakukan packing kayu. Petugas akan memeriksa barang Anda dan mengukur dimensi, ukuran, dan beratnya.
  3. Petugas akan melakukan packing kayu sesuai dengan model yang Anda inginkan. Anda bisa memilih packing kayu full atau jarang-jarang. Packing kayu full berarti seluruh permukaan barang ditutupi oleh kayu, sedangkan packing kayu jarang-jarang berarti hanya sebagian permukaan barang yang ditutupi oleh kayu.
  4. Setelah packing kayu selesai, petugas akan menimbang kembali barang Anda dan menghitung biaya pengiriman, termasuk biaya packing kayu dan asuransi (jika ada).
  5. Bayar biaya pengiriman sesuai dengan jumlah yang ditentukan oleh petugas. Anda akan mendapatkan nomor resi yang bisa digunakan untuk melacak status pengiriman barang Anda.
  6. Tunggu sampai barang Anda sampai di tujuan dengan selamat.

Baca Juga : Cek Resi JNT Berdasarkan Nama Penerima

Demikianlah ulasan tentang biaya packing kayu J&T untuk kirim laptop dan barang fragile. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengirim barang dengan menggunakan packing kayu J&T. Selamat mencoba!

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Comment

Scroll to Top