Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah Ampuh

Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang sering menimbulkan masalah bagi pemilik rumah. Tikus tidak hanya merusak barang-barang, mengotori tempat tinggal, dan menyebarkan penyakit, tetapi juga bisa menggigit kabel listrik, pipa air, dan bahkan menyebabkan kebakaran.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengusir tikus yang membandel di rumah sebelum mereka menimbulkan kerugian yang lebih besar.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir tikus dari rumah Anda, baik dengan cara alami maupun dengan menggunakan bahan kimia.

Tikus hitam masuk rumah pertanda?

Tikus hitam masuk rumah bisa memiliki beberapa arti, tergantung pada konteks dan sumbernya. Berikut ini adalah beberapa artinya:

Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah Ampuh

Arti mimpi tikus hitam masuk Rumah:

Beberapa ahli primbon juga menyebut tafsir mimpi ini sebagai peringatan adanya orang jahat, pencuri, atau perampok yang akan memasuki rumah kita. Sebaiknya Anda selalu menjaga dan mengamankan rumah.

Arti tikus hitam di dalam Rumah:

Jika Anda melihat tikus warna hitam masuk rumah maka ada baiknya Anda berhati-hati. Pasalnya, hal ini kerap menjadi sebuah pertanda buruk yang menimbulkan energi dan aura negatif. Dalam waktu dekat, Anda akan mengalami bencana besar dalam hidup yang sangat menyedihkan.

Arti tikus hitam di luar rumah:

Jika Anda melihat tikus warna hitam di luar rumah, maka hal ini bisa menjadi pertanda baik atau buruk, tergantung pada jumlah dan perilaku tikus tersebut.

Jika tikus hitam banyak dan bergerombol, maka hal ini menandakan adanya musuh atau saingan yang ingin mengganggu Anda. Tikus hitam sedikit dan berlari-lari, maka hal ini menandakan adanya rejeki atau keberuntungan yang akan datang.

Kelemahan dari Tikus?

Ada beberapa kelemahan dan hal-hal yang ditakuti oleh tikus, antara lain:

  1. Tikus cenderung hewan nocturnal atau lebih aktif di malam hari. Hal ini membuat mereka lebih mudah terperangkap atau diusir saat mereka sedang beraktivitas di malam hari.
  2. Memiliki penglihatan yang kurang tajam, sehingga mereka mengandalkan indera penciuman dan peraba untuk menjelajah sekitar. Hal ini membuat mereka tidak suka mencium bau-bau menyengat seperti lada, cuka, atau daun mint.
  3. Tikus takut dengan predator seperti kucing, anjing, atau burung pemangsa. Hal ini membuat mereka menghindari tempat-tempat yang berpotensi ada hewan-hewan tersebut.
  4. Bisa mati jika mengonsumsi garam dalam jumlah banyak. Garam bisa meracuni sistem pencernaan atau darah tikus sehingga menyebabkan kematian dalam waktu singkat.
  5. Tikus lebih suka tinggal di tempat gelap karena matanya yang sensitif cahaya. Cahaya yang terang mungkin bisa menakuti tikus dan membuat mereka tidak betah berada di sekitar cahaya tersebut.

Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:

Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah Ampuh

Menjaga Kebersihan Rumah

Cara paling sederhana dan efektif untuk mencegah tikus datang ke rumah Anda adalah dengan menjaga kebersihan rumah.

Baca Juga : 6 Cara Melaporkan Penipuan Online Agar Uang Kembali

Tikus suka mencari makanan dan tempat berlindung di tempat-tempat yang kotor, berantakan, dan lembap. Oleh karena itu, Anda harus rutin membersihkan rumah Anda dari sampah, sisa makanan, dan debu.

Jangan lupa untuk menutup rapat tempat penyimpanan makanan, seperti lemari, kulkas, dan toples. Selain itu, Anda juga harus memotong rumput dan tanaman liar di sekitar rumah Anda agar tikus tidak bisa bersembunyi di sana.

Menggunakan Bahan Alami Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengusir tikus dari rumah Anda.

Lada: Aroma yang kuat dan pedas yang tidak disukai oleh tikus. Anda bisa menaburkan lada bubuk di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus, seperti sudut-sudut ruangan, lubang-lubang dinding, atau bawah lemari.

Cuka: Cuka juga memiliki aroma yang tajam dan asam yang bisa mengganggu penciuman tikus. Anda bisa menyemprotkan cuka di tempat-tempat yang sama dengan lada atau mencampurkannya dengan air dan menyiramkannya di halaman rumah Anda.

Daun mint: Memiliki aroma yang segar dan menyegarkan bagi manusia, tetapi tidak bagi tikus. Anda bisa menanam daun mint di pot-pot dan meletakkannya di dekat pintu masuk atau jendela rumah Anda. Anda juga bisa mengeringkan daun mint dan menaruhnya di dalam kantong kain kecil dan menggantungnya di tempat-tempat strategis.

Baca Juga : Aplikasi Penghasil Uang 100 Ribu Perhari Pengalaman

Mengusir Tikus yang Membandel Menggunakan Bahan Kimia

Menggunakan Bahan Kimia Jika cara-cara alami tidak cukup efektif untuk mengusir tikus dari rumah Anda, Anda bisa menggunakan bahan kimia yang lebih kuat dan mematikan.

Racun tikus:

Racun tikus adalah bahan kimia yang paling umum digunakan untuk membunuh tikus. Biasanya berbentuk butiran atau bubuk yang dicampur dengan makanan atau umpan yang disukai oleh tikus, seperti keju, roti, atau daging.

Bekerja dengan meracuni sistem pencernaan atau darah tikus sehingga menyebabkan kematian dalam waktu singkat.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan racun tikus karena bisa berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan jika tertelan secara tidak sengaja.

Baca Juga : Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu

Perangkap tikus:

Perangkap tikus adalah alat mekanis yang digunakan untuk menangkap atau membunuh tikus secara langsung. Ada beberapa jenis perangkap tikus, seperti perangkap pegas, perangkap lem, perangkap kandang, atau perangkap listrik.

Perangkap tikus biasanya dilengkapi dengan umpan yang menarik bagi tikus, seperti keju, selai kacang, atau cokelat. Perangkap tikus bekerja dengan cara menjerat atau memberikan tekanan, lengketan, atau arus listrik pada tikus yang mencoba mengambil umpan.

Anda harus memeriksa perangkap tikus secara rutin dan membuang tikus yang tertangkap atau mati dengan cara yang higienis.

Repeller tikus:

Repeller tikus adalah alat elektronik yang mengeluarkan gelombang suara atau getaran yang tidak nyaman bagi tikus. Bisa berbentuk kotak, stik, atau colokan yang dipasang di stop kontak.

Baca Juga : Hukum Menemukan Uang 100 Ribu di Jalan

Bekerja dengan cara mengganggu sistem saraf atau pendengaran tikus sehingga membuat mereka tidak betah berada di sekitar alat tersebut.

Repeller tikus tidak membunuh tikus, tetapi hanya mengusir mereka ke tempat lain. Repeller tikus tidak berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan, tetapi bisa mengganggu peralatan elektronik lainnya.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Comment

Scroll to Top