Sesuai Pengalaman Agar KUR BRI Disetujui Pihak Bank

Jika Anda sedang mencari-cari bank mana yang memiliki persyaratan mudah untuk mengajukan kredit usaha rakyat (KUR), BRI jadi salah satu jawabannya. Mengajukan pinjaman KUR BRI tidak sesulit yang dibayangkan. Semua persyaratannya sudah tertera dalam situs resmi https://kur.bri.co.id/

Agar KUR BRI disetujui pihak bank, Anda harus cermat memperhatikan dan memastikan semua persyaratan telah dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman. Beberapa persyaratan dan hal-hal yang harus diperhatikan seperti:

Memiliki Izin Usaha yang Legal

Agar KUR BRI disetujui pihak bank, salah satu hal yang harus Anda pastikan adalah usaha yang Anda bangun harus memiliki izin yang jelas dan memastikan usaha tersebut legal. Anda harus memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Jika belum memilikinya, sebaiknya segera lakukan pengajuan agar nantinya KUR BRI bisa diterima. Dengan adanya izin usaha yang legal dan jelas, akan membuat pihak bank jadi mempercayai bisnis yang Anda jalani.

Pastikan Status BI Checking Bagus

Semua riwayat perbankan atau peminjaman kita akan tercatat di BI Checking seperti tidak ada kredit macet, rutin membayar cicilan tiap bulan, berapa nilai plafon kredit yang dimiliki, berapa jumlah pokok utang yang tersisa, dan lain-lain.

Nah, jika selama peminjaman, pembayaran yang dilakukan lancar, maka tak perlu khawatir, pasti BI Checking Anda memiliki status yang bagus.

Baca juga: Ini Syarat Pinjaman Adira Jaminan BPKB Motor Mobil

Memenuhi Persyaratan Administrasi

Cek apa saja persyaratan administrasi yang diperlukan agar KUR BRI disetujui pihak bank. Beberapa dokumen wajib yang seringkali diminta untuk mengajukan KUR, yaitu:

  • Dokumen keuangan milik usaha
  • Dokumen pribadi yang meliputi KTP, KK, akta pendirian dan perubahan, akta nikah, dan lainnya
  • Dokumen agunan (jaminan)
  • Dokumen perizinan usaha; TDP, SIUP, NPWP, dan perizinan lainnya

Tidak Ada Kredit atau Pinjaman dari Bank Lain

Bank BRI menetapkan syarat agar KUR BRI disetujui pihak bank sebaiknya Anda tidak memiliki pinjaman atau kredit apapun. Namun, pihak BRI masih memperbolehkan Anda memiliki kredit konsumtif contohnya KPR dan Kartu Kredit.

Tidak Menggabung Keuangan Pribadi dan Usaha

Pihak bank akan mengecek riwayat transaksi dan kredit dari Anda sebagai calon peminjam.

Sebaiknya, keuangan pribadi dan usaha jangan digabung. Salah satu tujuannya adalah agar Anda dapat mengelola arus kas (cash flow) dengan mudah dan tak perlu takut uang usaha tercampur dengan uang pribadi.

Baca juga: Ini Jenis-jenis Sanksi Kredit Macet KUR BRI

Jalankan Usaha Selama Minimal 6 Bulan

Peminjam yang mempunyai kesempatan besar diterima pengajuan KUR BRI-nya adalah Anda yang sudah memiliki usaha dan aktif berjalan selama minimal 6 bulan. Anda bisa membuktikannya dengan arus kas selama enam bulan terakhir.

Tentukan Detail Pengajuan KUR

Pertimbangkan beberapa hal seperti berapa jumlah nominal dana yang diperlukan, tujuan usaha dan meminjam uang untuk digunakan sebagai apa, berapa lama jangka waktu pinjaman, dan lain sebagainya.

Beberapa hal di atas perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan KUR BRI. Hal ini juga bisa menambah keyakinan pihak bank jika Anda adalah orang yang bisa dipercaya.

Baca juga; Teryata Ini Alasan Pengajuan KUR BRI Ditolak Terus

Siapkan Jaminan (Agunan) Sebelum Melakukan Pengajuan Kredit

Sesuai Pengalaman Agar KUR BRI Disetujui Pihak Bank

Pertimbangkan apa jaminan yang akan diberikan pada bank jika selama proses mencicil pembayaran pinjaman, ternyata Anda tidak dapat membayar tepat waktu atau menunggak terlalu lama.

Pastikan untuk menyiapkan jaminan yang memiliki nilai sama atau lebih tinggi, dari nilai kredit yang akan dipinjam, misalnya rumah, tanah, atau kendaraan pribadi.

Keuangan Tersusun dengan Rapi

Meski tidak tertulis, tapi laporan keuangan juga akan diperhatikan oleh pihak bank sebelum menyetujui pengajuan KUR BRI Anda.

Laporan keuangan bisa digunakan sebagai penunjang untuk menambah tingkat kepercayaan bank pada kemampuan Anda dalam mengelola dan mengelola dana KUR.

Cek Apakah Semua Persyaratan Sudah Terpenuhi

Jangan sampai pengajuan KUR BRI Anda tertolak hanya karena alasan sederhana seperti persyaratan administrasi yang kurang lengkap. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda terburu-buru menyiapkan segala persyaratan.

Baca juga: Pengalaman Saya Pinjam KUR BRI 50jt Cair 3 Hari

Maka dari itu, sebelum mendaftarkan diri untuk mendapatkan KUR BRI, sebaiknya cek beberapa kali semua persyaratan.

Semoga Tips agar KUR BRI disetujui pihak bank di atas bisa mempermudah Anda untuk mengajukan pinjaman KUR BRI. Selamat mencoba!