Pengalamanku Kabur Dari Pinjaman Online Illegal

Cara kabur dari pinjaman online ilegal adalah salah satu keyword yang memang banyak dicari tahu masyarakat. Sebab, maraknya pinjaman online ilegal yang tak terdaftar di OJK. Dengan segala keunggulannya, aplikasi pinjaman online semakin banyak bermunculan.

Lalu, bagaimana cara kabur dari pinjaman online illegal? Simak cara kabur dari pinjaman online illegal secara lengkap di bawah ini!

Cara Kabur Dari Pinjaman Online

Pengalamanku Kabur Dari Pinjaman Online Illegal

Aplikasi pinjaman online ada yang legal yakni yang telah terdaftar di OJK dan ada yang illegal. Berikut beberapa cara kabur dari pinjaman online illegal yang bisa dilakukan:

Mengganti Nomor HP yang Terdaftar

Cara kabur dari pinjaman online illegal yang pertama yakni dengan mengganti nomor handphone yang telah terdaftar di aplikasi pinjaman online tersebut. Cara ini dapat kamu rencanakan dan harus dilakukan sejak pertama kali mengajukan pinjaman.

Baca juga: Pinjaman FIF Jaminan Sertifikat Rumah 15 sampai 100 Juta

Ketika akan mengajukan pinjaman, pastinya kamu akan dimintai untuk memasukkan beberapa data diri seperti nomor handphone. Kamu dapat gunakan nomor handphone alternatif dimana itu bukanlah nomor handphone yang kamu gunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Nomor handphone ini akan digunakan oleh pihak pinjaman online untuk penagihan atas utang yang kamu ajukan. Jadi, dengan cara mengganti nomor handphone, kamu akan terhindar dari segala telepon teror dari dept collector.

Tak hanya itu, dengan cara menggunakan nomor alternatif, pihak pinjaman online juga tidak bisa melakukan pelacakan dan mengakses informasi pribadi sebab kamu tidak menggunakan nomor itu untuk keperluan pribadi.

Siapkan Mental

Cara kabur dari pinjaman online illegal kedua yakni dengan mempersiapkan mental yang kuat. Selama proses menghindari semua bentuk penagihan dari pihak pinjaman online, kamu membutuhkan mental yang kuat.

Hal ini karena pinjaman online ilegal umumnya akan menagih dengan sangat intens, tak kenal waktu, hingga membuat kamu kelelahan secara mental. Dengan memiliki mental kuat, hal tersebut tidak akan membuatmu merasakan tekanan mental. Jadi, perlu kamu persiapkan sebelum mengajukan pinjaman online adalah memantapkan mental dan hati.

Baca juga: Pinjam Uang Jaminan Sertifikat Tanah Kosong Bank BRI Mudah Kok

Mengajukan Laporan Atas Pencemaran Nama Baik

Pengalamanku Kabur Dari Pinjaman Online Illegal

Cara kabur dari pinjaman online illegal selanjutnya yakni dengan mengajukan laporan ke pihak berwajib atas pencemaran nama baik. Cara ini adalah cara ekstrim dan mungkin dapat dilakukan setelah kamu telah mencoba berbagai hal.

Berdasarkan UU No.39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, hutang piutang tidak dapat memenjarakan seseorang. Dengan begitu, kamu tidak akan ditahan apabila kamu tidak mampu membayar utang tersebut.

Kondisi inilah yang bisa kamu gunakan untuk melawan balik pihak pinjaman online apabila proses penagihan uangnya telah masuk ke kategori pencemaran nama baik. Kamu bisa melaporkan kepada pihak berwajib tanpa perlu khawatir jika mereka akan menuntut balik.

Memberitahu Kontak Para Penjamin Pinjaman

Terdapat cara menghindari pinjaman online illegal yakni dengan memberitahu kontak penjamin pinjaman dimana data ini nantinya akan diminta oleh pinjaman online ilegal saat akan dimintai data terkait kontak penjamin.

Baca juga: Kemarin Gadai BPKB Motor Ke Pegadaian Atas Nama Orang Bisa

Kontak penjamin akan dihubungi oleh pihak pinjaman online ilegal untuk menagih hutangmu. Jadi, jika kontak penjamin dapat diajak kerja sama untuk kabur dari penagihan tersebut, maka kamu dapat bernafas lega.

Proses sulitnya pihak pinjaman online ilegal mendapatkan informasi lebih tentang keberadaanmu, maka cara ini akan lebih mudah dilakukan.

Pindah Rumah Kontrakan

Cara kabur dari pinjaman online illegal terakhir yakni dengan pindah rumah. Hal ini bisa kamu rencanakan sedari awal saat mengajukan pinjaman. Jika kamu mengontrak, maka ini akan lebih mudah lagi untuk pindah alamat kosan atau rumah.

Dengan pindah kontrakan, rumah atau kosan, maka pihak pinjaman online tidak bisa mendatangi ke rumah sebab alamatmu telah berubah. Hal ini juga akan menyulitkan pihak pinjaman online ilegal untuk mendatangimu secara langsung untuk menagih hutang tersebut.

Baca juga:Pengalaman Minta Keringanan Angsuran Pinjol Online

Beberapa cara kabur dari pinjaman online illegal di atas, yang pasti membutuhkan keberanian, keyakinan dan pertahanan diri yang kuat. Jadi, sebelum kamu mengajukan hutang, lebih baiknya kamu memikirkan tentang apakah kamu bisa melunasinya atau tidak.