Pengalaman Saya Resiko Tidak Membayar Rupiah Cepat

Sekarang ini jaman semakin canggih dan memudahkan banyak orang. Banyak sekali yang bis akita lakukan lewat internet, salah satunya adalah melakukan pinjaman tunai secara online. Mungkin dulu pinjaman kebanyakan hanya dapat dilakukan di bank dan menggunakan jaminan.

Maka sekarang kamu dapat dengan mudah meminjam uang tunai di beberapa aplikasi keuangan di internet, hanya bermodalkan KTP atau berkas pendukung lainnya.

Salah satu aplikasi peminjaman dana online adalah Rupiah Cepat. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai resiko tidak membayar Rupiah Cepat. Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Aplikasi Rupiah Cepat?

Sebelum mengajak kamu untuk tahu apa saja resiko apabila tidak membayar cicilan di Rupiah Cepat, maka kami akan mengajak kalian semua untuk tahu lebih dulu apa itu aplikasi Rupiah Cepat.

Rupiah Cepat merupakan plaform pinjaman P2P yang mempertemukan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman. Aplikasi pinjaman P2P ini juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga kamu tidak perlu khawatir jika melakukan pinjaman disini.

Baca juga: Pengalaman Saya Pinjam KUR BRI 50jt Cair 3 Hari

Limit pinjaman yang diberikan oleh Rupiah Cepat mencapai 10 juta rupiah dengan jangka waktu pelunasan 3 bulan, dan tersedia berbagai produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Beberapa kelebihan yang diklaim oleh Rupiah Cepat adalah pinjaman tanpa agunan atau jaminan, pinjaman fleksibel karena kamu dapat memilih berapa besarnya dan tenor waktu yang diinginkan, proses pengajuan yang cepat karena hanya membutuhkan waktu 15 menit, pencairan juga cepat, dan terlebih lagi aplikasi ini aman dan terpercaya karena diawasi oleh OJK dan merupakan anggota dari Asosiasi Fintech Pendaaan Bersama Indonesia (AFPI).

Proses Penagihan Rupiah Cepat

Apakah kamu tertarik untuk melakukan pinjaman tunai di aplikasi Rupiah Cepat atau bahkan sudah meminjam dana di aplikasi ini?

Baca juga: Sesuai Pengalaman Agar KUR BRI Disetujui Pihak Bank

Jika iya, maka tentu saja kamu harus mengetahui bagaimana proses penagihan dari Rupiah Cepat. Berikut ini adalah tahapan atau proses penagihan dari aplikasi Rupiah Cepat kepada para penggunanya:

  • Desk Collection

Tagihan pinjaman kepada pengguna tentu saja akan dilakukan menjelang tanggal jatuh tempo. Yang pertama ada Desk Collection, dimana metode penagihan menggunakan sarana komunikasi seperti melalui telepon, SMS, Whatsapp, email, reminder melalui aplikasi dan sarana komunikasi yang lainnya.

Biasanya sebelum tanggal jatuh tempo, Rupiah Cepat akan mengingatkan peminjam bahwa pinjaman mereka akan segera jatuh tempo.

  • Field Collection

Jenis penagihan yang kedua adalah Field Collection atau kunjungan. Penagihan ini dilakukan dengan cara mengunjungi ke rumah atau tempat domisili.

Baca juga: Apakah Bisa Pinjam KUR BRI Online Tanpa Jaminan

Namun tenang saja, biasanya penagihan seperti ini dilakukan apabila peminjam tidak membayar dalam waktu yang lama dan memiliki tunggakan. Biasanya lebih dari 30 hari tunggakan.

Resiko Tidak Membayar Rupiah Cepat

Pengalaman Saya Resiko Tidak Membayar Rupiah Cepat

Apakah kamu salah satu peminjam di Rupiah Cepat dan sedang memiliki kendala sehingga tidak dapat membayar cicilan di Rupiah Cepat? Kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai apa resiko tidak membayar Rupiah Cepat. Berikut ini adalah beberapa resiko yang harus kamu perhatikan:

  • Dikenakan biaya penalty per hari

Dilansir dari laman resmi Rupiah Cepat, peminjam diwajibkan untuk melakukan pembayaran pinjaman tepat waktu sesuai tanggal jatuh tempo dan nominal yang telah ditentukan di aplikasi.

Salah satu resiko apabila kamu tidak membayar tagihan atau cicilan di Rupiah Cepat adalah akan dikenakan denda berupa penalty sebesar 0,8% per harinya dengan bunga yang tidak berkurang dan terus berjalan.

Apabila kamu tidak membayarnya lewat dari tanggal jatuh tempo, maka tentu yang harus kamu bayarkan akan semakin tinggi.

Baca juga; 4 Cara Cek Status Pengajuan KUR BRI Selain Ke Kantor

  • Akun ditangguhkan

Karena kamu belum menyelesaikan tagihan atau cicilan di Rupiah Cepat, maka akun akan ditangguhkan sehingga kamu tidak dapat mengakses layanan seperti melakukan pinjaman lagi.

  • Kejaran Debt Collector yang meresahkan

Apabila kamu tidak kunjung membayar tagihan atau cicilanmu, dan mengabaikan peringatan yang diberikan melalui desk collection maka tim juga akan melakukukan penagihan ke rumah atau menghubungi kontak terdekat. Tentu hal ini akan meresahkan dan mengganggu keseharian.

  • Masuk ke Blacklist SLIK OJK

Resiko paling besar yang mungkin dapat kamu terima jika kamu tidak melunasi tagihan atau menunggak Rupiah Cepat adalah masuk ke dalam blacklist OJK sehingga nantinya kamu tidak bisa mendapatkan pinjaman dari pihak lain juga.

baca juga; Daftar 7 Aplikasi Android Pinjaman Online Terdaftar di OJK

Itulah beberapa resiko tidak membayar Rupiah Cepat, karena resikonya cukup besar maka sebaiknya apabila ada cicilan atau tagihan usahakan untuk membayarnya tepat waktu ya, sehingga tidak mempengaruhi kualitas kreditmu. Semoga yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian semua!