Cara Menghilangkan Cadangan Google Drive di WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan yang sangat populer di seluruh dunia. Aplikasi ini memiliki fitur untuk mencadangkan chat dan data lainnya ke Google Drive, sehingga pengguna bisa memulihkan data pentingnya jika terjadi sesuatu dengan ponselnya.

Namun, ada beberapa alasan mengapa pengguna mungkin ingin menghapus cadangan Google Drive di WhatsApp, misalnya:

Meningkatkan Keamanan Data

Data WhatsApp yang dicadangkan ke Google Drive tidak dilindungi oleh enkripsi end-to-end, yang artinya data tersebut bisa diakses oleh pihak ketiga yang tidak berwenang. Jika pengguna khawatir tentang privasi dan keamanan data mereka, maka menghapus cadangan Google Drive bisa menjadi pilihan.

Cara Menghilangkan Cadangan Google Drive di WhatsApp

Menghemat Ruang Penyimpanan

Data WhatsApp yang dicadangkan ke Google Drive bisa memakan ruang penyimpanan yang cukup besar, tergantung pada jumlah chat dan media yang disimpan. Jika pengguna memiliki ruang penyimpanan Google Drive yang terbatas atau ingin menggunakannya untuk hal lain, maka menghapus cadangan Google Drive bisa membantu mengosongkan ruang penyimpanan tersebut.

Menghindari Duplikasi Data

Jika pengguna sudah mencadangkan data WhatsApp ke penyimpanan internal ponsel atau kartu SD, maka mencadangkan data tersebut ke Google Drive bisa dianggap sebagai duplikasi data yang tidak perlu. Menghapus cadangan Google Drive bisa mengurangi beban data dan mempercepat proses pencadangan dan pemulihan.

Menghilangkan Cadangan Google Drive di WhatsApp

Lalu, bagaimana cara menghilangkan cadangan Google Drive di WhatsApp? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Drive di ponsel Anda. Pastikan Anda sudah masuk dengan akun Google yang sama dengan yang digunakan untuk mencadangkan data WhatsApp.
  2. Klik ikon tiga garis horizontal di pojok kiri atas layar untuk membuka menu.
  3. Pilih opsi Cadangan untuk melihat daftar file cadangan yang ada di Google Drive Anda.Cara Menghilangkan Cadangan Google Drive di WhatsApp
  4. Cari file cadangan WhatsApp yang ingin Anda hapus. Biasanya file tersebut memiliki nama “WhatsApp (nomor telepon) backup”. Jika Anda memiliki lebih dari satu nomor telepon yang terdaftar di WhatsApp, pastikan Anda memilih file cadangan yang sesuai dengan nomor telepon yang ingin Anda hapus cadangannya.
  5. Klik ikon tiga titik vertikal di sebelah kanan file cadangan WhatsApp untuk membuka menu.
  6. Pilih opsi Hapus Cadangan untuk menghapus file cadangan tersebut dari Google Drive Anda. Akan muncul konfirmasi bahwa Anda akan menghapus cadangan secara permanen dan tidak bisa dipulihkan lagi. Klik HAPUS untuk melanjutkan.

Tunggu hingga proses penghapusan selesai. Anda bisa memeriksa kembali menu Cadangan untuk memastikan bahwa file cadangan WhatsApp sudah tidak ada lagi.

Lokasi file Cadangan WhatsApp di Google Drive

File cadangan WhatsApp di Google Drive disimpan di folder “WhatsApp”. Folder ini terletak di root folder akun Google Anda.

Untuk menemukan file cadangan WhatsApp di Google Drive, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Google Drive di ponsel atau komputer Anda.
  2. Ketuk ikon tiga titik di sudut kiri atas layar.
  3. Pilih “File saya”.
  4. Gulir ke bawah dan cari folder “WhatsApp”.
  5. File cadangan WhatsApp akan memiliki nama yang terdiri dari nomor telepon Anda dan tanggal cadangan.

Lokasi file Cadangan WhatsApp di Google Drive

Berikut adalah contoh nama file cadangan WhatsApp:

2023-10-19_15-23-45_0000000000000000

File cadangan WhatsApp memiliki ekstensi “.txt”. File ini berisi data riwayat chat, media, dan pengaturan WhatsApp Anda.

Baca Juga : Aplikasi WhatsApp Tidak Bisa Dibuka Di Laptop

Anda juga dapat menggunakan pencarian di Google Drive untuk menemukan file cadangan WhatsApp. Untuk melakukannya, ketik “WhatsApp” di kotak pencarian.

Jika Anda tidak dapat menemukan file cadangan WhatsApp di Google Drive, kemungkinan besar Anda tidak memiliki akun Google yang terkait dengan WhatsApp Anda.

Untuk mengonfirmasi, buka WhatsApp dan ketuk “Opsi lainnya” > “Setelan” > “Chat” > “Cadangan chat”. Di bawah “Cadangkan ke Google Drive”, pastikan bahwa akun Google yang benar dipilih.

Perlu diingat bahwa jika Anda menghapus cadangan Google Drive, maka Anda tidak bisa lagi memulihkan data WhatsApp dari Google Drive jika Anda mengganti ponsel atau menginstal ulang aplikasi WhatsApp.

Baca Juga : Kenapa Saat Mencadangkan Pesan WhatsApp Lama?

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memiliki salinan data WhatsApp di tempat lain sebelum menghapus cadangan Google Drive.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top