Pengalaman Belanja di Alibaba Reviews Kelebihan VS Kekurangan

Alibaba Group memiliki tiga platform utama, yaitu Taobao, Tmall, dan Alibaba.com. Taobao adalah pasar online konsumen-to-konsumen di Tiongkok.

Sementara Tmall adalah platform online busana dan barang-barang konsumen-to-konsumen.

Sedangkan Alibaba.com adalah platform online untuk perdagangan B2B (bisnis ke bisnis) yang memungkinkan para produsen dan distributor untuk menjual produk mereka ke konsumen global.

Alibaba menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan masuk dalam daftar perusahaan publik terbesar di dunia, serta perusahaan terbesar di Tiongkok.

Perusahaan ini juga memiliki anak perusahaan lainnya seperti AliExpress, Alipay, dan Lazada.

Baca juga: Mudah Sekali Retur Barang di Shopee yang Sudah Diterima

Minimal belanja Online di alibaba

Setiap pemasok di Alibaba dapat menentukan jumlah minimal pembelian atau MOQ (Minimum Order Quantity) yang berbeda-beda.

MOQ biasanya ditentukan berdasarkan jenis produk, jumlah produk yang dibeli, serta permintaan pasar.

Namun, untuk umumnya, jumlah minimal pembelian di Alibaba bervariasi, dan bisa mulai dari 1 hingga ribuan unit barang, tergantung pada jenis barang dan pemasok.

Beberapa pemasok bahkan menawarkan harga yang lebih murah jika jumlah pembelian mencapai batas tertentu.

Jadi, sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu pada website Alibaba untuk mengetahui MOQ dari pemasok tertentu.

Pastikan bahwa jumlah pembelian yang direncanakan memenuhi syarat minimal pembelian dari pemasok.

Baca juga: Cara Belanja di Tiktok Shop COD

Kekurangan belanja di alibaba

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun belanja di Alibaba juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  1. Risiko Penipuan: Alibaba memiliki banyak pemasok dan produsen yang beroperasi di dalamnya, sehingga ada risiko penipuan dari pemasok yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan terhadap pemasok sebelum melakukan pembelian.
  2. Pajak dan Biaya Tambahan: Biaya pajak dan bea masuk dapat menjadi masalah jika barang yang dibeli dikenakan biaya tambahan yang besar.
  3. Kualitas Barang yang Tidak Terjamin: Beberapa produk di Alibaba mungkin tidak memiliki kualitas yang diharapkan oleh konsumen. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan riset sebelum melakukan pembelian.
  4. Pengiriman yang Memakan Waktu: Terkadang pengiriman dari luar negeri dapat memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari jarak dan metode pengiriman yang digunakan.
  5. Tidak Bisa Memegang Barang: Karena pembelian dilakukan secara online, maka tidak ada kesempatan untuk melihat dan memegang barang secara langsung sebelum melakukan pembelian. Ini dapat menyebabkan ketidakcocokan antara produk yang diterima dan yang diharapkan.

Baca juga: Cara Belanja di Alibaba Aman Bahkan Bisa tanpa Pajak

Kelebihan belanja di alibaba

Berikut adalah beberapa kelebihan belanja di Alibaba:

  1. Harga yang Kompetitif: Alibaba menawarkan harga yang kompetitif karena memiliki banyak pemasok dan produsen yang bersaing dalam pasar yang sama. Hal ini dapat menguntungkan bagi konsumen yang ingin membeli produk dengan harga yang lebih terjangkau.
  2. Ketersediaan Produk yang Beragam: Alibaba memiliki ketersediaan produk yang sangat beragam dari berbagai kategori, mulai dari elektronik, fashion, alat-alat rumah tangga, hingga bahan baku. Hal ini memudahkan konsumen untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
  3. Sistem Keamanan dan Perlindungan Konsumen: Alibaba memiliki sistem keamanan dan perlindungan konsumen yang kuat. Mereka menawarkan jaminan uang kembali jika produk yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi atau kualitas yang dijanjikan.
  4. Proses Pembayaran yang Mudah: Alibaba menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran, termasuk kartu kredit, transfer bank, atau e-wallet. Hal ini memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran.
  5. Pengiriman yang Cepat: Alibaba bekerja sama dengan berbagai jasa pengiriman internasional untuk memastikan pengiriman produk yang cepat dan aman ke berbagai negara, termasuk Indonesia.
  6. Kemudahan dalam Berbelanja: Alibaba memiliki platform yang mudah digunakan dan user-friendly, sehingga konsumen dapat dengan mudah mencari dan membeli produk yang mereka inginkan.
  7. Kemudahan dalam Berkomunikasi dengan Pemasok: Alibaba menawarkan fitur pesan langsung yang memudahkan konsumen untuk berkomunikasi langsung dengan pemasok mengenai produk dan layanan yang mereka tawarkan.

Baca juga: Bisakah Belanja di Alibaba Gratis Ongkir

Supaya aman belanja online dari luar negri

Berikut beberapa tips untuk belanja online dari luar negeri yang lebih aman:

  1. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk yang ingin dibeli, termasuk spesifikasi, kualitas, harga, dan merek yang terkenal. Periksa juga reputasi penjual, melalui review dan rating dari pembeli sebelumnya.
  2. Pastikan situs e-commerce tersebut terpercaya dan sudah memiliki reputasi yang baik dalam hal keamanan dan pengiriman produk.
  3. Periksa biaya pengiriman dan pajak dengan cermat, agar tidak terkejut dengan biaya yang tidak terduga pada saat barang diterima.
  4. Hindari pembayaran melalui transfer bank atau Western Union, gunakanlah metode pembayaran yang lebih aman seperti PayPal atau kartu kredit.
  5. Pastikan situs e-commerce memiliki kebijakan pengembalian produk yang jelas dan terpercaya.
  6. Simpan semua bukti pembayaran dan pengiriman, agar bisa digunakan sebagai bukti jika terjadi masalah pada saat pengiriman atau dalam proses pembayaran.

Baca juga: Cara Import Barang dari Alibaba Bisa Tanpa PT

Dengan mengikuti tips di atas, belanja online dari luar negeri bisa menjadi lebih aman dan menghindarkan Anda dari masalah yang tidak diinginkan.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Tinggalkan Komentar

Scroll to Top