Update Daftar 5 Koperasi Simpan Pinjam yang Terdaftar di OJK

Selain dapat melakukan pinjaman di aplikasi fintech, kamu juga dapat melakukan pinjaman di KSP atau koperasi simpan pinjam.

Selain dapat melakukan pinjaman, di koperasi simpan pinjam kamu juga dapat menabung. Kali ini kami akan memberikan informasi menarik mengenai daftar koperasi simpan pinjam yang terdafar di OJK.

Sehingga kamu yang sedang mencari jasa simpan pinjam, dapat menggunakan yang sudah aman dan terdaftar. Simak lengkapnya di bawah ini!

5 Koperasi Simpan Pinjam Legal Terdaftar di OJK

Update Daftar 5 Koperasi Simpan Pinjam yang Terdaftar di OJK

Koperasi simpan pinjam pertama yang terdaftar di OJK dan sudah memiliki izin usaha adalah koperasi LKM Artha Nugraha. Koperasi simpan pinjam ini berada di Kabupaten Semarang dan memiliki izin usaha mulai dari tanggal 31 Desember 2015 lalu.

Baca juga: Syarat Mengambil BPKB di Bank BRI Pinjaman Lunas Pengalamanku

Dengan nomor izin KEP-20/NB.123/2015. Bidang usaha dari koperasi Artha Nugraha adalah simpan pinjam. Untuk bidang simpanan, KSP Artha Mulia menghimpun dana masyarakat dalam lingkup terbatas dalam bentuk simpanan berjangka dan tabungan.

Kemudian di bidang pinjaman, KSP Artha Nugraha memberikan fasilitas pinjaman terutama untuk UMKM. Koperasi LKM Artha Nugraha ini tersebar di beberapa wilayah di Indonesia yaitu Semarang, Magelang, Temanggung, Salatiga, Kartasura, Sleman, Malang, Kediri, Kebumen, dan Klaten.

Koperasi LKM Syariah Baitut Tamwil Muhamaddiyah Artha Surya

Update Daftar 5 Koperasi Simpan Pinjam yang Terdaftar di OJK

Selanjutnya ada koperasi berbasis Syariah yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK yaitu Koperasi LKM Syariah Baitut Tamwil Muhamaddiyah Artha Surya.

Baca juga: Tahapan Gadai BPKB Motor di FIF Sampai Uang Cair

Koperasi simpan pinjam ini berada di Kabupaten Tegal dan memiliki izin usaha mulai tanggal 25 November 2015. Koperasi BTM Artha Surya memiliki nomor izin KEP-15/NB.123/2015 dilansir dari laman resmi OJK.

Sama dengan koperasi simpan pinjam pada umumnya, Koperasi BTM Artha Surya ini memberikan layanan simpanan dan pinjaman untuk para anggotanya.

Koperasi Shakira Artha Mulia

Update Daftar 5 Koperasi Simpan Pinjam yang Terdaftar di OJK

Daftar koperasi simpan pinjam yang terdafar di OJK yang selanjutnya adalah Koperasi Shakira Artha Mulia yang merupakan koperasi jasa keuangan Syariah.

Baca juga: ini 5 Daftar Pinjol Legal Mudah Cair Hitungan Jam

Koperasi simpan pinjam ini berada di Purwakarta dan sudah terdaftar di KEMENKOP RI dan sudah diawasi oleh DSN MUI, sehingga transaksi yang dilakukan disini terjamin dan aman.

Apabila kamu ingin menjadi anggota dari koperasi ini maka kamu harus mengisi formulir pendaftaran anggota yang dilengkapi dengan materia, menyerahkan fotocopy KTP/SIM, membayar biaya ADM, simpanan pokok, dan juga simpanan wajib.

Sebagai catatan, untuk simpanan pokok dan simpanan wajib ini nantinya dapat kamu ambil lagi ketika kamu keluar dari anggota koperasi.

Koperasi Simpan Pinjam Namastra

Apabila kamu tertarik untuk menjadi anggota dari koperasi, maka kami menyarankan kamu untuk mencoba koperasi simpan pinjam Namastra.

Merupakan salah satu koperasi yang memiliki aplikasi online, sehingga akan lebih memudahkan anggota koperasi dalam melakukan transaksi. Koperasi Namastra sendiri sudah memiliki NIK (Nomor Induk Koperasi), NIB (Nomor Induk Berusaha), SIUO, SIUSP, TDUP sehingga semua transkasi disini pasti terjamin.

Koperasi simpan pinjam ini banyak disukai oleh masyarakat karena produk yang ditawarkan sangatlah beragam mulai dari tabungan yaitu tabungan sijemput, tabungan sitampan, tabungan harian gesit, dan simpanan berjangka makmur.

Baca juga:Daftar 5 Lokasi Pinjaman 200 Ribu Langsung Cair Tanpa Ribet

Sedangkan untuk produk pinjaman terdapat pinjaman KMS (kelompok mandiri sejahtera), pinjaman namakarya, pinjaman komersil, dan pinjaman back to back yang mana semua itu dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Koperasi Simpan Pinjam LKM Syariah Gunungjati

Jika kamu berada di kawasan Kabupaten Cianjur dan ingin menjadi anggota dari koperasi simpan pinjam syariah maka kamu bisa bergabung dengan Koperasi Simpan Pinjam LKM Syariah Gunungjati.

Koperasi ini sudah berizin dari OJK sejak tanggal 19 Januari 2016 dan memiliki nomor izin KEP-1/NB.123/2016. Untuk tabungan, KSP LKM Syariah Gunungjati ini melayani tabungan haji dan tabungan haji anak.

Sedangkan untuk pinjaman, KSP LKM Syariah Gunungjati ini membiayai sektor usaha penangkapan ikan, usaha garam rakyat, usaha pembudidayaan ikan, pemasaran dan pengolahan hasil, serta usaha masyarakat pesisir seperti kedai di pesisir atau wisata bahari dan lainnya dengan nominal pembiayaan mulai dari 10 juta hingga 100 juta rupiah untuk anggota yang berdomisili atau memiliki lokasi usaha di kabupaten Cirebon.

Baca juga: Simulasi Gadai BPKB Mobil Di Pegadaian Segini Bunganya

Itulah informasi lengkap yang dapat kami sampaikan kepada kalian semua mengenai daftar koperasi simpan pinjam yang terdafar di OJK. Sebelum melakukan pinjaman atau simpanan di koperasi simpan pinjam, pastikan mereka memiliki izin usaha atau izin dari OJK ya!