Cara Cek Pengajuan Pinjaman KUR BRI Pengalaman Sendiri

Jika Anda sedang berencana membangun atau sedang merintis UMKM dan memerlukan modal dengan bunga yang rendah, mengajukan KUR bisa jadi solusinya

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program kredit bersubsidi yang disediakan pemerintah dengan bunga rendah untuk para UMKM.

Beberapa sektor usaha yang bisa mengajukan KUR di antaranya di bidang perdagangan, industri pengolahan, perikanan, pertanian, konstruksi, pertambangan garam rakyat, pariwisata, atau penyedia jasa.

Besaran Bunga Pinjaman Kur BRI

Cara Cek Pengajuan Pinjaman KUR BRI Pengalaman Sendiri

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menjadi salah satu layanan perbankan yang menyediakan layanan KUR. KUR BRI menerapkan kebijakan jika maksimal pinjaman yang akan diberikan mencapai Rp50 juta dengan besaran suku bunga sebesar 6%. Lama jangka waktu pengembalian pinjaman KUR juga cukup fleksibel yaitu ada yang 12, 18 atau 24 bulan. Pengajuan KUR BRI juga tidak dikenakan biaya administrasi dan provisi.

Mengutip dari Kompas.com, dalam beberapa tahun terakhir, banyak UMKM yang memilih program pembiayaan KUR BRI. Pada Januari 2021 sampai Desember 2021, BRI telah setidaknya 6,5 juta debitur sudah mendapatkan bantuan dan total dana yang disalurkan yaitu mencapai Rp194,9 triliun.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena pinjaman KUR BRI sendiri memiliki banyak kelebihan. Beberapa di antaranya yaitu menyediakan limit besar, bisa digunakan dalam jangka panjang, dan menerapkan suku bunga rendah.

Perlu diketahui, tidak semua pelaku usaha bisa mengajukan pinjaman BRI. Salah satu syarat jika ingin mengajukan pinjaman yaitu Anda merupakan pelaku UMKM yang usahanya sudah terdaftar di online merchant seperti penyedia layanan transportasi online (Grab atau Gojek), e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dll atau partner digital yang telah bekerja sama dengan BRI. Selain itu, usaha yang Anda jalankan juga harus berusia minimal enam bulan.

Cara Cek Pengajuan Pinjaman BRI

Bagi Anda yang sudah mengajukan pinjaman KUR BRI dan sudah tidak sabar menunggu, maka tak perlu menunggu sampai pihak bank memberitahu apakah status pinjaman Anda disetujui atau tidak.

Hal ini karena BRI sendiri sudah menyediakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu nasabah mengecek pengajuan pinjaman KUR BRI. Anda bisa mengaksesnya melalui  aplikasi BRImo yang bisa diunduh dari smartphone maupun halaman situs khusus pinjaman BRI.

Cek Melalui BRImo

Cara Cek Pengajuan Pinjaman KUR BRI Pengalaman Sendiri

Cara cek pengajuan pinjaman KUR BRI yang pertama yaitu dengan menggunakan aplikasi BRImo. Bila pengajuan pinjaman Anda sudah diproses oleh pihak bank BRI maka uang pinjaman akan di transfer ke Rekening tujuan yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Nah, cara cek pengajuan KUR BRI yang bisa dilakukan yaitu dengan memeriksa apakah dana pinjaman sudah masuk ke rekening Anda dengan memanfaatkan aplikasi BRImo yang ada di smartphone.

Melalui Web Bank BRI

Cara Cek Pengajuan Pinjaman KUR BRI Pengalaman Sendiri

Cara cek pengajuan pinjaman KUR BRI yang bisa dilakukan yaitu dengan mengandalkan nomor Referensi pinjaman yang diperoleh saat proses pengajuan.

Cara mengeceknya cukup mudah yaitu:

  • Buka laman https://pinjaman.bri.co.id/pengajuan/form/tracking di PC/komputer/smartphone
  • Bila sudah terbuka, Anda bisa memasukkan no referensi pinjaman kemudian tekan enter.
  • Tunggu hingga proses selesai, kemudian akan muncul informasi terkait status pengajuan pinjaman Anda.

Waktu yang Diperlukan untuk Proses Pengajuan KUR BRI

Hampir semua proses peminjaman yang dilakukan di perbankan memerlukan waktu beberapa hari, begitu pula dengan pinjaman KUR BRI.

Hal ini karena pihak Bank BRI akan melakukan survei atau verifikasi data dan ke tempat nasabah untuk menyamakan kecocokan informasi yang sudah Anda berikan sebelumnya pada saat proses pendaftaran atau pengajuan pinjaman KUR BRI.

Agar Anda sebagai pemohon bisa lolos atau pengajuan pinjaman KUR BRI disetujui oleh pihak bank, pastikan untuk melengkapi semua persyaratan yang telah ditentukan dengan benar dan jujur.

Baca Syarat Wajib Gadai BPKB Motor Bukan Atas Nama Sendiri

Untuk kisaran waktunya, proses pengajuan KUR BRI yaitu 7-14 hari. Namun, bisa jadi pihak BRI memerlukan waktu yang lebih lama untuk memverifikasi data dan pengajuan Anda.

Itu tadi 2 cara cek pengajuan pinjaman KUR BRI yang bisa dilakukan. Semoga Anda jadi tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui pinjaman KUR BRI Anda ya!