Cara Cetak Tiket Kereta Api Dengan Kode Booking

Anda sudah memesan tiket kereta api secara online, tetapi belum mencetak tiketnya? Jangan khawatir, Anda dapat mencetak tiket kereta api Anda dengan mudah menggunakan kode booking yang Anda dapatkan saat melakukan pemesanan.

Kode booking adalah kode unik yang terdiri dari 6 karakter huruf dan angka yang digunakan untuk mengidentifikasi pemesanan Anda.

Apakah Wajib Cetak Tiket Online Kereta Api

Tiket online kereta api tidak harus dicetak, tetapi boleh dilakukan jika Anda ingin berjaga-jaga. Anda cukup menunjukkan kode booking tiket Anda yang bisa Anda dapatkan melalui sms, email, atau aplikasi tempat Anda membeli tiket.

Anda bisa scan QR Code tiket Anda di scanner yang tersedia di stasiun. Namun, Anda harus mencetak tiket Anda minimal 10 menit sebelum jadwal keberangkatan, jika tidak tiket Anda akan hangus.

Cara Cetak Tiket Kereta Api dengan Kode Booking

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencetak tiket kereta api Anda dengan kode booking:

Cara Cetak Tiket Kereta Api Dengan Kode Booking

  • Kunjungi situs web resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau aplikasi KAI Access di smartphone Anda.
  • Pilih menu “Cetak Ulang Tiket” atau “E-Ticket” pada halaman utama.
  • Masukkan kode booking Anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik “Cari”.
  • Anda akan melihat detail pemesanan Anda, termasuk nama, nomor identitas, nomor kereta, kelas, tanggal, jam, stasiun asal, dan stasiun tujuan Anda.
  • Klik “Cetak Tiket” atau “Download E-Ticket” untuk mendapatkan tiket Anda dalam format PDF.
  • Buka file PDF tiket Anda, kemudian cetak menggunakan printer yang tersedia. Pastikan Anda mencetak tiket Anda dalam ukuran kertas A4 dan menggunakan tinta hitam.
  • Simpan tiket Anda dengan baik dan bawa bersama Anda saat melakukan perjalanan. Anda juga harus membawa identitas asli Anda yang sesuai dengan nama pada tiket Anda.

Lokasi Cetak Tiket Kereta Api

Anda bisa mencetak tiket kereta api di mesin Check-in Counter yang tersedia di semua stasiun yang melayani kereta api jarak jauh.

Tidak harus mencetak tiket di stasiun keberangkatan Anda, tetapi Anda bisa melakukannya di stasiun antara sesuai dengan relasi tiket Anda.

Baca Juga : Cara Membayar KAI Access yang Menunggu Pembayaran

Juga bisa mencetak tiket Anda melalui situs web resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) di www.kereta-api.co.id atau aplikasi KAI Access di smartphone Anda.

Hanya perlu memasukkan kode booking Anda yang terdiri dari 6 karakter huruf dan angka, kemudian mencetak tiket Anda dalam format PDF. Anda juga bisa menunjukkan e-boarding pass yang bisa Anda dapatkan melalui aplikasi KAI Access, dan scan QR Code tiket Anda di scanner yang tersedia di stasiun.

Bisakah Cetak Tiket Kereta di Indomaret?

Anda bisa cetak tiket kereta di Indomaret. Cara untuk melakukan hal ini, yaitu melalui kasir atau mesin pemesanan di Indomaret. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Datang ke Indomaret terdekat dengan membawa kode booking tiket kereta yang Anda dapatkan saat melakukan pemesanan secara online.
  • Menuju kasir Indomaret dan menjelaskan pada petugas kasir Indomaret ingin mencetak tiket kereta dengan kode booking.
  • Petugas kasir akan memasukkan kode booking Anda dan mengecek detail pemesanan Anda.
  • Setelah itu, petugas kasir akan mencetak tiket kereta Anda dan memberikannya kepada Anda.
  • Simpan tiket kereta Anda dengan baik dan bawa bersama Anda saat melakukan perjalanan.

Baca Juga : Bagaimana Jika Sudah Bayar KAI Tapi Belum Dapat Tiket

Cara Naik Kereta Untuk Pemula

Naik kereta api bisa menjadi pilihan yang menyenangkan dan praktis untuk bepergian, baik dalam kota maupun antar kota. Jika Anda belum pernah naik kereta api sebelumnya, Anda mungkin merasa bingung atau khawatir tentang cara naik kereta api yang benar.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena saya akan memberikan beberapa tips dan langkah-langkah cara naik kereta api untuk pemula yang mudah dan aman. Berikut adalah cara naik kereta api untuk pemula:

Cara Naik Kereta Untuk Pemula

Pesan tiket kereta api secara online

Memesan tiket kereta api melalui situs web resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) di www.kereta-api.co.id atau aplikasi KAI Access di smartphone Anda. Anda bisa memilih stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal, jam, kelas, dan kursi yang Anda inginkan.

Baca Juga : Kenapa Tidak Bisa Menambahkan Tiket di KAI Access

Juga bisa membayar tiket kereta api dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia, seperti LinkAja, transfer bank, kartu kredit, atau Indomaret. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan kode booking yang terdiri dari 6 karakter huruf dan angka yang digunakan untuk mengidentifikasi pemesanan Anda.

Datang lebih awal ke stasiun

Disarankan untuk datang ke stasiun minimal satu jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Hal ini untuk menghindari kemacetan, antrean, atau hal-hal yang tidak terduga yang bisa membuat Anda ketinggalan kereta. Anda juga bisa memeriksa jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api melalui situs web atau aplikasi KAI Access.

Lakukan check-in dan cetak boarding pass

Harus melakukan check-in dan mencetak boarding pass sebelum naik kereta api. Anda bisa melakukan check-in melalui aplikasi KAI Access mulai 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Anda juga bisa melakukan check-in melalui mesin check-in mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun keberangkatan.

Hanya perlu memasukkan kode booking Anda dan mengikuti instruksi yang ada di layar. Setelah itu, Anda bisa mencetak boarding pass Anda yang berisi nama, nomor identitas, nomor kereta, kelas, tanggal, jam, stasiun asal, dan stasiun tujuan Anda.

Baca Juga : Cara Cetak Ulang Boarding Pass Kereta Api

Siapkan boarding pass dan kartu identitas untuk masuk ke peron

Setelah mendapatkan boarding pass, Anda harus menunjukkan boarding pass dan kartu identitas Anda kepada petugas yang berada di pintu masuk peron. Pastikan nama dan nomor identitas Anda sesuai dengan yang tertera di boarding pass Anda. Jika tidak, Anda bisa ditolak untuk masuk ke peron.

Tunggu kereta api datang di peron

Melihat nomor peron dan nomor kereta Anda di boarding pass Anda. Anda juga bisa melihat informasi tersebut di papan pengumuman yang ada di stasiun. Pastikan Anda berada di peron yang sesuai dengan nomor kereta Anda.

Jika Anda bingung, Anda bisa bertanya kepada petugas atau penumpang lain yang ada di stasiun. Jika kereta api sudah datang, Anda bisa naik ke kereta sesuai dengan nomor kursi Anda yang tertera di boarding pass Anda.

Nikmati perjalanan Anda dengan kereta api

Selama perjalanan, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, atau berbincang dengan teman atau penumpang lain.

Baca Juga : Cara Mengunduh E-Boarding Pass KAI Via Aplikasi Mudah

Bisa memesan makanan atau minuman yang disediakan oleh pramugari kereta api. Anda juga bisa menggunakan fasilitas yang ada di kereta api, seperti toilet, stop kontak, atau wifi. Pastikan Anda menjaga kebersihan, kenyamanan, dan keamanan Anda dan penumpang lain selama perjalanan.

Turun dari kereta api di stasiun tujuan

Jika Anda sudah sampai di stasiun tujuan Anda, Anda bisa turun dari kereta api dengan membawa barang bawaan Anda. Pastikan Anda tidak meninggalkan barang-barang Anda di kereta.

Mengecek kembali barang bawaan Anda sebelum turun dari kereta. Jika Anda lupa atau kehilangan barang bawaan Anda, Anda bisa melapor kepada petugas kereta api atau stasiun.

Keluar dari stasiun dengan menunjukkan boarding pass Anda

Setelah turun dari kereta api, Anda harus menunjukkan boarding pass Anda kepada petugas yang berada di pintu keluar peron. Pastikan Anda tidak kehilangan boarding pass Anda, karena boarding pass Anda adalah bukti bahwa Anda sudah membayar tiket kereta api.

Baca Juga : Batas Waktu Cetak Boarding Pass Kereta Api

Jika Anda kehilangan boarding pass Anda, Anda bisa dikenakan denda oleh petugas. Setelah itu, Anda bisa keluar dari stasiun dan melanjutkan perjalanan Anda dengan transportasi lain yang tersedia di sekitar stasiun.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda untuk naik kereta api dengan mudah dan aman. Selamat mencoba dan selamat bepergian dengan kereta api!

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Comment

Scroll to Top