Gunakan aplikasi di bawah untuk cek resi secara cepat

Contoh Surat Klaim Barang Rusak JNE

Melakukan komplain jika apa yang didapatkan itu tidak sama dengan harapan itu adalah hal wajar. Sebab dengan mengomplain ini kita bisa mengklaim kerugian yang diakibatkan dari tidak benarnya pihak jasa pengantaran paket.

Tetapi sebelum mengklaim kerusakan di JNE seharusnya kita tahu tata cara proses mengklaim tersebut supaya pihak JNE juga langsung menyetujui klaim kita ini.

Advertisements

Pembuatan surat klaim ini sudah banyak yang diberitahukan oleh JNE, jika mau membuat kita bisa melihat dari contoh surat klaim barang rusak JNE yang telah disebarkan oleh JNE.

Cara Mengklaim Barang Rusak

Kerusakan barang itu memang menjadi tanggung jawab penuh jasa pengiriman, tetapi jasa pengiriman juga tidak langsung mau membayarkan kerugian sebelum ada bukti nyatanya. Memang sekarang yang curang itu bukan jasa pengiriman saja tetapi pihak konsumen juga sering curang.

Kecurangan konsumen ini adalah mereka menipu jasa pengiriman dengan mengatakan kalau barangnya rusak padahal barang tersebut tidaklah rusak.

Untuk menghindari penipuan ini pihak jasa telah membuat contoh surat klaim barang rusak JNE untuk dapat dipakai konsumen untuk mengklaim jika ternyata paketnya telah rusak. Baca Apa Itu Layanan JTR Di JNE

Membuat surat klaim memang kewajiban yang aturan yang dibuat oleh jasa pengiriman, jika surat tidak ada maka proses klaim tidak dapat dilakukan. Surat ini juga bisa dipakai untuk klaim barang yang hilang, jadi barang yang tidak sampai ke tujuan pengiriman dan dinyatakan hilang bisa diklaim. Untuk tata cara mengklaim ini berikut adalah penjelasan rincinya.

Advertisements
  • Membuat Surat

Jelas cara pertama ialah membuat surat, surat ini dibuat harus dengan kenyataan yang ada. Isi dari surat ini adalah pemberitahuan mengenai nama pengirim dan juga penerima dari paket tersebut, keterangan mengenai isi paker juga harus diberitahukan.

Lebih dianjurkan jika paket ini dideskripsikan secara lengkap dari kondisi sebelum dikirimkan sampai dengan barang sampai di tangan penerima. Jangan lupa berikan bukti bahwa barang tersebut memang rusak, supaya pihak pengiriman juga akan percaya. Jangan lupa buat suratnya sepersis mungkin dengan contoh surat klaim barang rusak JNE yang dibuat pihak pengiriman.

  • Menunggu Balasan

Biasanya setelah surat dikirimkan pasti konsumen harus menunggu sampai ada balasan dari pengiriman tersebut, biasanya untuk waktu balasan sampai adalah dua sampai dengan tiga hari itu tergantung dari kantor pos.

Jika balasan sudah sampai biasanya jika pengajuan klaim ini disetujui maka konsumen disuruh ke kantor untuk mengambil uang klaim barang tersebut. untuk jumlah uangnya sendiri itu adalah harga 1 kg barang kiriman dikalikan dengan 100 rupiah. Baca Cara Komplain JNE Barang Rusak

Jadi meskipun kondisi barang atau paket tidak sesempurna sebelumnya konsumen juga tidak terlalu rugi sebab ada biaya pengembalian uang dari jasa pengiriman. Uang bisa didapatkan bila pembuatan surat ini harus berdasarkan ketentuan contoh surat klaim barang rusak JNE.

Advertisements
DISCLAIMER:Blog ini Milik Pribadi.Kami Tidak berafiliasi/kerjasama dengan Jasa pengiriman manapun,Situs resmi JNE Adalah www.jne.co.id.Tulisan Di Blog Ini Hanya Sekedar Informasi Dan Panduan Semata
Contoh Surat Klaim Barang Rusak JNE | admin | 4.5
error: Tulisan di lindungan DCMA !!