Pengalaman Minta Keringanan Angsuran Pinjol Online

Tidak sedikit orang yang terlilit cicilan pinjaman online, bahkan ada yang”gali lubang, tutup lubang” untuk melunasinya.Tapi, pastinya ada beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk menyiasati beban pinjaman online yang menggunung.

Tips di bawah ini adalah cara minta keringanan angsuran pinjol online yang terlalu besar supaya lebih mungkin untuk dilunasi.

Segera Ajukan Restrukturisasi

Pengalaman Minta Keringanan Angsuran Pinjol Online

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk cara minta keringanan angsuran pinjol yang sudah terlanjur membengkak yaitu mengajukan restrukturisasi kepada perusahaan pinjaman online supaya beban cicilan menjadi lebih rendah dan lebih terjangkau.

Restrukturisasi adalah upaya umum dilakukan untuk meringankan beban kredit apapun yang terlalu besar. Restrukturisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Menurunkan tingkat bunga pinjaman.
  • Memperpanjang jangka waktu atau tenor pelunasan.
  • Mengurangi tunggakan pada pokok kredit.
  • Mengurangi tunggakan pada bunga kredit.
  • Menambahkan fasilitas kredit.

Pengajuan restrukturisasi ini dapat dilakukan oleh nasabah yang mengalami kesulitan melunasi cicilan pokok atau bunga kredit. Jadi, upayakan kamu untuk segera melunasi angsuran pinjaman online, jika mampu ataupun mengajukan restrukturisasi guna meringankan beban tagihan.

Jangan sampai kamu membiarkan utang tidak terbayar sebab biasanya debt collector pinjol akan terus melakukan penagihan.

Prosedur Keringanan Pinjaman Online

Pengalaman Minta Keringanan Angsuran Pinjol Online

Ketika kamu memiliki kendala dalam bayar pinjaman online, kamu bisa meminta keringanan untuk 3 hal berikut:

Baca juga: Pinjam Uang Jaminan Sertifikat Tanah Kosong Bank BRI Mudah Kok

  • Pengajuan keringanan pembayaran angsuran hingga 70%
  • Pelunasan hutang dengan diskon hingga 70%
  • Pengajuan penundaan pembayaran hingga 1 sampai 3 bulan

Mungkin hampir sebagian besar cara minta keringanan angsuran pinjol Indodana ini ditolak. Sebab, peminjam tidak mengetahui bagaimana cara menjelaskan kondisi mereka, kemana harus mengirimkan pengajuannya dan dokumen pendukung apa saja yang dibutuhkan.

Cara Meminta Keringanan Angsuran Pinjol

Dengan 5 cara minta keringanan angsuran pinjol mudah ini, kamu dapat mengirimkan pengajuan keringanan dalam hitungan menit:

  1. Masukkan semua data hutangmu, hal ini sangat penting sebab pemberi pinjaman (perusahaan pinjaman online) ingin mengetahui berapa total hutangmu sebelum mereka menyetujui untuk memberikan keringanan angsuran
  2. Jelaskan alasan mengapa kamu tidak bisa membayar angsuran
  3. Sertakan semua dokumen pendukung
  4. Bayar dan tanda tangan dokumen
  5. Tunggu hingga pemberi pinjaman untuk menghubungimu

Cara minta keringanan angsuran pinjol online yang dilakukan ini termasuk dengan membuat dan mengirimkan permohonan untukmu berdasarkan informasi yang kamu sediakan.

Baca juga: Kemarin Gadai BPKB Motor Ke Pegadaian Atas Nama Orang Bisa

Kamu perlu memastikan isi surat permohonan tersebut sudah benar. Dokumen pendukung sebenarnya memang tidak diharuskan. Namun, jika kamu tidak menyiapkan dengan permohonan, pemberi pinjaman umumnya akan memintanya dan tentunya akan memperlambat proses permohonan keringanan angsuran.

Pemberi pinjaman nantinya akan menghubungimu secara langsung untuk membahas permohonan yang diajukan dan akan melihat apakah mereka bisa membantumu.

Jika debt collector menghubungimu pada saat kamu menunggu keputusan atas permohonan keringanan yang telah kamu ajukan. Kamu tak perlu membayar hingga menerima keputusan tertulis dari pemberi pinjaman.

Jangan pernah mempercayai whatsapp atau email apapun dari debt collector kecuali pesan dikirimkan dari email resmi ataupun akun whatsapp yang terverifikasi.

Tips Sebelum Melakukan Pengajuan

Pengalaman Minta Keringanan Angsuran Pinjol Online

Berikut beberapa tips atau saran bagi kamu yang ingin mengajukan keringanan angsuran pinjaman online, antara lain:

Baca juga: Cara Pengajuan Pinjaman Koperasi Dwi Tunggal Update

  1. Menghubungi call center pinjaman online  untuk menyampaikan keinginan melakukan restrukturisasi. Kamu bisa cek nomor kontak resmi di situs pinjol tersebut.
  2. Kemungkinan adanya restrukturisasi namun dilakukan secara case by case basis oleh perusahaan pinjaman online. Tak adanya pengumuman bukan berarti pinjaman online tak bisa memberikan restrukturisasi.
  3. Bertanyalah tentang kemungkinan secara tertulis persyaratan pengajuan restrukturisasi kredit. Lengkapilah dokumen pengajuan dan dokumen pendukung sesuai dengan prasyarat yang diajukan oleh perusahaan pinjol.
  4. Siapkan bukti dan dokumen pendukung jika kamu memiliki kendala keuangan. Bukti inilah yang sangat penting untuk menunjukkan mengapa kamu mengajukan restrukturisasi pembayaran kredit
  5. Belajarlah dari persyaratan restrukturisasi pada bank dan leasing, hal yang terpenting adalah bukti kamu memiliki kendala keuangan, memiliki track record pembayaran yang baik dan memiliki itikad baik untuk terus melanjutkan pinjaman.
  6. Saat ini belum ada panduan soal bagaimana bentuk skema restrukturisasi untuk P2P dari pihak otoritas (OJK dan AFPI) sehingga implementasinya mungkin akan sedikit berbeda antara perusahaan pinjaman online.
  7. Pelajarilah usulan restrukturisasi dengan cermat dan jangan terlalu cepat mengambil keputusan untuk menyetujuinya sebab belum tentu semua skema reschedule bisa menguntungkan peminjam.

Baca juga: Update Terbaru Persyaratan Pinjaman Koperasi Palomak

Nah, itu tadi penjelasan dan cara minta keringanan angsuran pinjol online. Perhatikan dengan benar sebelum mengambil keputusan besar, apalagi menyangkut uang.