Gunakan aplikasi di bawah untuk cek resi secara cepat

Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Laut Panduan Lengkap

Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Laut Panduan Lengkap – Jalur transportasi pengiriman barang saat ini bervariatif mulai dari jalur darat, laut dan udara.

Akan tetapi pada pembahasan kali ini, kami hanya akan fokus membahas cara pengiriman barang khususnya melalui jalur laut yang tentunya menggunakan kapal laut.

Advertisements

Tips Bagi Pemula Bagaimana Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Laut

Perhatikan jenis barang

Sebelum mengirim barang, carilah informasi mengenai jenis barang yang akan anda kirim. Apakah barang tersebut masuk kategori barang aman atau berbahaya. Terlebih bagi anda yang akan mengirimkan barang ke luar negeri.

Setiap negara pengiriman memiliki peraturan yang berbeda-beda terhadap ketententuan jenis barang yang dapat masuk ke daerah tersebut.

Jika barang tersebut tergolong barang dilarang maka kemungkinan besar barang akan dimusnahkan dan tentunya tidak dapat sampai ketempat tujuan.

Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Laut Panduan Lengkap

Perhatikan nilai dan volume barang

Dalam melakukan pengiriman barang menggunakan kapal laut, selain jenis barang, nilai dan volume dari barang tersebut harus anda perhatikan.

Terutama dari sisi keamanan. Maksudnya jika barang tersebut memiliki nilai tinggi pastikan untuk memilih layanan yang beransuransi. Sehingga apabila terjadi kerusakan dalam proses pengiriman anda akan mendapatkan ganti rugi dari pihak pengiriman barang.

Bagi pengiriman ke luar negeri pengaruh nilai barang dan juga volume akan berimbas pada dokumen yang harus diurus.

Apabila barang yang dikirim masuk kedalam kategori barang besar, maka akan termasuk pengiriman eksport besar dan dokuman yang harus diurus sangat banyak. Begitupun sebaliknya jika barang yang dikirm masuk katergori ekspor kecil, maka dokumen yang diurus lebih ringan.

Pilih jenis layanan pengiriman

Dalam memilih jasa layanan ada beberapa hal yang harus anda jadikan acuhan, antara lain:

  • Keamanan

Pilihlah jasa layanan yang memiliki garansi terhadap barang anda. Tidak semua jasa layanan pengiriman barang lewat jalur laut menyediakan jasa asuransi terhadap barang.Baca dulu Ongkos Kirim Pos ke Luar Negeri Menggunakan EMS Berapa

Advertisements

Sebelum memilih jasa layanan carailah informasi mengenai jasa layanan selengkap-lengkap. Kami merekomendasikan beberapa penyedia jasa layanan, seperti cargonesia, dhl, tiga permata ekspress dan nusantara citra terpadu.

Selain aman pengiriman domestik beberapa penyedia jasa layanan lewat kapal laut seperti yang sudah disebutkan diatas, juga dapat melayani pengiriman antar negara yang terjamin keamanannya.

  • Kecepatan

Setiap penyedia jasa layanan pengiriman via kapal laut memiliki estimasi waktu pengiriman yang berbeda-beda. Tergantung jasa layanan yang digunakan.

Jika anda membutuhkan waktu yang cepat anda dapat menggunakan jasa layanan express dengan estimasi 2 hari hingga 3 hari. Jika menggunakan jasa layanan regular paling lama waktu pengiriman 1 minggu.Simak Dulu Jasa Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Fedex Berikut Kelebihannya

  • Ketepatan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai estimasi waktu pengiriman, setiap layanan paket pengiriman memiliki waktu berbeda-beda.

Pastikan bahwa jasa layanan paket yang anda gunakan memiliki kedepan waktu pengiriman hingga sampai ke tempat tujuan sesuai dengan waktu yang dijanjikan pihak penyedia jasa paket tersebut.

  • Biaya kirim

Jenis paket pengiriman via laut memiliki biaya kirim yang berbeda-beda pula. Kembali lagi hal tersebut tergantung pada jenis paket yang akan digunakan.Baca dulu Ekspedisi Surabaya Kalimantan Menggunakan Jasa Expedisi Apa?

Semakin cepat barang terkirim, tentunya biaya yang dikeluarkan relatif lebih mahal. Jadi pilihlah sesuai kebutuhan pengiriman.

Gunakan pembungkus yang kuat

Mempersiapkan barang yang akan dikirim sangatlah penting untuk diperhatikan apabila anda ingin melakukan pengiriman barang menggunakan jasa layanan via kapal laut.

Untuk menghindari kerusakan barang yang anda kirim gunakan pembungkus yang kuat dan tahan air. Pastikan pembungkus benar-benar safety untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengiriman barang menggunakan jasa layanan kapal laut tentunya lebih ekonomis dibandingkan pengiriman via udara. Terlebih jika pengiriman tersebut dilakukan pada pengiriman keluar negeri.

Mungkin hanya ini saja tulisan seputar Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Laut Panduan Lengkap semoga bisa berguna dan bisa membantu..Baca juga Kelebihan Kirim Paket Ke Luar Negeri Via JNE

Advertisements
DISCLAIMER:Blog ini Milik Pribadi.Kami Tidak berafiliasi/kerjasama dengan Jasa pengiriman manapun,Situs resmi JNE Adalah www.jne.co.id.Tulisan Di Blog Ini Hanya Sekedar Informasi Dan Panduan Semata
Cara Mengirim Barang Lewat Kapal Laut Panduan Lengkap | admin | 4.5
error: Tulisan di lindungan DCMA !!