Lakukan Ini Jika Penjual Tidak Merespon Pengembalian Dana Shopee

Sengketa di Shopee adalah proses penyelesaian masalah antara pembeli dan penjual yang terjadi selama transaksi pembelian di platform e-commerce Shopee. Sengketa biasanya terjadi ketika terdapat masalah seperti barang tidak sesuai dengan deskripsi, barang rusak saat diterima, atau barang tidak sampai ke tangan pembeli.

Untuk mengajukan sengketa di Shopee, pembeli dan penjual harus terlebih dahulu mencoba menyelesaikan masalah secara mandiri melalui fitur “Chat” di aplikasi Shopee.

Jika penjual tidak merespon, Anda dapat mengajukan permohonan penyelesaian sengketa (dispute) melalui fitur “Hubungi Kami” di aplikasi Shopee. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengajukan penyelesaian sengketa di Shopee:

Baca juga: Mudah Sekali Retur Barang di Shopee yang Sudah Diterima

Prosedur Pengembalian Dana Shopee

Proses Pengembalian Barang/Dana & Cara Merespon Pengajuan | Pusat Edukasi  Penjual Shopee Indonesia

  1. Buka aplikasi Shopee dan masuk ke akun Anda.
  2. Buka menu “Saya” dan pilih “Pembelian Saya”.
  3. Cari transaksi yang ingin Anda ajukan sengketa dan klik tombol “Hubungi Kami”.
  4. Pilih alasan mengapa Anda ingin mengajukan sengketa.
  5. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh Shopee dan sampaikan semua informasi yang diperlukan.
  6. Tunggu hingga Shopee meninjau permohonan sengketa Anda.

Shopee akan memeriksa transaksi yang bersangkutan dan mempertimbangkan semua informasi yang diberikan oleh kedua belah pihak untuk mencari solusi yang terbaik.

Apabila Shopee menemukan bahwa penjual tidak merespon permohonan pengembalian dana, Shopee dapat mengambil tindakan yang sesuai, seperti mengembalikan dana secara otomatis ke akun Anda.

Baca juga: Cara Mengajukan Pengembalian Dana di Shopee karena Barang Tidak Dikirim

Bukti mengajukan sengketa shopee

Bukti mengajukan sengketa shopee

Ketika Anda mengajukan sengketa di Shopee, Anda harus menyediakan bukti-bukti yang dapat mendukung klaim Anda. Berikut adalah beberapa jenis bukti yang dapat Anda ajukan ketika mengajukan sengketa di Shopee:

  • Bukti pembayaran: Anda dapat memberikan bukti pembayaran, seperti bukti transfer atau bukti pembelian melalui e-wallet, untuk membuktikan bahwa Anda telah membayar barang yang dipesan.
  • Bukti pengiriman: Jika masalah yang terjadi adalah barang tidak sampai ke tangan Anda, Anda dapat memberikan bukti pengiriman, seperti nomor resi atau foto tanda terima, untuk membuktikan bahwa barang telah dikirim oleh penjual.
  • Bukti foto dan Video: Jika masalah yang terjadi adalah kerusakan barang atau barang tidak sesuai dengan deskripsi, Anda dapat mengambil foto barang yang rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi dan mengunggahnya sebagai bukti.
  • Bukti chat: Jika Anda telah mencoba menyelesaikan masalah dengan penjual melalui fitur “Chat” di aplikasi Shopee, Anda dapat memberikan bukti chat sebagai bukti bahwa Anda telah mencoba menyelesaikan masalah secara mandiri.

Baca juga: Batas pengambilan paket COD J&T

Pastikan untuk memberikan bukti yang akurat dan jelas untuk mendukung klaim Anda. Semakin lengkap dan jelas bukti yang Anda berikan, semakin mudah bagi Shopee untuk menyelesaikan sengketa dengan tepat dan adil.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

1 komentar untuk “Lakukan Ini Jika Penjual Tidak Merespon Pengembalian Dana Shopee”

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top