Kargo JNE Trucking Shopee: Apakah Aman?

Jika Anda sering berbelanja online di Shopee, Anda mungkin sudah familiar dengan berbagai pilihan jasa kirim yang tersedia di platform tersebut.

Salah satu jasa kirim yang cukup populer adalah Kargo JNE Trucking (JTR), yang merupakan layanan JNE Express secara cashless (non-tunai) yang mendukung pengiriman dalam jumlah besar menggunakan armada truk melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif. Layanan ini berlaku untuk pengiriman nasional.

Namun, apakah Kargo JNE Trucking Shopee aman untuk digunakan? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari layanan ini? Bagaimana cara menggunakannya?

Estimasi Pengiriman JNE Trucking

Estimasi pengiriman JNE Trucking adalah 3-8 hari. Lamanya waktu pengiriman tergantung pada beberapa faktor, yaitu:

Kargo JNE Trucking Shopee: Apakah Aman?

Jarak pengiriman. Semakin jauh jarak pengiriman, maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan.

Tujuan pengiriman. Beberapa daerah di Indonesia memiliki kondisi geografis yang sulit dijangkau, sehingga waktu pengirimannya akan lebih lama.

Ketersediaan armada. Jika armada JNE Trucking sedang penuh, maka waktu pengirimannya akan lebih lama.
Berdasarkan informasi yang Anda berikan, yaitu Anda berada di Pekanbaru dan ingin mengirim paket ke daerah lain di Indonesia, maka estimasi pengiriman JNE Trucking adalah 3-8 hari.

Namun, jika tujuan pengiriman Anda berada di daerah yang sulit dijangkau, maka waktu pengirimannya bisa lebih lama.

Anda juga dapat mengecek estimasi pengiriman JNE Trucking secara online melalui website atau aplikasi JNE. Untuk itu, Anda perlu memasukkan informasi seperti kota asal, kota tujuan, berat dan dimensi paket, serta jenis layanan pengiriman.

Kelebihan Kargo JNE Trucking Shopee

Menggunakan Kargo JNE Trucking Shopee memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

Hemat biaya. Kargo JNE Trucking Shopee menawarkan tarif yang lebih murah dibandingkan dengan layanan reguler, terutama untuk pengiriman barang berat atau berukuran besar.

Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar ongkos kirim secara tunai kepada kurir, karena ongkos kirim tersebut akan dipotong dari total pelepasan dana secara otomatis oleh Shopee.

Mudah dan praktis. Anda dapat mengaktifkan Kargo JNE Trucking Shopee saat meng-upload produk atau mengubah rincian produk Anda di Shopee.

Anda juga dapat memilih opsi pick up atau antar ke counter sesuai dengan kenyamanan Anda. Status pesanan akan otomatis ter-update setelah agen JNE scan nomor resi.

Aman dan terpercaya. Kargo JNE Trucking Shopee merupakan layanan dari JNE Express, yang merupakan salah satu perusahaan jasa kirim terbesar dan terpercaya di Indonesia.

JNE Express memiliki jaringan yang luas dan armada yang berkualitas untuk mengirimkan barang Anda dengan aman dan cepat. Anda juga dapat melacak lokasi dan status pengiriman barang Anda melalui aplikasi Shopee atau website JNE.

Kekurangan Kargo JNE Trucking Shopee

Meskipun memiliki banyak kelebihan, Kargo JNE Trucking Shopee juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

Lama. Kargo JNE Trucking Shopee menggunakan jalur darat dan laut untuk mengirimkan barang, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan layanan reguler yang menggunakan jalur udara.

Estimasi waktu pengiriman Kargo JNE Trucking Shopee bervariasi tergantung pada tujuan pengiriman, namun umumnya berkisar antara 3-7 hari kerja.

Jika Anda membutuhkan barang Anda dengan segera, Anda mungkin perlu mempertimbangkan layanan lain yang lebih cepat, seperti JNE YES, SiCepat BEST, atau Shopee Xpress Sameday.

Terbatas. Kargo JNE Trucking Shopee hanya tersedia untuk pengiriman nasional, tidak untuk pengiriman internasional.

Selain itu, Kargo JNE Trucking Shopee juga memiliki batasan berat dan dimensi barang yang dapat dikirimkan. Berat maksimal barang yang dapat dikirimkan adalah 30 kg, sedangkan dimensi maksimal adalah 100 cm x 100 cm x 100 cm.

Jika barang Anda melebihi batasan tersebut, Anda mungkin perlu membaginya menjadi beberapa paket atau menggunakan layanan lain yang lebih fleksibel, seperti J&T Cargo, SiCepat Gokil, atau Sentral Cargo.

Cara Menggunakan Kargo JNE Trucking Shopee

Untuk menggunakan Kargo JNE Trucking Shopee, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Aktifkan Kargo JNE Trucking Shopee di pengaturan jasa kirim Anda di Shopee. Pastikan Anda memasukkan berat dan dimensi paket yang sesuai dengan barang yang akan Anda kirimkan.
  2. Setelah Anda menerima pesanan dari pembeli, Anda dapat memilih opsi pick up atau antar ke counter. Jika Anda memilih opsi pick up, kurir JNE akan datang menjemput paket Anda di alamat yang Anda tentukan. Jika Anda memilih opsi antar ke counter, Anda harus mengantarkan paket Anda ke counter JNE terdekat.
  3. Setelah paket Anda diterima oleh agen JNE, status pesanan Anda akan otomatis ter-update menjadi Dikirim. Anda dapat melacak pengiriman paket Anda melalui aplikasi Shopee atau website JNE.
  4. Setelah paket Anda sampai di tujuan, status pesanan Anda akan otomatis ter-update menjadi Diterima. Anda dapat menunggu pelepasan dana dari Shopee sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan.

Itu dia ulasan tentang Kargo JNE Trucking Shopee, salah satu jasa kirim yang dapat Anda gunakan untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar dengan harga yang terjangkau.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top