Cara Membuat Folder di Google Drive Pemula Wajib Bisa

Google Drive adalah platform penyimpanan awan yang populer yang memungkinkan Anda menyimpan, mengelola, dan berbagi file dengan mudah.

Salah satu fitur penting yang ditawarkan oleh Google Drive adalah kemampuan untuk membuat folder, yang memungkinkan Anda mengorganisir file Anda secara terstruktur.

Jika Anda ingin memulai dengan Google Drive dan ingin tahu cara membuat folder, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Buka Google Drive

Buka browser web dan kunjungi situs web Google Drive di alamat drive.google.com. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Google yang ingin Anda gunakan untuk membuat folder.

Pilih Lokasi untuk Folder

Di halaman Google Drive, perhatikan panel navigasi di sebelah kiri. Anda dapat memilih tempat di mana Anda ingin membuat folder baru.

Misalnya, Anda dapat memilih “My Drive” (Drive Saya) untuk membuat folder di direktori utama Google Drive, atau memilih folder yang sudah ada untuk membuat subfolder di dalamnya.

Klik Tombol “Buat”

Cara Membuat Folder di Google Drive Pemula Wajib Bisa

Setelah Anda memilih lokasi untuk folder baru, klik tombol “Buat” yang berada di bagian atas layar. Setelah itu, akan muncul menu drop-down dengan beberapa opsi.

Pilih “Folder”

Dalam menu drop-down, pilih opsi “Folder”. Ini akan memulai proses pembuatan folder baru di Google Drive.

Beri Nama pada Folder

Setelah memilih opsi “Folder”, akan muncul dialog pop-up di mana Anda dapat memberi nama pada folder baru Anda.

Baca juga: Sejarah Dunia yang Disembunyikan pdf Google (Jonathan Black)

Ketikkan nama yang sesuai untuk folder tersebut. Pastikan nama folder tersebut dapat dengan jelas menggambarkan konten atau jenis file yang akan Anda simpan di dalamnya.

Klik “Buat”

Setelah memberi nama pada folder baru Anda, klik tombol “Buat”. Folder baru Anda sekarang akan dibuat dan ditampilkan di lokasi yang Anda pilih sebelumnya di Google Drive.

Pindahkan File ke Folder

Cara Membuat Folder di Google Drive Pemula Wajib Bisa

Setelah folder baru Anda dibuat, Anda dapat memindahkan file ke dalamnya. Caranya, cukup seret dan letakkan file yang ingin Anda pindahkan ke folder yang sesuai.

Anda juga dapat membuat subfolder di dalam folder baru tersebut dengan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti di atas.

Baca juga: Cara Melihat Cadangan WhatsApp di Google Drive Begini Caranya

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat folder baru di Google Drive dengan mudah. Folder tersebut akan membantu Anda mengorganisir file Anda sehingga mudah ditemukan dan diakses.

Cara sharing folder di Google Drive

sharing folder di Google Drive

Jika Anda ingin berkolaborasi dengan rekan kerja, teman, atau keluarga, berbagi folder di Google Drive adalah cara yang efisien untuk berbagi dan mengakses file bersama-sama.

Baca juga: Google One Adalah Manfaat, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Buka Google Drive

Buka browser web dan kunjungi situs web Google Drive di alamat drive.google.com. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Google yang ingin Anda gunakan untuk berbagi folder.

Pilih Folder yang Ingin Dibagikan

Di halaman Google Drive, temukan folder yang ingin Anda bagikan. Anda dapat menavigasi melalui struktur folder Anda atau menggunakan fitur pencarian untuk menemukan folder yang tepat.

Klik Kanan pada Folder

Klik kanan pada folder yang ingin Anda bagikan. Ini akan membuka menu konteks dengan berbagai opsi.

Baca juga: Sejarah Dunia yang Disembunyikan pdf Google (Jonathan Black)

Pilih “Bagikan”

Dalam menu konteks, pilih opsi “Bagikan”. Ini akan membuka jendela “Bagikan dengan orang lain” yang mengatur opsi berbagi.

Tentukan Pengaturan Berbagi

Di jendela “Bagikan dengan orang lain”, Anda memiliki beberapa opsi pengaturan berbagi yang dapat Anda atur sesuai kebutuhan:

Masukkan alamat email: Anda dapat memasukkan alamat email orang-orang yang ingin Anda bagikan folder tersebut. Anda juga dapat memilih level akses, seperti “Can edit” (Dapat mengedit) atau “Can view” (Dapat melihat saja).

Bagikan tautan: Anda dapat membuat tautan berbagi yang dapat Anda kirimkan kepada orang lain. Anda dapat mengatur level akses pada tautan ini, seperti “Can edit” (Dapat mengedit) atau “Can view” (Dapat melihat saja).

Atur izin: Jika Anda ingin mengatur izin khusus untuk setiap orang yang Anda bagikan folder, Anda dapat mengklik opsi “Lainnya” di bagian bawah jendela dan menyesuaikan pengaturan izin secara detail.

Baca juga: Cara Melihat Cadangan WhatsApp di Google Drive Begini Caranya

Klik “Bagikan”

Setelah Anda mengatur pengaturan berbagi yang sesuai, klik tombol “Bagikan”. Google Drive akan mengirim undangan berbagi ke orang-orang yang Anda pilih atau menghasilkan tautan berbagi yang dapat Anda salin dan kirimkan kepada mereka.

Setelah folder Anda dibagikan, Anda dapat mengelola izin berbagi kapan saja. Untuk melakukannya, klik kanan pada folder yang dibagikan, pilih “Bagikan” dalam menu konteks, dan Anda akan melihat daftar orang yang memiliki akses. Anda dapat mengedit, menghapus, atau menambahkan pengguna baru sesuai kebutuhan.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Comment

Scroll to Top