Cara Mudah Mengajukan Pinjaman di Pegadaian Pemula

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan nama ‘Pegadaian’. Ya, perusahaan yang seringkali dijadikan sebagai alternatif solusi keuangan bagi masyarakat. Pegadaian sendiri adalah anak perusahaan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang bergerak dalam bidang pembiayaan, emas dan jasa keuangan lainnya.

Pegadaian memiliki beberapa produk layanan untuk membantu masyarakat dalam hal keuangan seperti pembiayaan atau pinjaman.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengajukan pinjaman di Pegadaian. Sebelum membahas lebih lanjut, kita kenali dulu jenis – jenis pinjaman di pegadaian.

Macam produk Pinjaman di Pegadaian

Cara Mudah Mengajukan Pinjaman di Pegadaian Pemula

Pegadaian tentunya sudah cukup familiar ya di telinga kita. Seringkali dijadikan alternatif solusi keuangan, ternyata Pegadaian memiliki beberapa produk layanan pinjaman. Secara umum, pinjaman di pegadaian terbagi menjadi 2 jenis, yaitu Pinjaman Gadai dan Pinjaman non – Gadai.

Baca juga: Trik Cerdas Mengatasi Teror Pinjaman Online Terbukti

Pinjaman gadai yaitu pinjaman yang diberikan dengan jaminan berupa benda bergerak yang dapat dipindahkan. Produk yang termasuk pinjaman gadai antara lain gadai emas, gadai tabungan emas, gadai non emas, gadai efek, gadai kendaraan, pembiayaan porsi haji serta pembiayaan wisata religi.

Sedangkan pinjaman non-gadai adalah pinjaman yang diberikan dengan jaminan berupa benda tidak bergerak seperti BPKB dan sertifikat tanah atau rumah. Produk yang termasuk pinjaman non – gadai antara lain pinjaman usaha, pinjaman serba guna, gadai sertifikat, cicil emas dan cicil kendaraan.

Itulah beberapa macam pinjaman yang disediakan oleh pegadaian. Dengan mempelajari macam – macam produk pinjaman, kamu bisa mempelajari lebih lanjut pinjaman mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca juga: Menghitung Simulasi Gadai BPKB Motor Di Pegadaian Pertama Kali

Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman di Pegadaian ?

Setelah memahami produk apa yang paling cocok untuk kamu, tentunya kamu penasaran kan bagaimana cara mengajukan pinjaman di Pegadaian?

Untuk mengajukan pinjaman di Pegadaian, ada 2 cara yang bisa kamu pilih yaitu pengajuan secara offline atau datang langsung ke kantor Pegadaian dan pengajuan secara online melalui aplikasi pegadaian.

Nah, berikut ini kita akan membahas lebih detail tentang bagaimana cara mengajukan pinjaman di Pegadaian.

Mengajukan pinjaman di Pegadaian secara offline

Cara Mudah Mengajukan Pinjaman di Pegadaian Pemula

Untuk mengajukan pinjaman secara offline, tentunya hal yang pertama kali perlu dilakukan adalah datang ke kantor pegadaian terdekat.

Baca juga: Pengalamanku Kemarin Gadai Motor Di Pegadaian Tanpa BPKB

Kemudian buatlah pengajuan dengan cara mengisi form pengajuan sesuai dengan produk yang akan digunakan. Pastikan kamu sudah membawa persyaratan yang diperlukan.

Untuk persyaratan, kamu bisa cek langsung di website https://sahabatpegadaian.com/produk-pegadaian dan pilih sesuai produk yang kamu inginkan.

Jika ingin menggadaikan barang, pastikan kamu membawa serta barang yang akan digadaikan untuk ditaksir. Pinjaman yang bisa dipinjam akan disesuaikan dengan nilai taksir barang yang digadaikan. Sedangkan jika kamu memilih non – gadai, petugas akan melakukan survei terkait kondisi keuangan kamu dan hal lainnya.

Selanjutnya, jika semua persyaratan sudah terpenuhi petugas akan menyetujui aplikasi pengajuan kamu dan uang pinjaman kamu akan diproses untuk pencairan.

Mengajukan pinjaman di Pegadaian secara online

Selain mengajukan pinjaman secara offline, kamu juga bisa mengajukan pinjaman secara online melalui aplikasi pegadaian digital.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam Bukan Anggota

Untuk caranya, tidak jauh berbeda dengan pengajuan pinjaman secara offline. Pertama, kamu harus download aplikasi pegadaian digital melalui playstore lalu daftar akun terlebih dahulu jika belum memiliki akun.

Setelah login, pilih menu sesuai kebutuhan kamu. Kemudian isi informasi yang dibutuhkan dan lakukan konfirmasi pengajuan pinjaman.

Pinjaman kamu selesai diajukan, proses selanjutnya tinggal menunggu konfirmasi dan persetujuan dari pihak petugas Pegadaian. Pencairan dana dapat dilakukan melalui transfer rekening.

Itulah beberapa cara mengajukan pinjaman di Pegadaian. Cukup mudah, bukan? Tak heran jika pegadaian menjadi salah satu perusahaan finansial yang cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat berbagai kalangan.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mencari tahu melalui website resmi pegadaian di https://sahabatpegadaian.com/ atau bisa langsung mendatangi kantor pegadaian terdekat di daerahmu.

Baca juga: Daftar 10 Pinjaman Online Langsung Cair Dalam hitungan Menit Bunga Rendah

Pastikan untuk selalu mengumpulkan informasi secara lengkap sebelum memutuskan untuk mengambil pinjaman agar pinjaman yang diambil dapat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansialmu.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top