Pengalaman Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI Online

Sekarang untuk mencari modal demi membangun UMKM tidaklah terlalu sulit. Pasalnya, banyak lembaga keuangan yang menyediakan modal untuk para pelaku usaha, salah satunya yang dari dulu hingga sekarang masih menjadi pilihan utama adalah meminjam uang di bank.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi salah satu perbankan yang menyediakan layanan peminjaman modal usaha dalam programnya Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR merupakan program pendanaan bersubsidi yang bersumber dari pemerintah dengan penerapan sistem bunga yang rendah.

Program ini juga sejalan dengan komitmen BRI untuk ikut terus berkontribusi untuk memajukan UMKM yang ada di Indonesia.

Pengalaman Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI Online

Salah satu tujuan adanya program KUR ini yaitu pemerintah ingin menjadikan KUR sebagai solusi untuk mendorong pemulihan ekonomi bagi UMKM agar tetap bertahan atau membangun bisnisnya di tengah pandemi COVID-19.

Ternyata peminat UMKM yang mengajukan KUR ini cukup banyak. Di tahun 2021 saja sejak Januari hingga Desember, BRI telah mengucurkan KUR sampai Rp194,9 triliun ke 6,5 juta kepada penghutang (debitur).

Nah, dari data tersebut, Anda jadi tertarik untuk meminjam uang di KUR BRI? Sekarang cara mengajukan pinjaman KUR BRI bisa dilakukan secara cepat dan mudah dengan mengaksesnya secara online.

Melalui situs khusus KUR dari BRI, Anda bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat tanpa perlu repot datang ke kantor cabang BRI. Anda hanya tinggal mengandalkan gadget atau komputer Anda untuk melakukan pendaftarannya.

 Apa saja dan bagaimana caranya? Yuk cari tahu jawabannya!

Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mengajukan KUR BRI Online

  1. Yang mengajukan haruslah perorangan (individu).
  2. Memiliki persyaratan administrasi, seperti identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat izin usaha, misalnya dalam bentuk surat keterangan yang berasal dari  perusahaan ride hailing (jasa transportasi online) atau e-commerce.
  3. Memiliki usaha yang sudah berjalan kurang lebih enam bulan.
  4. Tidak memiliki kredit yang berasal dari bank lain.
  5. Usaha yang dijalankan tersedia atau bekerjasama dengan jasa transportasi online seperti Grab/Gojek atau di salah satu platform e-commerce (misal Tokopedia atau Shopee).

Bila Anda sudah  memenuhi semua persyaratan di atas, maka Anda bisa melakukan pengajuan pinjaman KUR BRI online pada laman https://kur.bri.co.id/.

Baca Juga: Syarat Wajib Gadai BPKB Motor Bukan Atas Nama Sendiri

Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI Online

Pengalaman Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI Online

Adapun cara mengajukan KUR BRI online 2022 bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Akses situs laman kur.bri.co.id.
  2. Pilih “Ajukan Pinjaman KUR” untuk membuat pengajuan pinjaman KUR BRI online.
  3. Silakan login dengan memasukkan alamat email aktif dan masukkan kata sandi. Bila Anda belum memiliki akun, pilih “Daftar” atau bisa juga dengan mendaftar melalui akun Google yang aktif.
  4. Silakan cek inbox email Anda dan buka email verifikasi yang sudah dikirimkan dari BRI.
  5. Lakukan log in lagi di laman https://kur.bri.co.id/ dengan menggunakan email dan kata sandi yang sudah didaftarkan sebelumnya.
  6. Klik pilihan menu “Ajukan Pinjaman KUR”.
  7. Klik “pada kotak pilihan untuk persetujuan “Setuju dan Ajukan Pinjaman.” dan “Saya adalah nasabah BRI”
  8.  Klik  kotak kecil yang bertuliskan I’m not a Robot.
  9. Isi kelengkapan informasi data diri dengan benar dan jujur seperti nama lengkap, alamat, NIK, nama ibu kandung, dll. Pastikan untuk mengecek ulang data yang sudah dimasukkan untuk mengurangi kesalahan saat menginput data pribadi.
  10. Isi kelengkapan data usaha seperti jenis dan  biaya usaha, penghasilan, nomor rekening BRI, dll).
  11. Mensubmit dokumen penunjang seperti foto usaha, KTP, pas foto, dan surat keterangan usaha.
  12. Jika sudah selesai klik “Selanjutnya” untuk masuk ke proses halaman pengajuan pinjaman.
  13. Lakukan pengisian data pengajuan.
  14. Klik  tombol “Hitung angsuran” untuk mengetahui berapa besaran jumlah angsuran yang harus Anda bayar tiap bulannya.
  15. Klik tombol “Ajukan pinjaman”.
  16. Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman pengajuan yang berisikan  informasi mengenai pinjaman Anda sudah lengkap atau belum. Jika sudah lengkap, maka akan diminta untuk menunggu 1-2 minggu sampai pengajuan Anda disetujui oleh Bank BRI.

Itu dia cara mengajukan pinjaman KUR BRI online yang bisa dilakukan. Jika pada proses cara mengajukan pinjaman KUR BRI di atas Anda mengalami hambatan.

Baca Cara Cek Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Bisa langsung menghubungi call center BRI di nomor 14017 atau 1500017, atau bisa juga dengan mengirimkan aduan ke email callbri@bri.co.id untuk informasi lebih lengkapnya.

Semoga informasi cara mengajukan pinjaman KUR BRI online di atas bisa membantu Anda melakukannya sendiri di rumah atau di mana pun. Selamat mencoba!