Teryata Ini Alasan Pengajuan KUR BRI Ditolak Terus

Proses pengajuan KUR BRI termasuk mudah, asalkan Anda memenuhi semua persyaratan yang sudah ditentukan pihak bank dan lolos survei oleh pihak BRI.

Meski begitu, ada saja beberapa kondisi yang membuat seseorang mengalami kendala dalam mengajukan KUR BRI.

Agar menghindari gagalnya Anda mendapatkan pinjaman modal untuk usaha Anda, yuk cari tahu apa saja yang menjadi alasan pengajuan KUR BRI ditolak berikut ini.

Dokumen Tidak Valid atau Tidak Lengkap

Teryata Ini Alasan Pengajuan KUR BRI Ditolak Terus

Sangat disayangkan kalau alasan pengajuan KUR BRI ditolak hanya karena dokumen yang Anda sertakan atau isi tidak lengkap atau tidak valid. Biasanya dokumen yang diperlukan yaitu KTP, surat izin usaha, Kartu keluarga, dan NPWP.

Solusinya, Anda perlu baca dengan teliti apa saja dokumen yang harus diisi dan lampirkan. Jangan sampai hanya karena masalah sederhana seperti ini menghambat Anda mendapatkan modal usaha.

Mempunyai Riwayat Pinjaman yang Kurang Bagus

Jika sebelumnya Anda memiliki riwayat pembayaran atau pinjaman yang buruk, misalnya sering menunggak dan kurang lancar dalam setiap prosesnya, maka akan membuat pengajuan KUR BRI sulit disetujui.

Solusi  agar terhindar dari masalah tersebut adalah dengan membiasakan untuk membayar semua tagihan tepat waktu.

Baca juga; Syarat Wajib Gadai BPKB Motor Bukan Atas Nama Sendiri

Ada Tanggungan atau Tunggakan Pinjaman Lain

Coba cek apakah Anda memiliki tanggungan atau tunggakan dari bank BRI dengan program berbeda atau bank lain? Jika ada, itulah salah satu alasan pengajuan KUR BRI ditolak.

Sebaiknya agar pengajuan pinjaman Anda bisa disetujui, selesaikan atau lunasi terlebih dulu tunggakan dan tanggungan yang dimiliki sekarang. Setelah itu, baru ajukan pinjaman KUR BRI.

Tidak Memiliki Tujuan Pengajuan KUR yang Jelas

Teryata Ini Alasan Pengajuan KUR BRI Ditolak Terus

Bank BRI ingin tahu apa alasan terkuat Anda meminjam KUR pada mereka. Dengan alasan atau tujuan usaha yang jelas, akan mempermudah Anda mendapat persetujuan dari pihak bank.

Baca juga: Pengalaman Cara Mengajukan Pinjaman KUR BRI Online

Tapi sebaliknya, jika tujuan usaha Anda tidak jelas, misalnya mengajukan pinjaman  bukan untuk tambahan modal usaha, namun demi memenuhi kebutuhan konsumtif atau kebutuhan lain yang tidak berhubungan dengan usaha UMKM, maka jangan heran jika ini menjadi salah satu alasan pengajuan KUR BRI ditolak.

Maka sebelum mengajukan KUR BRI, Anda harus memiliki tujuan kuat dan jujur dengan kondisi usaha yang dijalani.

Usaha yang Dijalankan Kurang dari 6 Bulan

Alasan pengajuan KUR BRI ditolak lainnya yaitu usaha yang Anda jalankan belum mencapai enam bulan. Itulah sebabnya jangan terburu-buru mengajukan pinjaman.

Pihak bank juga ingin tahu bagaimana kegiatan usaha Anda, apakah konsisten dijalankan atau tidak. Jadi, sebaiknya tetap jalankan usaha Anda setiap hari walaupun belum ada perkembangan signifikan.

Agunan Tidak Memenuhi Syarat

Pastikan Anda memberikan jaminan yang sesuai dan sudah memenuhi syarat dari pihak bank. Pasalnya, jika jaminan yang Anda berikan tidak sesuai, maka berisiko menjadi alasan pengajuan KUR BRI ditolak.

Baca juga; Ini Syarat Pinjaman Adira Jaminan BPKB Motor Mobil

Bila Anda mengajukan KUR BRI dalam jumlah besar, maka agunan yang menjadi jaminan juga harus sesuai dengan nominal pinjaman. Biasanya yang menjadi agunan seperti sertifikat tanah/rumah maupun BPKB motor/mobil.

Jika Anda memerlukan sekali dana pinjaman KUR BRI, namun tidak memiliki agunan, maka pihak bank akan menyarankan untuk mengambil pinjaman jenis KUR BRI yang tidak mensyaratkan agunan atau jaminan.

Meminjam Dana KUR Terlalu Besar

Alasan pengajuan KUR BRI ditolak selanjutnya yaitu jumlah dana KUR yang Anda minta terlalu besar atau melebihi batas dari jaminan.

Perlu diketahui jika batas maksimal KUR BRI sendiri yaitu sebesar Rp50 juta. Agar terhindar dari penolakan, ajukanlah pinjaman berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Pendapatan Per Bulan yang Tidak Bisa Menutupi Cicilan Setiap Bulannya

Coba perhitungkan apakah pendapatan perbulan dari usaha Anda bisa digunakan untuk membayar cicilan setiap bulannya? Jika belum bisa, maka bank BRI akan menolak pinjaman yang Anda ajukan.

Baca juga: Ini Jenis-jenis Sanksi Kredit Macet KUR BRI

Lebih baik sesuaikan saja pinjaman dengan pendapatan yang biasa Anda peroleh per bulan dari usaha yang dilakukan. Hindari memaksakan keadaan karena jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang gara-gara membayar cicilan.

Semoga dengan mengetahui apa saja alasan pengajuan KUR BRI ditolak, kemungkinan pinjaman Anda bisa cepat diterima oleh pihak BRI ya.