Membuat Contoh Surat keterangan BPKB di Bank BRI

Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor atau BPKB seringkali dijadikan sebagai jaminan atau agunan saat kita meminjam uang di Bank. Baik untuk keperluan hidup ataupun untuk modal usaha.

Namun bagaimana jadinya jika kita membutuhkan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor atau BPKB tersebut untuk membayar pajak kendaraan atau mengganti plat nomor?

Ya, saat akan membayar pajak kendaraan bermotor atau mengganti plat nomor, kita diharuskan membawa BPKB kendaraan tersebut. Namun, ketika BPKB kita sedang dijadikan agunan/jaminan, maka kita harus membawa surat keterangan dari Bank atau lembaga keuangan terkait yang menyatakan bahwa BPKB kendaraan tersebut sedang dijadikan jaminan/agunan.

BRI adalah salah satu Bank yang seringkali dijadikan tempat untuk meminjam uang, baik untuk keperluan sehari – hari maupun untuk modal usaha. Oleh karena itu, tidak sedikit nasabah yang BPKB motor atau mobilnya berada di Bank BRI sebagai jaminan atau agunan dari pinjaman tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara meminta surat keterangan BPKB di Bank BRI serta contoh surat keterangan BPKB di Bank BRI.

Baca juga: Ini Resikonya Saat Cek KUR BRI Online NIK Sudah Digunakan

Cara Meminta Surat Keterangan BPKB di Bank BRI

Membuat Contoh Surat keterangan BPKB di Bank BRI

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat mengurus pajak kendaraan atau mengganti plat nomor, kita harus membawa surat keterangan dari Bank atau Lembaga keuangan terkait dimana BPKB kita dijadikan sebagai jaminan atau agunan.

Sama halnya jika memiliki pinjaman di Bank BRI, tentunya BPKB motor atau mobil kita akan ditahan pihak Bank sebagai jaminan atau agunan.

Lalu bagaimana cara meminta surat keterangan BPKB di Bank BRI? Berikut langkah – langkah yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Pengalamanku Bayar Angsuran BRI Telat 1 Bulan

  1. Persiapkan dokumen

Kelengkapan dokumen tentunya menjadi syarat saat akan mengurus administrasi apapun, termasuk ketika kamu hendak meminta surat keterangan BPKB di Bank. Kelengkapan dokumen akan mempermudah proses permintaan surat keterangan. Kamu bisa menanyakan terlebih dahulu dokumen apa saja yang dibutuhkan ke call centre BRI.

  1. Datang ke Cabang BRI dimana kendaraan kamu dijadikan jaminan/agunan

Langkah selanjutnya yaitu mendatangi kantor BRI dimana kamu meminjam dengan menjadikan kendaraan mu sebagai agunan. Temui bagian customer service dan sampaikan jika kamu hendak membuat surat keterangan BPKB di Bank BRI. Jangan lupa untuk membawa dokumen yang telah dipersiapkan.

  1. Berikan dokumen sesuai persyaratan dan ikuti arahan dari Customer service

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat hendak meminta surat keterangan BPKB ke Bank BRI. Proses pengajuan permintaan surat keterangan biasanya tidak membutuhkan waktu lama.

Baca juga: Syarat Mengambil BPKB di Bank BRI Pinjaman Lunas Pengalamanku

Kamu bisa mendapatkan surat keterangan di hari yang sama. Tentunya ini kembali ke kebijakan masing – masing Bank atau lembaga keuangan lainnya.

Contoh Surat Keterangan BPKB di Bank BRI

Membuat Contoh Surat keterangan BPKB di Bank BRI

Mungkin kamu baru pertama kali membuat surat keterangan BPKB di Bank sehingga bingung seperti apa sih surat keterangan BPKB di Bank ? Surat keterangan BPKB di Bank yaitu surat yang berisi keterangan langsung dari pihak Bank yang menyatakan bahwa BPKB kendaraan kamu sedang digunakan sebagai jaminan atau agunan di bank tersebut.

Baca juga: Pengalamanku Lama Pencairan KUR BRI Setelah Survey

Biasanya surat akan ditandatangani oleh kepala cabang Bank tempat kamu meminjam.

Isi dari surat keterangan antara lain kop surat Bank BRI, identitas pemberi keterangan (kepala cabang Bank BRI), detail informasi kendaraan yang dijadikan jaminan/agunan. Adapun detail informasi yang tercantum antara lain :

  1. Nomor kontrak, ini akan disesuaikan dengan nomor perjanjian jaminan/agunan. Biasanya ketika menyerahkan agunan akan ada serah terima berupa kontrak antara debitur dan pihak Bank
  2. Nama debitur
  3. Nama pemilik BPKB, ada kalanya BPKB yang dijaminkan bukan atas nama debitur sehingga perlu dicantumkan juga nama pemilik BPKB.
  4. Nomor Polisi kendaraan yang dijaminkan
  5. Nomor rangka kendaraan yang dijadikan agunan
  6. Nomor mesin kendaraan
  7. Nomor BPKB kendaraan yang dijadikan agunan

Baca juga: Pinjam Uang Jaminan Sertifikat Tanah Kosong Bank BRI Mudah Kok

Itulah contoh Surat Keterangan BPKB di Bank BRI, untuk lebih detailnya kamu bisa datang langsung ke bank BRI terdekat untuk mengurus surat keterangan BPKB yang dijadikan agunan.