Harga Bagasi Lion Air Per Kg Pengalaman Sendiri

Bagi Anda yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah bagasi. Bagasi adalah barang atau benda yang dibawa oleh penumpang pesawat terbang, baik yang diletakkan di kabin pesawat maupun di ruang kargo pesawat.

Bagasi memiliki peranan penting dalam perjalanan udara, karena menentukan kenyamanan dan keamanan Anda selama penerbangan.

Membawa bagasi juga tidak sembarangan. Ada beberapa ketentuan yang harus Anda patuhi, seperti berat, ukuran, dan jenis barang yang boleh dibawa.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan biaya bagasi yang dikenakan oleh maskapai penerbangan yang Anda gunakan. Setiap maskapai memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai bagasi, termasuk Lion Air.

Lion Air adalah salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, yang melayani rute domestik maupun internasional. Lion Air juga merupakan anggota dari Lion Air Group, bersama dengan Wings Air, Batik Air, dan Super Air Jet. Dikenal sebagai maskapai penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier) yang menawarkan harga tiket yang terjangkau.

Harga Bagasi Lion Air Per Kg Pengalaman Sendiri

Harga tiket Lion Air tidak termasuk biaya bagasi. Artinya, Anda harus membayar biaya tambahan jika ingin membawa bagasi saat terbang dengan Lion Air. Biaya bagasi Lion Air ditentukan berdasarkan berat dan cara pembelian bagasi. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai harga bagasi Lion Air per kg:

Bagasi Gratis Lion Air

Sebelum membahas harga bagasi Lion Air per kg, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai bagasi gratis Lion Air.

Bagasi gratis Lion Air adalah kuota bagasi dengan jumlah tertentu yang diberikan kepada penumpang pesawat terbang secara cuma-cuma, sesuai tiket maskapai penerbangan yang dibeli.

Bagi penumpang Lion Air, ada dua jenis bagasi gratis yang bisa dinikmati, yaitu bagasi kabin dan bagasi terdaftar.

Bagasi Kabin

Bagasi kabin adalah barang atau benda milik penumpang yang boleh dibawa ke kabin pesawat dan berada dalam pengawasan penumpang sendiri. Bagi penumpang Lion Air, bagasi kabin gratis ini juga memiliki batasan.

Ketentuan ukuran bagasi kabin untuk penerbangan Lion Air adalah berat maksimal 7 Kg dengan dimensi 40 Cm x 30 Cm x 20 Cm untuk tipe pesawat Boeing/Airbus.

Jika melebihi ketentuan tersebut, maka penumpang harus membayar biaya kelebihan bagasi Lion Air sesuai ketentuan yang berlaku. Lebih lanjut, dalam ketentuan bagasi Lion Air, pada bagasi kabin penumpang diperbolehkan membawa barang pribadi seperti tas laptop/ tas jinjing wanita/ bahan bacaan/ kamera/ perlengkapan bayi.

Bagasi Terdaftar

Bagasi terdaftar adalah barang atau benda milik penumpang yang diserahkan kepada maskapai penerbangan untuk diletakkan di ruang kargo pesawat. Bagi penumpang Lion Air, bagasi terdaftar gratis ini juga memiliki batasan.

Ketentuan berat maksimal bagasi terdaftar untuk penerbangan domestik Lion Air adalah 20 Kg. Sedangkan untuk penerbangan internasional Lion Air, ketentuan berat maksimal bagasi terdaftar bervariasi sesuai tujuan penerbangan1.

Jika melebihi ketentuan tersebut, maka penumpang harus membayar biaya kelebihan bagasi Lion Air sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain itu, ada beberapa jenis barang atau benda yang tidak boleh dimasukkan ke dalam bagasi terdaftar, seperti barang berharga, uang, dokumen penting, barang mudah pecah, barang mudah terbakar, dan lain-lain.

Harga Bagasi Lion Air per Kg

Jika Anda ingin membawa bagasi melebihi kuota bagasi gratis Lion Air, maka Anda harus membayar biaya tambahan.

Biaya tambahan ini disebut sebagai biaya bagasi Lion Air. Biaya bagasi Lion Air ditentukan berdasarkan berat dan cara pembelian bagasi.

Ada dua cara untuk membeli bagasi berbayar Lion Air, yakni membeli secara langsung saat check in di bandara atau membeli bagasi prabayar. Kedua cara ini memiliki biaya bagasi Lion Air yang berbeda.

Biaya Bagasi Langsung

Biaya bagasi langsung adalah biaya yang dikenakan kepada penumpang yang membeli bagasi saat check in di bandara. Ini disebut juga sebagai excess baggage ticket. Biaya bagasi langsung ini biasanya lebih mahal daripada biaya bagasi prabayar.

Besarnya biaya bagasi langsung Lion Air tergantung pada tujuan penerbangan. Berikut adalah daftar harga bagasi langsung Lion Air per kg untuk penerbangan domestik:

Rute Penerbangan Harga Bagasi Langsung per Kg
Sumatera Rp 35.000
Jawa Rp 40.000
Kalimantan Rp 45.000
Sulawesi Rp 50.000
Bali Rp 55.000
Nusa Tenggara Rp 60.000
Maluku Rp 65.000
Papua Rp 70.000

Sedangkan untuk penerbangan internasional Lion Air, berikut adalah daftar harga bagasi langsung Lion Air per kg sesuai tujuan penerbangan:

Rute Penerbangan Harga Bagasi Langsung per Kg
Jakarta – Singapura USD 10
Jakarta – Kuala Lumpur USD 10
Jakarta – Jeddah USD 15
Jakarta – Riyadh USD 15
Jakarta – Madinah USD 15
Jakarta – Bangkok USD 10
Jakarta – Ho Chi Minh City USD 10
Jakarta – Guangzhou USD 10
Jakarta – Hong Kong USD 10
Jakarta – Taipei USD 10
Jakarta – Colombo USD 10
Jakarta – Shanghai USD 10
Jakarta – Tokyo USD 15
Surabaya – Kuala Lumpur USD 10
Surabaya – Jeddah USD 15
Surabaya – Madinah USD 15
Surabaya – Bangkok USD 10
Surabaya – Guangzhou USD 10
Surabaya – Hong Kong USD 10
Surabaya – Taipei USD 10
Surabaya – Colombo USD 10
Surabaya – Shanghai USD 10
Surabaya – Tokyo USD 15
Denpasar – Perth AUD 20

Biaya Bagasi Prabayar

Biaya bagasi prabayar adalah biaya yang dikenakan kepada penumpang yang membeli bagasi sebelum check in di bandara. Biaya bagasi prabayar ini biasanya lebih murah daripada biaya bagasi langsung.

Bagi penumpang Lion Air, ada beberapa cara untuk membeli bagasi prabayar, yaitu melalui website, travel agent, Lion Air Tower, atau kantor perwakilan Lion Group di daerah. Pembelian bagasi prabayar dapat dilakukan hingga 6 jam sebelum keberangkatan.

Besarnya biaya bagasi prabayar Lion Air tergantung pada tujuan penerbangan dan jumlah berat bagasi yang dibeli. Berikut adalah daftar harga bagasi prabayar Lion Air untuk perbang domestik:

Rute Penerbangan Harga Bagasi Prabayar per Kg
Sumatera Rp 25.000
Jawa Rp 30.000
Kalimantan Rp 35.000
Sulawesi Rp 40.000
Bali Rp 45.000
Nusa Tenggara Rp 50.000
Maluku Rp 55.000
Papua Rp 60.000

Sedangkan untuk penerbangan internasional Lion Air, berikut adalah daftar harga bagasi prabayar Lion Air sesuai tujuan penerbangan:

Rute Penerbangan Harga Bagasi Prabayar per Kg
Jakarta – Singapura USD 8
Jakarta – Kuala Lumpur USD 8
Jakarta – Jeddah USD 12
Jakarta – Riyadh USD 12
Jakarta – Madinah USD 12
Jakarta – Bangkok USD 8
Jakarta – Ho Chi Minh City USD 8
Jakarta – Guangzhou USD 8
Jakarta – Hong Kong USD 8
Jakarta – Taipei USD 8
Jakarta – Colombo USD 8
Jakarta – Shanghai USD 8
Jakarta – Tokyo USD 12
Surabaya – Kuala Lumpur USD 8
Surabaya – Jeddah USD 12
Surabaya – Madinah USD 12
Surabaya – Bangkok USD 8
Surabaya – Guangzhou USD 8
Surabaya – Hong Kong USD 8
Surabaya – Taipei USD 8
Surabaya – Colombo USD 8
Surabaya – Shanghai USD 8
Surabaya – Tokyo USD 12
Denpasar – Perth AUD 15

Untuk membeli bagasi prabayar Lion Air, Anda harus memilih salah satu dari empat pilihan berat bagasi yang tersedia, yaitu 5 Kg, 10 Kg, 15 Kg, atau 20 Kg. Anda tidak bisa membeli bagasi prabayar dengan berat di bawah atau di atas pilihan tersebut.

Misalnya, jika Anda ingin membawa bagasi seberat 23 Kg untuk penerbangan domestik dari Sumatera ke Jawa, maka Anda harus membeli bagasi prabayar seberat 20 Kg dengan harga Rp 600.000 (Rp 30.000 x 20 Kg) dan membayar biaya kelebihan bagasi sebesar Rp 120.000 (Rp 40.000 x (23 Kg – 20 Kg)) saat check in di bandara.

Tips Membawa Bagasi Lion Air

Setelah mengetahui harga bagasi Lion Air per kg, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membawa bagasi saat terbang dengan Lion Air, yaitu:

  1. Cek kembali berat dan ukuran bagasi Anda sebelum berangkat ke bandara, agar tidak terkena biaya kelebihan bagasi yang tidak diinginkan.
  2. Beli bagasi prabayar sebelum check in di bandara, agar mendapatkan harga yang lebih murah daripada biaya bagasi langsung.
  3. Sesuaikan jumlah dan jenis barang yang Anda bawa dengan kebutuhan dan durasi perjalanan Anda, agar tidak membawa barang yang tidak penting atau berlebihan.
  4. Gunakan koper atau tas yang ringan dan kuat, agar tidak menambah beban berat bagasi Anda dan melindungi barang-barang Anda dari kerusakan.
  5. Simpan barang-barang berharga, uang, dokumen penting, barang mudah pecah, barang mudah terbakar, dan lain-lain di dalam tas tangan atau tas jinjing yang bisa dibawa ke kabin pesawat, agar lebih aman dan mudah diawasi.
  6. Jangan lupa untuk menempelkan label nama, alamat, nomor telepon, dan tujuan penerbangan Anda di bagasi terdaftar Anda, agar mudah diidentifikasi dan ditemukan jika terjadi kehilangan atau tertukar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin terbang dengan Lion Air. Selamat berlibur!

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top