Pengalamanku Lama Pencairan KUR BRI Setelah Survey

Dalam proses mengajukan KUR BRI hingga akhirnya disetujui oleh pihak bank, tidaklah rumit. Asalkan Anda mengikuti semua persyaratan dan prosedur yang sudah ditentukan.

Salah satu tahapan yang harus Anda lalui agar pengajuan disetujui yaitu pihak bank nantinya akan melakukan survey ke tempat usaha dan tempat tinggal Anda.

Di saat survey tersebut juga pihak bank akan mengecek catatan atau pembukuan pemasukan dan pengeluaran untuk melihat kelancaran usaha hingga mempertimbangkan karakter dari Anda sebagai peminjam dana KUR.

Pengalamanku Lama Pencairan KUR BRI Setelah Survey

Bahkan ada juga petugas bank yang akan bertanya pada tetangga atau orang terdekat dengan rumah Anda. Mereka akan bertanya, Anda orang yang seperti apa, bagaimana usaha yang dijalankan, dan lain-lain.

Saat melakukan survey, petugas bank akan memfoto  beberapa hal, misalnya tempat usaha, barang atau harta yang menjadi jaminan maupun foto Anda sebagai peminjam.

Survey Penentu Persetujuan Besaran Pinjaman

Survey merupakan metode penilaian akhir yang perlu dilakukan dan juga yang ikut menentukan apakah pengajuan pinjaman Anda disetujui atau ditolak. Setelah melakukan survey, pihak bank juga memerlukan waktu untuk menganalisis semua informasi yang sudah mereka peroleh baik tertulis maupun yang ada di lapangan.

Petugas bank perlu teliti dan berhati-hati saat melakukan survey dan menganalisis hasilnya untuk mengurangi risiko terjadinya masalah di kemudian hari.

Survey dilakukan untuk mengecek apakah data yang Anda berikan pada saat mengisi formulir pengajuan valid atau tidak. Tujuan lainnya dari survey untuk melihat apakah Anda sebagai peminjam (debitur) bisa memenuhi kewajiban atas pinjamannya.

Baca juga: 10 Penyebab Shopee Pinjam Ditolak Terus ini Pengalamanku

Kemudian, ketika pihak bank sudah melakukan survey, mungkin Anda merasa penasaran, berapa lama pencairan KUR BRI setelah survey?

Untuk menjawab rasa penasaran Anda berapa lama pencairan KUR BRI setelah survey, yuk ikuti beberapa informasi berikut ini.

Pengalamanku Lama Pencairan KUR BRI Setelah Survey

Kapan KUR BRI Cair Setelah Survey ??

Bila survey sudah dilakukan dan semua berkas sudah dilengkapi, maka Anda akan segera mengetahui keputusan persetujuan pembiayaan.

Baca juga: Bila Telat Bayar Segini Denda Biaya Keterlambatan Indodana

Bank BRI biasanya akan memberikan keputusan diterima atau ditolaknya pengajuan pinjaman Anda dalam durasi waktu  7 sampai 14 hari setelah melakukan survey dengan memberi tahu Anda baik melalui telepon maupun email. Nantinya Anda akan diminta datang ke kantor cabang BRI yang menjadi tempat Anda mendaftarkan pinjaman.

Di sana petugas BRI akan kembali menjelaskan berapa jumlah  angsuran yang harus Anda bayar setiap bulannya, tanggal pembayaran, dan jumlah denda serta apa saja sanksi yang dikenakan jika terlambat membayar angsuran bulanan.

Tapi, ada juga kondisi di mana pihak bank memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa memberikan keputusan, misalnya hingga satu bulan lamanya.

Penyebab Proses Pencairan BRI lama

Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Misalnya, permintaan untuk KUR terlalu banyak, sehingga petugas Bank BRI harus secara bergantian memproses banyaknya pengajuan KUR.

Bisa juga dipengaruhi karena saat Anda mengajukan pinjaman, uang KUR BRI sedang terbatas, uji kelayakan usaha yang diajukan oleh Anda belum selesai dilakukan dan lain-lain.

Baca juga: Tak Perlu Antri Pengajuan Kredit FIF Online Mudah Sekarang

Mungkin juga pencairan dana Anda tertunda karena proses pengecekan dan analisa harus berhenti sementara waktu. Sebabnya bisa jadi karena ada hari libur atau tanggal merah seperti perayaan hari besar keagamaan seperti natal, idul fitri, waisak, atau peringatan hari besar lainnya.

Jika begitu, hindari mengajukan KUR BRI mendekati hari libur. Lebih baik lakukan di hari kerja saja. Pastikan juga dokumen yang perlu disubmit sudah lengkap, agar pengajuan KUR Anda bisa segera diproses.

Jujur Dan Koorpratis Saat Mantri Bri Survey

Tips tambahan, saat proses survey sedang berjalan, Anda perlu kooperatif dan buatlah petugas survey merasa terkesan pada Anda. Dengan begitu, siapa tahu bisa membuat pengajuan Anda bisa cepat diproses dan disetujui.

Jika selama 1 bulan, status dan dana KUR BRI Anda belum juga turun, sebaiknya  segera hubungi atau datangi kantor cabang BRI tempat Anda mengajukan KUR. Di sana Anda bisa bertanya terkait status pengajuan kepada customer service apa alasan KUR tidak segera juga disetujui dan cair.

Baca juga: Daftar 7 Pinjol Online Pinjaman 25 Juta Tanpa Jaminan

Silakan menghubungi call center BRI untuk menanyakan hal-hal terkait kendala atau hal lainnya terkait pinjaman KUR BRI dengan menghubungi langsung di nomor 14017 atau 1500017. Atau jika Anda lebih nyaman berkomunikasi melalui email, bisa kirimkan berbagai pertanyaan melalui  callbri@bri.co.id.