Ini Dia Resiko Jika Kamu Telat Membayar Angsuran Kur BRI

Sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit usaha rakyat (KUR), salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan adalah resiko jika telat membayar kredit usaha rakyat (KUR).

Umumnya tanggal pembayaran KUR BRI akan ditetapkan sesuai dengan waktu pengajuan KUR. Kemudian pembayaran cicilan akan terpotong otomatis atau secara autodebet melalui rekening BRI yang Anda daftarkan untuk mengajukan pinjaman dana KUR. Jadi sebaiknya, pastikan ada saldo pada rekening BRI Anda.

Namun jika ternyata saldo pada rekening BRI kosong atau tidak mencukupi, Anda masih bisa membayar cicilan dengan metode setor tunai di bank maupun agen BRILink atau melakukan transfer uang ke nomor rekening yang dimiliki.

Tapi berbeda lagi jika uang yang Anda miliki benar-benar tidak cukup untuk membayar cicilan bulan tersebut apalagi hingga berbulan-bulan. Maka, akan ada beberapa resiko jika telat membayar kredit usaha rakyat. Lantas apa saja resiko yang bisa terjadi? Simak jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Ini Syarat Pinjaman Adira Jaminan BPKB Motor Mobil

Dikenakan Denda

Ini Dia Resiko Jika Kamu Telat Membayar Angsuran Kur BRI

Semua bank akan memberlakukan sanksi di awal berupa pemberian denda bagi peminjam yang terlambat membayar angsuran. Besaran denda ditentukan oleh pihak Bank BRI, tapi biasanya rata-rata bank mengenakan denda 2-5% per tahun dari jumlah total pinjaman.

Yang perlu menjadi catatan adalah jika Anda tidak membayar cicilan tepat waktu berbulan-bulan maka denda yang harus dibayarkan pun juga akan semakin banyak.

Untuk menghindarinya sebaiknya siapkan dana untuk membayar angsuran dari jauh-jauh hari sehingga Anda bisa membayar sebelum tenggat waktu.

Kredit Skor Menurun

Perlu diketahui, semua data yang Anda masukkan pada saat pengajuan pinjaman KUR akan langsung tercatat dan tersimpan pada laporan SLIK OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pada laporan terdapat berbagai riwayat kredit Anda yang meminjam dana untuk KUR maupun pinjaman perbankan lainnya.

Baca juga: Teryata Ini Alasan Pengajuan KUR BRI Ditolak Terus

Data-data tersebut masuk dalam Sistem Informasi Debitur (SID) dimana semua aktivitas transaksi kredit yang Anda lakukan sudah tercatat atau terekam di sistem tersebut.

Beberapa data yang tercatat seperti berapa jumlah pokok utang yang tersisa,  berapa nilai plafon kredit yang dimiliki, apa saja fasilitas kredit yang dimiliki, berapa kali Anda melakukan penunggakan, apakah Anda rajin atau tidak membayar cicilan tepat waktu dan sebagainya. Para lembaga keuangan pun juga bisa melihat data tersebut.

Dengan kondisi seperti itu, Anda yang menunggak KUR BRI hingga berbulan-bulan akan memiliki catatan riwayat kredit serta skor kredit yang buruk.

Nama Anda Akan Diblacklist BI

Jika riwayat perbankan Anda sudah tercatat buruk di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK, maka Anda berisiko besar diblacklist oleh pihak perbankan di mana pun di Indonesia. Selain itu, semua perusahaan pembiayaan biasanya akan memeriksa skor kredit sebelum akhirnya memberikan pinjaman dana yang Anda perlukan.

Dengan kondisi tersebut, maka Anda akan jadi lebih sulit atau bahkan tidak bisa sama sekali melakukan peminjaman baik di perbankan maupun pinjaman online.

Baca juga: Pengalaman Saya Pinjam KUR BRI 50jt Cair 3 Hari

Anda Akan Ditagih Oleh Debt Collector

Jika Anda tidak kunjung membayar hingga berbulan-bulan, biasanya lebih dari enam bulan, maka pihak BRI akan mengirimkan Surat Peringatan 1 hingga 3 yang berisi permintaan untuk Anda segera membayar cicilan yang sesuai dengan jumlah tunggakan.

Bila pemberian surat juga tidak mampu membuat Anda jadi membayar, maka dengan terpaksa pihak bank BRI akan mendatangkan debt collector. Bila sampai ditagih bersama debt collector pastinya akan membuat Anda merasa malu pada tetangga yang mengetahuinya. Hal ini karena nama baik Anda sudah tercoreng.

Anda Berisiko Dilaporkan ke Pihak Berwajib

Resiko jika telat membayar kredit usaha rakyat BRI yaitu Anda bisa dilaporkan ke pihak berwajib (Kepolisian). Kondisi ini terjadi jika ada kemungkinan indikasi penipuan, Anda menghilang, atau hal yang berhubungan dengan masalah hukum lainnya.

Demikian informasi terkait dengan apa saja resiko jika telat membayar kredit usaha rakyat. Semoga bisa menjawab rasa penasaran bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman kredit usaha rakyat namun masih ragu dengan risiko yang mungkin dihadapi saat nanti mengalami kendala dalam pembayaran.

Baca juga: Sesuai Pengalaman Agar KUR BRI Disetujui Pihak Bank

Jika masih ada informasi yang ingin dicari tahu tentang  resiko jika telat membayar kredit usaha rakyat maupun terkait hal lainnya yang berkaitan dengan KUR, silakan menghubungi Call Center BRI di nomor 14017 / 1500017.