Pencairan Kupedes BRI Lama Kenapa Di Tolat Apa Diterima

Anda mungkin pernah mendengar tentang Kupedes BRI, yaitu salah satu produk kredit yang ditawarkan oleh Bank BRI untuk memenuhi berbagai kebutuhan, seperti modal usaha, pendidikan, perbaikan rumah, pembelian kendaraan, dan lain-lain.

Kupedes BRI memiliki banyak keuntungan, seperti bunga bersaing, syarat mudah, agunan fleksibel, angsuran sesuai kebutuhan, bonus bagi debitur yang tepat waktu, asuransi jiwa dan kesehatan, konsultasi bisnis gratis, dan proses pengajuan dan pencairan yang cepat dan digital.

Namun, meskipun proses pengajuan dan pencairan Kupedes BRI diklaim cepat dan digital, Anda mungkin pernah mengalami atau mendengar keluhan bahwa pencairan Kupedes BRI lama. Apa sebenarnya penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini.

Penyebab Pencairan Kupedes BRI Lama

Pencairan Kupedes BRI Lama Kenapa Di Tolat Apa Diterima

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi lama atau tidaknya pencairan Kupedes BRI, antara lain:

Plafon pinjaman

Semakin besar plafon pinjaman yang Anda ajukan, semakin lama proses pencairan. Hal ini karena bank perlu melakukan analisa lebih mendalam terhadap usaha, agunan, dan kemampuan membayar Anda.

Plafon pinjaman Kupedes BRI mencapai Rp250 juta, sehingga jika Anda mengajukan pinjaman di atas Rp50 juta, Anda perlu bersabar menunggu pencairan.

Kelengkapan dokumen.

Anda harus memastikan bahwa dokumen yang Anda serahkan sudah lengkap dan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dokumen yang dibutuhkan antara lain identitas diri, NPWP, surat perizinan usaha atau surat keterangan usaha, dan agunan tambahan. Jika dokumen Anda kurang lengkap atau tidak valid, maka proses pencairan akan tertunda atau bahkan ditolak.

Baca Juga : Membuat Contoh Anggaran Biaya Proposal Tinggal Salin Saja

Kondisi sistem.

Faktor lain yang dapat memperlambat pencairan Kupedes BRI adalah kondisi sistem bank. Jika sistem bank mengalami gangguan, maka proses verifikasi dan pencairan akan terhambat.

Anda harus mengecek kondisi sistem bank sebelum mengajukan pinjaman, atau menghubungi customer service bank jika mengalami kendala.

Lokasi cabang.

Anda harus mengajukan pinjaman Kupedes BRI di cabang atau unit mikro BRI terdekat dengan lokasi usaha atau domisili Anda.

Jika Anda mengajukan pinjaman di cabang yang jauh, maka proses pencairan akan lebih lama karena bank perlu melakukan survei dan penilaian terhadap usaha dan agunan Anda.

Kupedes BRI Bunganya Berapa?

Bunga Kupedes BRI 2023 berkisar antara 0,9 persen hingga 1,2 persen per bulan. Besarnya bunga yang dibebankan tergantung pada nominal plafon pinjaman yang diajukan.

Baca Juga : Membuat Contoh Anggaran Biaya Proposal Tinggal Salin Saja

Dengan kata lain, semakin besar jumlah pinjaman yang kamu ajukan, maka bunga yang dikenakan akan semakin rendah.

Kamu bisa melihat tabel angsuran Kupedes BRI untuk mengetahui rincian cicilan per bulan dan tenor maksimalnya.

Cara Mempercepat Pencairan Kupedes BRI

Untuk mempercepat pencairan Kupedes BRI, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

Mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Anda harus realistis dalam menentukan plafon pinjaman yang Anda inginkan. Jangan mengajukan pinjaman yang melebihi kebutuhan dan kemampuan Anda, karena hal ini akan mempersulit proses analisa dan pencairan.

Anda dapat menggunakan kalkulator bunga efektif untuk menghitung cicilan Kupedes BRI yang sesuai dengan budget Anda.

Baca Juga : Kelebihan Kupedes BRI Musiman 6 Bulan Pinjaman Usaha Mikro

Menyiapkan dokumen yang lengkap dan valid.

Anda harus memeriksa kembali dokumen yang Anda serahkan, apakah sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda juga harus memastikan bahwa dokumen Anda valid dan tidak kedaluwarsa. Jika dokumen Anda lengkap dan valid, maka proses verifikasi dan pencairan akan lebih cepat dan lancar.

Menggunakan aplikasi digital.

Anda dapat memanfaatkan aplikasi digital yang disediakan oleh Bank BRI, yaitu BRImo dan BRIspot, untuk mengajukan pinjaman Kupedes BRI.

Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mengisi data diri, usaha, dan agunan, serta mengunggah dokumen yang diperlukan. Anda juga dapat memilih lokasi cabang atau unit BRI yang akan melayani pengajuan Anda. Aplikasi ini dapat mempercepat proses pengajuan dan pencairan Kupedes BRI.

Baca Juga : KUR BRI Musiman 6 VS 9 Bulan Tanpa Agunan Pengajuan Mudah

Mengikuti prosedur yang benar. Anda harus mengikuti prosedur yang benar dalam mengajukan pinjaman Kupedes BRI, yaitu menghubungi cabang atau unit BRI terdekat, mengisi formulir pengajuan, menyerahkan dokumen, menandatangani perjanjian kredit, dan mencairkan pinjaman. Jika Anda mengikuti prosedur yang benar, maka proses pencairan akan lebih mudah dan cepat.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top