Simulasi KPR BCA Tenor, Cicilan dan Bunga

KPR BCA adalah salah satu produk kredit pemilikan rumah yang ditawarkan oleh Bank Central Asia (BCA).

KPR BCA memiliki beberapa keunggulan, seperti proses cepat, bunga kompetitif, plafon tinggi, dan tenor fleksibel.

Jika Anda tertarik untuk mengajukan KPR BCA, maka Anda bisa melakukan simulasi kpr bca terlebih dahulu untuk mengetahui estimasi angsuran dan biaya-biaya yang harus dibayar.

Apa itu simulasi kpr bca?

Simulasi kpr bca adalah sebuah fitur yang disediakan oleh BCA untuk membantu calon nasabah dalam menghitung angsuran dan biaya-biaya yang terkait dengan pengajuan KPR BCA.

Simulasi KPR BCA Tenor, Cicilan dan Bunga

Dengan simulasi kpr bca, Anda bisa mengetahui berapa jumlah pinjaman, bunga, tenor, angsuran per bulan, biaya administrasi, biaya provisi, biaya asuransi jiwa, dan biaya asuransi kebakaran yang harus dibayar.

Perlunya melakukan simulasi kpr bca?

Simulasi kpr bca sangat penting untuk dilakukan sebelum mengajukan KPR BCA karena:

Membantu Anda dalam merencanakan anggaran

Dengan simulasi kpr bca, Anda bisa mengetahui berapa besar angsuran per bulan yang harus dibayar selama masa kredit.

Hal ini akan membantu Anda dalam merencanakan anggaran dan mengatur cash flow Anda agar tidak terlalu berat dalam membayar cicilan.

Membantu Anda dalam memilih produk KPR BCA yang sesuai

Dengan simulasi kpr bca, Anda bisa membandingkan berbagai produk KPR BCA yang ditawarkan, seperti fix & floating atau berjenjang. Anda bisa memilih produk KPR BCA yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Membantu Anda dalam menyiapkan dokumen dan persyaratan

Dengan simulasi kpr bca, Anda bisa mengetahui berapa besar uang muka (DP) yang harus disiapkan dan berapa besar biaya-biaya lainnya yang harus dibayar.

Membantu Anda dalam menyiapkan dokumen dan persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan KPR BCA.

Cara melakukan simulasi kpr bca

Cara melakukan simulasi kpr bca sangat mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Kunjungi website Rumahsaya BCA

Website Rumahsaya BCA adalah website resmi milik KPR BCA yang menyediakan berbagai informasi dan fitur terkait dengan KPR BCA. Anda bisa mengakses website Rumahsaya BCA.

Simulasi KPR BCA Tenor, Cicilan dan Bunga

Pilih menu Simulasi KPR

Di halaman utama website Rumahsaya BCA, Anda bisa memilih menu Simulasi KPR yang terletak di bagian atas.

Anda akan diarahkan ke halaman Simulasi KPR yang menyediakan beberapa pilihan simulasi sesuai dengan keperluan Anda, seperti pembelian, refinancing, renovasi, kemampuan, atau bandingkan bunga.

Masukkan data yang dibutuhkan

Setelah memilih jenis simulasi yang diinginkan, Anda harus mengisi data yang dibutuhkan pada fitur simulasi yang tersedia. Data yang dibutuhkan meliputi harga properti, uang muka (DP), jenis program (fix & floating atau berjenjang), besar bunga, dan panjang tenor.

Lihat hasil simulasi.

Setelah mengisi data yang dibutuhkan, Anda bisa melihat hasil simulasi secara otomatis di bagian bawah fitur simulasi.

Hasil simulasi akan menampilkan nominal angsuran per bulan dari total pinjaman yang diajukan. Anda juga bisa melihat rincian angsuran per bulan dari setiap tahunnya dengan mengklik tombol Lihat Simulasi Lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh hasil simulasi dalam bentuk PDF dengan mengklik tombol Download.

Berapa gaji minimal untuk KPR BCA?

Persyaratan untuk mengajukan KPR BCA, seperti:

  1. Gaji minimum Rp 8 juta per bulan.
  2. Warga Negara Indonesia.
  3. Karyawan lama bekerja minimal 1 tahun di perusahaan yang sama atau total masa kerja 2 tahun.
  4. Profesional/wirausahawan dengan masa kerja minimal 2 tahun di bidang yang sama.
  5. Usia minimal 18 tahun atau sudah menikah.

Bunga KPR BCA saat ini

BCA menawarkan bunga KPR terendah sepanjang masa yaitu 2,65% p.a fix 1 tahun.

Selain itu, BCA juga menawarkan berbagai pilihan suku bunga dengan tenor hingga Fix 10 Tahun, Fix 2 tahun dan Cap 3 tahun mulai dari 3.66%. Anda dapat memilih bunga KPR BCA yang paling menguntungkan untuk Anda.

Lama proses KPR Bank BCA

Untuk mengetahui apakah aplikasi permohonan KPR Anda diterima, membutuhkan waktu 5 – 10 hari kerja. Proses persetujuan dokumen pengajuan dapat berlangsung antara 1 hingga 2 minggu.

Jika persyaratan terpenuhi, berkas-berkas lengkap, dan riwayat kredit baik, tak butuh waktu lama bagi pihak bank untuk melakukan konfirmasi. Dalam waktu seminggu bank akan menghubungi Anda untuk memberitahukan soal permohonan KPR yang diterima.

KPR bisa sampai umur berapa?

Usia kreditur KPR mempengaruhi panjang tenor cicilan yang bisa diambil. Panjang waktu tenor ini beragam dan umumnya maksimal 25 tahun, tergantung bank.

Pada umumnya, bank membatasi tenor pelunasan KPR hingga kreditur berumur 65 tahun. Namun, ada beberapa bank yang menawarkan tenor yang lebih lama.

Misalnya, UOB Indonesia memiliki ketentuan baru untuk KPR yaitu panjang tenor hingga 30 tahun, lebih lama dari bank lain. Selain itu, nasabah masih bisa mencicil KPR hingga usia 70 tahun.

Baca Juga: Cara Menghitung Pelunasan KUR BRI

Berapa bunga floating KPR BCA?

Suku bunga floating memberikan fleksibilitas karena bisa naik atau turun sesuai dengan perubahan pasar keuangan, namun juga bisa membawa risiko karena cicilan Anda dapat meningkat jika suku bunga acuan naik.Suku bunga floating KPR BCA saat ini adalah 11%.

Apakah gaji 5 juta bisa KPR?

Kemampuan untuk mendapatkan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dengan gaji 5 juta rupiah tergantung pada beberapa faktor, termasuk besarnya pinjaman yang Anda butuhkan, suku bunga KPR saat itu, lama tenor KPR, dan persyaratan dari bank atau lembaga keuangan yang Anda ajukan.

Bank atau lembaga keuangan biasanya memiliki perhitungan tertentu terkait berapa besar cicilan bulanan yang dapat Anda tanggung berdasarkan gaji Anda. Perhitungan ini dapat berbeda-beda antara satu bank dengan bank lainnya.

Secara umum, bank akan mempertimbangkan rasio antara penghasilan bulanan Anda dengan cicilan KPR yang diinginkan. Rasio ini dikenal sebagai Debt-to-Income Ratio (DTI Ratio).

Baca Juga: Donatur Pelunasan Hutang Anda Bisa Mengajukan

DTI Ratio umumnya tidak boleh melebihi persentase tertentu dari pendapatan bulanan Anda, dan ini bisa berbeda-beda tergantung pada bank dan kebijakan saat itu.

Namun, dengan gaji 5 juta rupiah, kemungkinan besar Anda perlu memperhatikan beberapa poin:

  1. Uang Muka (DP): Biasanya, Anda perlu membayar uang muka sebelum mendapatkan KPR. Besaran DP ini bervariasi, namun umumnya berkisar antara 20-30% dari harga rumah. Jika Anda memiliki uang muka yang cukup besar, peluang mendapatkan KPR dengan gaji 5 juta rupiah akan lebih baik.
  2. Suku Bunga: Suku bunga KPR dapat mempengaruhi besarnya cicilan bulanan. Semakin tinggi suku bunga, semakin besar cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulan.
  3. Tenor KPR: Lama tenor (jangka waktu) KPR juga mempengaruhi besar cicilan bulanan. Semakin lama tenor, cicilan bulanan akan lebih kecil, namun total pembayaran bunga pada akhirnya akan lebih tinggi.
  4. DTI Ratio: Bank akan memperhitungkan rasio cicilan bulanan KPR dengan gaji Anda. Jika cicilan KPR melebihi batas yang ditetapkan oleh bank, kemungkinan Anda akan menghadapi kesulitan untuk mendapatkan persetujuan KPR.

Baca Juga: Cara Menghitung Penalti Kredit di Percepat Bank BRI

Selain itu, penting untuk diingat bahwa kondisi ekonomi dan kebijakan perbankan dapat berubah dari waktu ke waktu.

Gaji 5 juta rupiah mungkin memungkinkan Anda mendapatkan KPR pada saat tertentu, tetapi mungkin tidak pada masa lain jika ada perubahan suku bunga atau persyaratan kredit.

Advertisement
Bagikan Jika Bermanfaat

Leave a Comment

Scroll to Top